fbpx
BerandaHidup SehatMengenal Lebih Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Mengenal Lebih Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Segala jenis makanan dan minuman yang anda makan dan masuk ke dalam tubuh maka akan diolah pada sistem pencernaan manusia. Agar semua makanan yang anda makan bisa dicerna maka terdapat berbagai organ yang terlibat dalam proses pencernaan manusia. Jadi adanya sistem pencernaan ini bertujuan untuk mengubah berbagai jenis makanan berubah menjadi nutrisi. 

Semua nutrisi itu nantinya bisa digunakan sebagai sumber energi dan untuk memperbaiki serta perkembangan sel tubuh. Agar tubuh mendapatkan nutrisi maka tubuh harus memproses protein menjadi asam amino, karbohidrat menjadi gula dan lemak menjadi asam lemak.  

Mengenal Anatomi Sistem Pencernaan Manusia

Kita ketahui bersama kalau sistem pencernaan manusia memiliki organ pencernaan yang terdiri dari organ dalam dan organ pelengkap. Saluran pencernaan juga disebut saluran gastrointestinal yaitu saluran panjang yang masuk dari mulut ke anus. Tugas saluran pencernaan ini yaitu mencerna, memecah, dan menyerap nutrisi makanan dari lapisan menuju dalam darah. 

Organ dalam sistem pencernaan ini yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Untuk organ pelengkap pencernaan ini meliputi lidah, gigi, kelenjar air liur, kantung empedu dan pankreas. Lidah dan gigi yang ada di dalam mulut ini juga membantu dalam proses pencernaan. Tugasi gigi adalah menghaluskan berbagai jenis makanan agar lebih mudah dalam pencernaan. Kalau keberadaan kelenjar air liur, pankreas dan hati ini berfungsi untuk membantu menghasilkan enzim untuk membantu pada proses pencernaan

Organ-Organ Pada Sistem Pencernaan Manusia

Makanan dan minuman yang masuk pada tubuh manusia perlu diproses dulu sebelum berubah menjadi sumber energi tubuh. Proses ini memakan waktu yang cukup lama, rumit dan panjang. Setidaknya membutuhkan waktu 30 sampai 40 jam sampai pencernaan ini dibuang melalui anus. Ketika proses pengolahan makanan maka banyak sekali organ dalam tubuh yang terlibat. Penasaran? berikut ini akan dijelaskan mengenai organ tubuh yang terlibat dalam sistem pencernaan manusia : 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mulut 

Awal mula proses pencernaan ini dimulai dari makanan masuk ke mulut. Didalam mulut makanan tidak langsung ditelan, tetapi ada proses pengunyahan sampai makanan benar-benar halus. Adanya air liur ini bertujuan untuk memecah berbagai bahan kimia sehingga membuat makanan bisa lebih halus dan lunak ketika ditelan. 

Selain itu, ada lidah yang membantu mengarahkan makanan untuk bisa digigit dan dikunyah oleh gigi. Kemudian lidah juga membantu mendorong makan untuk masuk kedalam tubuh. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tenggorokan 

Ketika makanan sudah halus dan ditelan maka makanan akan melewati saluran tenggorokan dan kerongkongan. Pada kerongkongan ini memiliki panjang 25 cm yang berfungsi untuk mengantarkan makanan masuk ke lambung. Pada kerongkongan ini terdapat katup berfungsi untuk melindungi saluran pernapasan ketika sedang menelan makanan. Ketika makanan anda masuk pada saluran pernapasan maka akan menimbulkan reaksi tersedak atau batuk-batuk. Saat makanan sampai di bagian bawah esofagus, otot lingkar kardia akan terbuka sehingga makanan dapat masuk ke lambung.

Lambung 

Organ lambung merupakan tempat pengadukan dan menggiling makanan. Didalam lambung akan mengeluarkan zat asam dan enzim yang bertugas untuk membantu proses pemecahan makanan dan membunuh bakteri yang ada pada makanan. Hasil gilingan makanan pada lambung ini akan menjadi sebuah pasta atau cairan pekat dengan kadar asam tinggi (kimus) yang kemudian dialirkan ke usus halus. 

Usus Halus

Didalam usus halus terdapat usus 12 jari, usus kosong dan usus halus. Pergerakan dari usus ke usus ini dibantu oleh peristaltik usus. Awalnya proses pemecahan makanan dilanjut proses penyerapan nutrisi yang disalurkan ke dalam aliran darah. Usus halus merupakan tahap mengakhiri proses pencernaan makanan yang di mulai di mulut dan di lambung. Pada proses ini akan dilakukan oleh enzim usus dan enzim pankreas serta dibantu empedu dalam hati. Selain itu usus halus juga secara selektif mengabso
rpsi produk digesti.

Usus Besar

Ketika nutrisi sudah diedarkan ke dalam darah maka sisa pencernaan ini akan dikeluarkan tubuh melalui usus besar. Usus besar akan mengabsorbsi 80-90% air dan elektrolit sehingga kimus menjadi semi-padat. Usus besar hanya memproduksi mukus dan sekresinya tidak mengandung enzim atau hormon pencernaan. Kemudian hasil sekresi (limbah makanan) ini akan didorong ke rektum dan didorong keluar melalui anus. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, maka Anda dapat mencoba mengonsumsi Vegeta Herbal 6 Sachet (Rp 26.400). Vegeta Herbal merupakan minuman herbal yang mengandung ekstrak dan serat alami yang dapat membantu dalam melancarkan buang air besar. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai sistem pencernaan manusia. Semoga penjelasan ini bisa memberi pengetahuan yang lebih luas mengenai proses pencernaan yang terjadi didalam tubuh manusia. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Referensi:
Kementerian Kesehatan RI

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman