fbpx
BerandaHidup SehatPengaruh Body Image pada Kesehatan Mental

Body image atau citra tubuh dapat memengaruhi rasa percaya diri dan kondisi kesehatan mental seseorang. Orang yang tidak puas pada citra tubuhnya dapat memicu gangguan kesehatan mental seperti bulimia atau anoreksia. Hal ini banyak dialami para remaja, namun bukan tidak mungkin bahwa kondisi ini juga dapat dialami oleh orang dewasa. Bagaimana mengatasi masalah pengaruh body image pada kesehatan mental seseorang? Simak ulasannya berikut ini.

pengaruh body image pada mental

Apa Itu Body Image?

Body image atau citra tubuh dapat diartikan sebagai gambaran seseorang atau diri sendiri dalam menilai dirinya sendiri. Gambaran seseorang ini tidak selalu akurat dan bersifat subjektif. Artinya, pendapat orang bisa berbeda-beda mengenai body image diri Anda. Jika persepsi bersifat positif, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya atau citra diri seseorang, namun sebaliknya, jika persepsi negatif maka hal ini dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. 

Ada banyak penyebab masalah dan situasi citra tubuh yang dapat membuat orang merasa negatif terhadap tubuhnya. Misalnya, ketika seseorang diolok-olok karena ukuran, bentuk, atau berat badannya, hal itu dapat membuat mereka merasa bahwa dirinya tidak menarik untuk dilihat, sehingga mereka ikut percaya bahwa dirinya jelek. Ketika pesan-pesan ini juga terlihat di berbagai media termasuk media sosial dan komentar-komentar tersebut menyertakan validasi atas komentar-komentar jahat tersebut kepada orang lain, hal ini dapat semakin memicu kepercayaan diri yang negatif.

Masalah pada body image biasanya dialami para remaja yang sedang mengalami perubahan fisik akibat perubahan hormon. Pada wanita yang memasuki masa pubertas dapat ditandai dengan tumbuhnya payudara, tumbuhnya bulu ketiak dan kemaluan serta penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh. Sedangkan pada pria remaja, pubertas ditandai dengan perubahan suara, perubahan ukuran penis dan testis, dan bentuk tubuh. 

Selain para remaja, orang dewasa juga dapat mengalami masalah body image yang dapat memberi pengaruh negatif pada kesehatan mental. Biasanya hal ini dialami oleh para wanita yang sedang hamil atau baru saja melahirkan. Perubahan berat badan dan bentuk tubuh ini membuat para wanita merasa tidak memiliki body image yang baik di masyarakat sehingga memicu gangguan kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, hingga gangguan makan. 

Pengaruh Body Image pada Kesehatan Mental

Bagaimana perasaan seseorang terhadap body image-nya memiliki pengaruh besar pada kesehatan mental seseorang. Orang yang merasa memiliki citra tubuh yang buruk, akan merasa kurang percaya diri untuk bersosialisasi, berolahraga di tempat umum, dan pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Sebaliknya, orang yang memiliki body image positif akan merasa percaya diri dan bisa menerima dirinya lebih baik.  

Jaminan Lifepack untuk Anda

Perlu diketahui bahwa body image tidak selalu berkaitan dengan berat badan. Citra tubuh seseorang dapat meliputi warna kulit, tipe rambut, postur tubuh, bentuk hidung, bentuk mata, bibir dan anggota tubuh lainnya.

Citra tubuh dapat dibagi menjadi dua, yaitu positif dan negatif. Berikut ini beberapa pengaruh body image pada kesehatan mental: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Body image positif 

Body image yang positif berasal dari kemampuan seseorang menerima sifat-sifat positif dirinya sendiri beserta hal-hal yang belum tentu disukainya. Ketika seseorang mengevaluasi dirinya bukan hanya dari penampilan fisiknya namun juga kepribadiannya secara keseluruhan, kemungkinan besar mereka akan memiliki citra tubuh yang positif.

Seseorang dengan citra tubuh positif menerima dirinya sendiri dan menyadari bahwa penampilan hanyalah salah satu aspek dari dirinya. Ia akan menghindari membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain dan berhenti menuntut diri sendiri untuk selalu tampil sempurna. Ia juga akan lebih mengapresiasi dirinya sendiri dan menghargai momen yang ia lalui bersama orang-orang terdekatnya. 

Body image negatif

Ketika persepsi negatif terhadap penampilan seseorang dibarengi dengan pola makan atau perilaku tidak sehat lainnya, maka ia berisiko mengalami masalah kesehatan kronis seperti gangguan makan, diabetes, kekurangan nutrisi, dan gangguan metabolisme lainnya. 

Orang-orang yang memiliki body image negatif biasanya ditandai dengan: 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Sibuk menimbang berat badan dan mengukur lingkar pinggang dan ukuran tubuh lainnya 
  • Tidak puas dengan bentuk dan ukuran tubuhnya
  • Memiliki emosi negatif tentang diri sendiri
  • Merasa tidak bahagia dengan kenaikan berat badan sekecil apa pun
  • Terlibat dalam perilaku tidak sehat untuk mengubah tubuh Anda seperti puasa atau diet berlebihan, memuntahkan makanan yang baru dimakan, penyalahgunaan obat pencahar, merokok, atau penggunaan narkoba

Body image negatif dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Jika Anda memiliki tanda-tanda body image negatif tentang diri Anda dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari seperti membuat Anda menarik diri dari kehidupan sosial, maka sebaiknya periksakan ke psikolog atau psikiater. Psikolog atau psikiater akan membantu Anda mengatasi masalah psikologis yang Anda alami. 

Demikian informasi seputar pengaruh body image pada kesehatan mental. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888, Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman