fbpx
BerandaHidup SehatPengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Perselingkuhan yang terjadi pada pasangan bukan hanya dapat menyakiti pasangan, namun juga anak-anak. Kesedihan akibat pengkhianatan tidak hanya dapat dirasakan pada saat terjadinya perselingkuhan namun juga dalam jangka panjang. Pada anak-anak, perselingkuhan yang dilakukan oleh orang tuanya juga dapat menyebabkan trauma. Apa saja pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak? Simak ulasannya berikut ini. 

pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Perselingkuhan yang terjadi pada orang tua dapat memberi efek yang berbeda-beda pada anak. Anak-anak yang berusia lebih kecil mungkin tidak memahami dan menyadari apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang dialami orang tua, namun pada anak usia remaja atau usia lebih besar, mereka sudah mengerti apa yang terjadi dan bisa mengambil sikap. 

Meskipun demikian, anak-anak dapat merasakan bahwa hubungan kedua orang tuanya kemungkinan besar sedang berubah dan tidak baik-baik saja. Perubahan ini juga dapat memengaruhi kondisi mental anak. 

Pengaruh perselingkuhan orang tua pada anak dapat dipengaruhi beberapa faktor berikut antara lain:

  • Usia anak ketika mengetahui tentang perselingkuhan orang tua
  • Sikap salah satu orang tua, terutama yang menjadi korban perselingkuhan
  • Apakah perselingkuhan berujung pada perceraian atau tidak

Beberapa pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak antara lain: 

Anak merasa malu

Meski anak belum mengerti sepenuhnya mengenai perselingkuhan yang dialami orang tuanya, namun anak-anak dapat merasa malu karena orang tuanya berselingkuh, terlebih lagi jika bertengkar atau tidak akur. Anak dapat merasa malu karena keluarganya tidak lagi utuh. Lambat laun, hal ini dapat membuat anak merasa malu dan tidak percaya diri sehingga ia menarik diri dari lingkungan sosialnya yang justru membuatnya semakin kehilangan dukungan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Memicu depresi

Suasana pahit akibat perselingkuhan yang dialami orang tua dapat memicu depresi pada anak. Terlebih lagi jika orang tua meminta anak untuk merahasiakan hubungan perselingkuhan dari orang tua dan keluarga. Hal ini dapat menambah beban pada anak dan memicu depresi. 

Menimbulkan jarak emosional

Salah satu pengaruh perselingkuhan orang tua bagi kondisi mental anak adalah anak akan merasa diabaikan sehingga timbul jarak emosional. Orang tua mungkin tidak menyadari hal tersebut dan kasih sayang orang tua pada anak tetap sama, namun anak dapat merasa bahwa perselingkuhan yang dilakukan orang tua berarti bahwa orang tua tidak menyayangi mereka lagi sehingga timbul jarak emosional antara orang tua dan anak. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Memicu trauma

Anak-anak yang menjadi korban perselingkuhan orang tua cenderung kehilangan kepercayaan pada orang tua dan dapat menimbulkan trauma di masa depan. Mereka dapat tumbuh menjadi seseorang yang memiliki trauma dan rasa tidak percaya pada sebuah hubungan pernikahan. Hal ini tentunya dapat mengganggu hubungan sosial anak di masa mendatang. 

Berisiko menjadi pelaku perselingkuhan

Anak-anak yang menjadi korban perselingkuhan juga dapat tumbuh menjadi pelaku perselingkuhan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang orang tuanya berselingkuh cenderung tumbuh menjadi orang yang juga melakukan perselingkuhan. Mereka cenderung tidak mudah percaya pada sebuah komitmen, menyepelekan pernikahan dan sulit percaya pada pasangan sehingga pada akhirnya rentan melakukan perselingkuhan. 

Pengaruh perselingkuhan bukan hanya dirasakan oleh pasangan yang diselingkuhi namun juga bagi mental anak, baik di masa saat ini maupun masa depan. Apabila anak-anak korban perselingkuhan orang tua menunjukkan tanda-tanda perubahan sikap atau gangguan mental maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau psikolog. 

Demikian informasi seputar pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888, Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023
peran psikolog bagi kesehatan mental

Peran Psikolog bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   26/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman