fbpx

Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Mei 5, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, seperti ginjal kandung kemih, ureter, dan uretra yang mengalami infeksi. Biasanya ISK terjadi akibat bakteri yang dari kulit atau rektum yang memasuki uretra dan menginfeksi saluran kemih. Jika tidak dilakukan pengobatan, infeksi saluran kemih menjadi semakin parah jika bakteri tersebut menyebar ke ginjal.

Zat sisa yang terdapat di dalam darah, disaring di ginjal, lalu dikeluarkan dalam bentuk urine melalui ureter menuju kandung kemih. Urine yang ditampung di kandung kemih kemudian dibuang dari tubuh melalui uretra yang bermuara ke lubang kencing. 

Infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua, yaitu infeksi saluran kemih atas dan bawah. Infeksi saluran kemih atas terjadi pada bagian atas kandung kemih yaitu di ginjal dan ureter. Sedangkan infeksi saluran kemih bawah terjadi pada bagian bawah yaitu di kandung kemih dan uretra.

Infeksi saluran kemih atas lebih berbahaya dan dapat menyebabkan bakteri yang ada di ginjal yang terinfeksi menyebar ke dalam darah. Hal ini bisa mengakibatkan tekanan darah turun, syok, bahkan kematian. 

Dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering mengalami infeksi saluran kemih karena saluran uretra pada wanita lebih pendek dan dekat dengan anus. Ada beberapa faktor lainnya yang meningkatkan risiko wanita menderita infeksi salun kemih, yaitu sebagai berikut.

  1. Aktif seksual.
  2. Sedang hamil.
  3. Menggunakan alat kontrasepsi.
  4. Dalam masa menopause.

Sedang beberapa faktor yang meningkatkan risiko pria mengalami infeksi saluran kemih, adalah sebagai berikut.

  1. Infeksi prostat.
  2. Penyumbatan sistem kandung kemih.
  3. Praktek seks anal tanpa pelindung.

Gejala Pada Infeksi Saluran Kemih

Gejala infeksi saluran kemih pada orang dewasa dan anak-anak memiliki sedikit perbedaan. Berikut ini adalah beberapa gejala infeksi saluran kemih pada orang dewasa.

  1. Demam.
  2. Meningkatnya frekuensi buang air kecil.
  3. Sakit di bagian perut dan panggul.
  4. Rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil.
  5. Adanya darah di dalam urine.
  6. Urine berwarna lebih pekat dan beraroma lebih kuat.
  7. Sering buang air kecil, tetapi tidak banyak yang keluar
  8. Merasa ada tekanan di perut bagian bawah

Sedangkan pada anak-anak, salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah mengompol secara tidak sengaja di siang hari. Ada juga beberapa gejala infeksi saluran kemih lainnya, yaitu sebagai berikut.

  1. Merasa lemas dan lelah.
  2. Mudah marah.
  3. Nafsu makan menurun.
  4. Muntah.
  5. Sakit saat buang air kecil.

Penyebab

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh masuknya bakteri ke saluran kemih melalui lubang kencing dan dapat terjadi pada siapa, namun lebih sering dialami oleh wanita. Bakteri bisa masuk dan berkembang biak di kandung kemih, ketika seseorang menyisakan urine dalam kandung kemih setiap kali buang air kecil. 

Tersisanya urine di kandung kemih bisa disebabkan oleh saluran kemih yang terhambat akibat tumor ataupun pembesaran prostat pada pria, juga kehamilan yang memberikan tekanan pada kandung kemih wanita.

Infeksi saluran kemih umumnya disebabkan oleh bakteri E. coli. Ada juga beberapa bakteri lainnya yang juga pemicu infeksi saluran kemih seperti Staphylococcus dari kulit, Proteus, Klebsiella, dan Enterococcus dari saluran cerna, serta jamur Candida.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih harus segera diobati untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal yang permanen. Pengobatan utamanya dilakukan dengan pemberian obat-obatan dengan dosis dan jenis yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Untuk mengatasi infeksi saluran kemih yang kambuh atau parah, mungkin dokter akan memberikan antibiotik. Jika pengobatan tersebut tidak efektif, maka Anda dapat menemui dokter kembali.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Fakta Umum Mengenai Penyakit Gastritis
Diare Masih Menjadi Penyebab Kematian, Bagaimana Cegah Diare?
Bahaya Angin Duduk atau Angina Pectoris yang Sebaiknya Diwaspadai
Apa Itu Batu Empedu dan 5 Penyebabnya
Kardiomiopati, Penyakit Jantung Yang Dapat Hadir Tanpa Gejala
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal

Pencegahan

Infeksi saluran kemih bisa dicegah dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Banyak mengonsumsi air putih. 
  2. Selalu bersihkan organ vital sebelum berhubungan intim.
  3. Gunakan pakaian dalam yang longgar.
  4. Jangan menunda buang air kecil.
  5. Kurangi penggunaan sabun di area genital.

Begitulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih. Yuk budayakan hidup sehat agar potensi timbulnya penyakit ini dapat dicegah. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Sumber:
Centers for Disease Control and Prevention

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis