fbpx
BerandaHidup SehatKondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Masalah kesehatan mental yang dialami orang tua sebaiknya jangan dianggap remeh. Pasalnya, gangguan kesehatan mental yang dialami orang tua dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan mental dan fisik anak. Tak hanya itu, kondisi mental orang tua juga dapat memengaruhi keharmonisan keluarga. Apa saja pengaruh kesehatan mental orang tua pada perkembangan anak dan bagaimana cara menjaga kesehatan mental orang tua? Simak selengkapnya dalam artikel berikut

kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua dapat Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Dilansir dari CDC, kondisi kesehatan mental anak juga dipengaruhi oleh kesehatan mental orang tuanya. Sebuah studi mengungkapkan bahwa 1 dari 14 anak diasuh oleh orang tua atau pengasuh yang memiliki masalah kesehatan mental. Jika hal ini diabaikan, dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental yang dialami anak kelak hingga anak dewasa. 

Kondisi kesehatan mental anak dapat memengaruhi perkembangan dan tumbuh kembangnya. Anak yang tumbuh dengan kondisi kesehatan mental baik akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, menjadi lebih mandiri dan hidup lebih sukses. 

Sebaliknya, orang tua yang memiliki masalah kesehatan mental seperti gangguan depresi atau kecemasan, akan cenderung lebih sulit dalam memberikan perawatan untuk anak. Orang tua dapat mewariskan kekhawatiran atau ketakutan yang ia rasakan ke anak sehingga anak berisiko tumbuh memiliki ketakutan atau kekhawatiran yang sama. 

Terlebih lagi, jika orang tua yang memiliki masalah kesehatan mental tidak mendapat penanganan yang tepat dan juga tidak mendapat bantuan saat merawat dan membesarkan anak. Orang tua dapat mengalami stres dan tekanan yang membuatnya tidak memberikan perawatan maksimal saat mengasuh anak. 

Beberapa risiko yang yang dapat dialami oleh anak dengan orang tua yang memiliki gangguan kesehatan mental atau mental tidak stabil antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Anak-anak akan menerima tanggung jawab yang belum seharusnya mereka terima seperti merawat diri sendiri atau mengelola kondisi rumah tangga
  • Anak-anak berisiko mengalami gangguan mental, mudah marah, cemas, atau rasa bersalah
  • Anak-anak dapat merasa malu akan kondisi kesehatan mental yang dialami oleh orang tuanya sehingga ia akan menarik diri dari lingkungan sosialnya
  • Berisiko memiliki nilai akademis yang buruk
  • Berisiko mengalami kecanduan dan gangguan kepribadian

Cara Menjaga Kesehatan Mental Orang Tua

Penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan mentalnya karena kondisi mental orang tua dapat berpengaruh pada perkembangan anak dari berbagai segi. Namun terkadang banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa ia mengalami masalah kesehatan mental, atau menyadarinya namun enggan mencari pertolongan untuk menghindari stigma negatif. 

Jika Anda menyadari memiliki masalah yang membutuhkan bantuan ahli kesehatan mental, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Semakin dini masalah kesehatan mental Anda ditangani, maka penanganan kesehatan mental yang Anda alami juga akan semakin mudah. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebagai orang tua, beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental antara lain:

Penuhi kebutuhan dasar Anda

Untuk mencapai kondisi kesehatan mental yang baik, Anda perlu memerhatikan kebutuhan dasar seperti makan makanan sehat, berolahraga secara rutin dan bersosialisasi dengan baik. Pastikan Anda dan keluarga makan makanan sehat dengan gizi seimbang, banyak melakukan aktivitas fisik menyenangkan seperti jalan pagi atau bermain permainan bersama.

Tidur cukup

Tidur adalah kebutuhan krusial bagi orang tua dan anak. Anda bisa melatih anak-anak untuk memiliki waktu tidur yang teratur dengan menetapkan jam tidur yang sama setiap harinya. Sebelum tidur, biasakan untuk menjauhkan gawai dari genggaman anak-anak. 

Begitu pun bagi Anda sebagai orang tua, pastikan Anda mencukupi kebutuhan tidur 7-9 jam per hari. Kurang tidur dapat memperparah masalah kesehatan mental dan membuat Anda mudah marah, uring-uringan, sehingga mengganggu keharmonisan keluarga. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Fokus pada kebutuhan anak

Dalam mendidik anak, meskipun Anda terkadang menghadapi masa-masa yang sulit, namun sebaiknya fokus pada perkembangan dan kondisi anak, daripada membebaninya dengan tuntutan atau tekanan yang justru membuatnya merasa makin tertekan. 

Misalnya, ketika anak mendapat nilai buruk sebaiknya jangan fokus untuk memarahi atau membentaknya namun fokus pada apa kesulitan anak dalam belajar dan mencoba memperbaikinya. Jika Anda melihat perkembangan pada prestasi anak jangan lupa untuk memberinya apresiasi atau penghargaan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Terapkan self-care

Mengingat kondisi mental orang tua dapat berpengaruh ke kesehatan anak, maka sebaiknya ketahui kapan Anda perlu beristirahat dan menerapkan self-care. Penerapan self-care tidak selalu berbentuk pergi liburan atau ke pantai, namun cukup manfaatkan waktu Anda untuk beristirahat sejenak dari kegiatan dan lakukan hal-hal yang menyenangkan seperti hobi Anda atau sekadar pijat dan berjalan santai untuk menikmati udara segar. 

Minta bantuan 

Anda perlu menyadari bahwa terkadang kemampuan dan kapasitas Anda sebagai orang tua terkadang terbatas. Jika Anda mengalami hal tersebut, tak ada salahnya untuk meminta bantuan pada orang lain. Termasuk jika Anda merasa membutuhkan bantuan kesehatan mental, sebaiknya jangan ragu untuk memeriksakan diri ke ahli kesehatan mental. 

Demikian informasi seputar kondisi mental orang tua yang dapat berpengaruh ke kondisi kesehatan anak. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888, Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
peran psikolog bagi kesehatan mental

Peran Psikolog bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   26/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman