fbpx

Lacto-B: Cara Mengonsumsi dan Efek Samping

Mei 22, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Lacto-B adalah probiotik yang berbentuk bubuk dan berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan diare pada anak. Probiotik juga dapat digunakan untuk mencegah diare akibat penggunaan antibiotik, dan mengurangi gejala kram perut dan perut kembung. 

Lacto-B mengandung komponen utama bakteri yang baik untuk saluran pencernaan yaitu Lactobacillus acidophilus, Streptococcus thermophilus, dan Bifidobacterium longum. Lactobacillus acidophilus berfungsi untuk mencegah dan mengurangi diare serta baik untuk kesehatan usus. 

Streptococcus thermophilus berfungsi untuk mengurangi diare akibat antibiotik, mengurangi gejala kebocoran usus, mengurangi diare yang parah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sedangkan Bifidobacterium berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencerna serat makanan, mencegah infeksi, dan menghasilkan vitamin yang penting bagi tubuh. 

Lacto-B adalah obat berbentuk yang dalam 1 sachetnya mengandung 10 juta bakteri hidup. Lacto-B juga mengandung berbagai vitamin dan bahan lainya, seperti berikut ini.

  • Vitamin C sebanyak 10 mg
  • Vitamin B1 sebanyak 0,5 mg
  • Vitamin B2 sebanyak 0,5 mg
  • Vitamin B6 sebanyak 0,5 mg
  • Niasin sebanyak 2 mg
  • Protein sebanyak 0,02 gram
  • Lemak sebanyak 0,1 gram
  • Lacto-B mengandung energi sebanyak 3,4 kalori

Kandungan vitamin B dalam Lacto-B berfungsi untuk menyeimbangkan jumlah bakteri dalam usus. Sedangkan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang membantu mencegah terjadinya kerusakan sel. Sementara itu, kandungan zinc berfungsi untuk membantu menyembuhkan diare lebih cepat. 

Peringatan

  1. Secara umum, Lacto-B merupakan suplemen yang mengandung bakteri baik dan aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang. 
  2. Jika anak Anda memiliki alergi susu, intoleransi laktosa, dan sedang mengonsumsi antibiotik, untuk pemberian Lacto-B, Anda harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.
  3. Anda perlu memberitahukan dokter atau petugas apotek tentang jika ada obat, suplemen, dan herbal lain yang sedang dikonsumsi oleh anak. 
  4. Simpanlah Lacto-B di tempat yang teduh, kering, dan sejuk agar tidak mempengaruhi bakteri yang terkandung dalam Lacto-B. 
  5. Anak yang diare bisa jadi sangat cepat mengalami dehidrasi sehingga perlu bagi Anda untuk memperhatikan tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, buang air kecil berkurang, tampak lemas, dan mengantuk.
  6. Untuk mencegah dehidrasi, Anda dapat memberikan anak asupan cairan yang cukup.
  7. Segera konsultasikan kepada dokter jika Anak mengalami diare lebih dari 24 jam.

Mengonsumsi Lacto-B dengan Benar

Pemberian Lacto-B yang dianjurkan untuk anak usia 1-12 tahun dengan dosis 3 kali satu sachet sehari. Berikanlah Lacto-B sesuai dengan anjuran yang terdapat pada label ataupun sesuai dengan anjuran dokter. 

Lacto-B dapat dikonsumsi langsung dengan dilarutkan dalam air putih, atau diberikan bersama makanan anak, dan susu formula. hindari mencampurkan Lacto-B dengan minuman bersoda. Konsumsi segera Lacto-B setelah dibuka dan dicampur. Jika Anda lupa memberikan Lacto-B pada anak, jangan menggandakan dosis di jadwal konsumsi berikutnya.

Hindari mengonsumsi Lacto-B dlam rentang waktu 2 jam setelah mengonsumsi antibiotik. Konsultasikan ke dokter jika anak sedang mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan sistem imun.

Lacto-B juga bisa digunakan untuk mengatasi diare pada bayi dan balita. Anda dapat melarutkan satu sachet Lacto-B ke dalam makanan bayi, seperti bubur, ataupun dalam cairan, seperti susu, ASI, dan air putih. Untuk anak usia di bawah 1 tahun, dosis Lacto-B hanya diberikan 2 kali 1 sehari 1 sachet, atau sesuai dengan anjuran dokter. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Lebih Dalam Sistem Pencernaan Manusia
Penyakit Usus Buntu: Dari Gejala Hingga Pengobatan
Fakta Umum Mengenai Penyakit Gastritis
Penderita Asam Lambung? Hindari 7 Jenis Makanan Ini
Mengenal Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri
Sakit Pada Bagian Pinggang, Ciri Penyakit Batu Ginjal?
Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih
Obat Dulcolax: Dosis, Cara Menggunakan, dan Efek Samping

Efek Samping Lacto-B

Efek samping yang mungkin bisa terjadi setelah mengonsumsi Lacto-B adalah perut kembung, rasa tidak nyaman di perut, serta reaksi alergi terhadap Bifidobacterium dan Lactobacillus. Reaksi alergi tersebut biasanya ditandai dengan pembengkakan pada wajah, bibir, dan lidah, susah bernafas, gatal-gatal dan kemerahan pada kulit. Segera konsultasikan ke dokter jika anak mengalami reaksi alergi di atas. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis