fbpx

Fakta Umum Mengenai Penyakit Gastritis

Sep 10, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Penyakit gastritis atau yang sering disebut dengan maag merupakan penyakit lambung yang dikarenakan peradangan dinding lambung. Pada dinding lambung terdapat kelenjar yang dapat menghasilkan asam lambung serta enzim pencernaan yang memiliki nama pepsin. Sebagai pelindung lapisan mukosa lambung dari adanya asam lambung, dinding-dinding lambung ini dilapisi oleh lendir yang tebal. Jika lendir ini mengalami kerusakan, dinding dapat mengalami peradangan. 

Pada dasarnya penyakit maag terbagi dua jenis yakni kronis dan akut. Bisa dikatakan kronis bila peradangan yang terjadi di lapisan lambung terjadi perlahan dan terjadi dalam masa yang lama. Nyeri yang disebabkan oleh maag kronis lebih ringan dibandingkan dengan maag akut. Tetapi nyeri ini terjadi dalam waktu yang cukup lama serta kemunculannya juga lebih sering. 

Sedangkan, untuk maag akut, peradangan ini terjadi secara tiba-tiba, maag akut bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati yang begitu hebat, namun rasa sakit ini hanya bersifat sementara. Tak hanya berisiko menyebabkan kanker, penyakit ini juga dapat menyebabkan pengikisan lambung, pengikisan ini dapat menyebabkan terjadinya pendarahan dan luka pada lambung. 

Gejala Penyakit Gastritis

Penyakit ini sebenarnya memiliki gejala yang tidak sama antara penderita satu dan yang lainnya, selain itu kondisi ini juga tak selalu menimbulkan gejala, berikut beberapa gejala dari penyakit ini, antara lain:

  1. Sakit perut
  2. Merasa cepat kenyang
  3. Nyeri pada ulu hati
  4. Mual dan terkadang muntah
  5. Bersendawa
  6. Kurang nafsu makan
  7. Perut kembung

Orang dengan gastritis kronis biasanya memiliki gejala ringan, atau bahkan tidak merasakan gejala sama sekali. Tetapi mungkin orang dengan gastritis kronik memiliki gejala seperti yang berhubungan dengan gastritis akut.

Gejala yang biasa dirasakan oleh penderita gastritis adalah sakit perut. Namun, Anda harus mewaspadai, karena tak semua sakit perut merupakan tanda dari Gastritis, banyak penyakit lain yang memiliki gejala mirip dengan penyakit ini. Sehingga, untuk mengetahui penyakit yang Anda idap lebih lanjut, kunjungi dokter.

Penyebab Terjadinya Gastritis

Masalah ini terjadi disebabkan karena peradangan yang berada pada dinding lambung. Dinding lambung tersebut tersusun atas jaringan yang memiliki kandungan kelenjar untuk menghasilkan asam lambung dan enzim pencernaan. 

Tak hanya itu, dinding lambung juga bisa menghasilkan lendir tebal sebagai pelindung lapisan mukosa lambung dari adanya kerusakan yang disebabkan oleh enzim pencernaan serta asam lambung. Berikut beberapa penyebab penyakit gastritis, antara lain:

1. Infeksi bakteri Helicobacter pylori: Penyebab Penyakit Gastritis

Bakteri ini dapat mengganggu keseimbangan produksi asam lambung. Sehingga produksi asam lambung meningkat dan dapat merusak lapisan dinding lambung. Meskipun begitu, infeksi Helicobacter jarang menyebabkan gastritis.

2. Penggunaan obat-obatan pereda nyeri

Kelompok obat ini seperti asam asetilsalisilat (obat dalam obat-obatan seperti Aspirin), diklofenak, ibuprofen, dan naproxen. Efek samping obat-obatan tersebut biasanya akan hilang dalam beberapa waktu. Namun, jika penggunaan obat-obatan tersebut terlalu lama (hingga beberapa minggu atau bulan), dapat mempengaruhi fungsi perlindungan dari lapisan dinding lambung karena obat-obatan tersebut memblokir produksi hormon prostaglandin yang mana fungsi hormon ini untuk mengatur produksi lendir (lambung) dan zat yang menetralkan asam lambung. 

3. Merokok, Stres Jangka Panjang dan Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Konsumsi jenis makanan tertentu yang dimaksud seperti makanan berlemak, manis atau pedas dapat menyebabkan masalah pada lambung. Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan gastritis akut juga. Selain itu stres dan konsumsi makanan yang tinggi lemak, manis ataupun pedas dapat meningkatkan reaksi asam lambung.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Diare Masih Menjadi Penyebab Kematian, Bagaimana Cegah Diare?
Bahaya Angin Duduk atau Angina Pectoris yang Sebaiknya Diwaspadai
Kardiomiopati, Penyakit Jantung Yang Dapat Hadir Tanpa Gejala
Ragam Gejala Tipes Mulai yang Ringan sampai Berat
Gaya Hidup Millennials Yang Menyebabkan Penyakit Kronis

4. Autoimun: Penyebab Penyakit Gastritis

Masalah ini juga bisa terjadi karena penyakit autoimun. Maag jenis ini disebut dengan maag autoimun.

5. Pertambahan Usia

Bertambahnya usia menyebabkan lapisan pelindung lambung akan mengalami pelemahan, kondisi ini yang menjadi penyebab penyakit Gastritis sering terjadi pada lansia.

Sekarang lebih mengerti kan tentang gastritis? Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan agar tidak terjangkit sakit ini ya. 

Jika Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut tentang kesehatan, Anda dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store dan dapatkan kemudahan dalam menebus resep obat tanpa antri. Sumber:
National Center for Biotechnology Information

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis