fbpx

Mengenal Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Mei 5, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Perut merupakan bagian tubuh yang sensitif, sebab di dalamnya terdapat berbagai macam organ yang memiliki banyak fungsi penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sehingga Anda harus bisa peka terhadap gejala-gejala penyakit yang datang pada perut, salah satunya seperti sakit perut sebelah kiri.

Pada umumnya, sakit perut dianggap sebagai sakit yang biasa. Padahal jika Anda mengalami sakit perut di bagian sebelah kiri, bisa disebabkan oleh berbagai macam hal dan tentunya memiliki dampak yang juga beragam. Sehingga jika tidak ditangani segera, dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Jika berbicara tentang sakit perut, sebenarnya ada banyak jenisnya. Mulai dari sakit yang disebabkan oleh lambung, usus, hingga sistem pencernaan yang terganggu. Sehingga setiap sakit perut tersebut memiliki beberapa perbedaan, seperti sakit perut hanya di satu bagian sisi (baik kiri maupun kanan).

Berikut beberapa informasi mengenai penyebab sakit perut bagian kiri yang telah tim Lifepack rangkum untuk Anda.

Penyebab

Pernahkah Anda merasakan sakit perut yang hanya di bagian satu sisi, khususnya sebelah kiri? jika pernah, Anda tidak boleh menghiraukan hal tersebut. Sebab sakit perut di bagian sebelah kiri dapat mengindikasikan bahwa Anda sedang mengalami beberapa gangguan yang cukup serius yang disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab sakit perut bagian kiri dikelompokkan menjadi dua, yaitu bagian perut kiri atas dan bagian perut kiri bawah.

Sakit Perut Bagian Kiri Atas

Pankreatitis Akut

Biasanya pankreatitis akut ditandai dengan rasa sakit di perut bagian atas yang mungkin menyebar ke bagian punggung. Orang dengan pankreatitis akut atau kronis dapat merasakan sakit dengan cara yang berbeda. Gejala lain yang mungkin dialami oleh orang dengan pankreatitis adalah demam, mual dan muntah, jantung berdetak dengan cepat, dan perut bengkak atau terasa terlalu lunak.

Gastritis

Gastritis disebabkan oleh iritasi pada lapisan dinding lambung atau juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori dan meninggalkan luka pada lambung. Hal ini terjadi karena Anda mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit tertentu dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Gejala yang ditimbulkan ialah sakit perut pada bagian kiri atas dan terasa seperti terbakar, dan terasa penuh sehingga ingin muntah. Anda tidak bisa menganggap remeh penyakit ini, karena jika sudah jadi peradangan kronis pada lapisan lambung dapat menyebabkan perubahan struktur lapisan dan beresiko menjadi kanker.

Sakit Perut Bagian Kiri Bawah

Batu Ginjal

Terjadinya sakit perut sebelah kiri juga bisa menjadi penanda dari kondisi ginjal Anda yang tidak sehat. Hal ini disebabkan oleh adanya pengendapan batu kristal mineral pada saluran kencing, sehingga akan membuat perut bagian kiri bawah terasa sakit dan nyeri. Selain itu sakit perut di bagian kiri juga diikuti dengan rasa nyeri pada kelamin, buang air kecil berkali-kali, hingga saat membuang urine terasa panas.

Radang Usus Besar

Radang usus besar merupakan penyakit yang dapat menyebabkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Sehingga akan memberikan gejala berupa sakit di bagian perut kiri, nyeri sendi pada pergelangan kaki dan tangan, hingga diare.

Penyakit Crohn

Radang usus kronis (Crohn) yang dapat mengakibatkan peradangan pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan. Sehingga kondisi ini bisa membuat perut bagian kiri terasa sakit dan membuat tubuh menjadi lemah. Terkadang juga bisa menimbulkan komplikasi yang dapat mengancam nyawa.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Penyebab Serta Cara Mengatasi Gusi Bengkak
Penyebab Penyakit Disentri dan Gejalanya
Penyebab Endometriosis dan Cara Agar Tetap Bisa Hamil
Pengertian Penyakit Lupus Hingga Gejala Lupus pada Wanita
Penyakit Hernia: Ini Penyebab dan Cara Pencegahannya
Paru-Paru Basah: Penyebab dan Cara Penanganan

Hernia

Sakit perut sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh Hernia atau biasa dikenal dengan sebutan turun berok. Penyakit ini bisa timbul akibat organ dalam tubuh keluar dari posisi asalnya, akibat dari beberapa faktor kondisi seperti:

  1. Sering mengangkat beban berat.
  2. Cairan di rongga perut menumpuk.
  3. Meningkatnya tekanan dalam dinding perut akibat kehamilan.

Itulah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu diketahui. Jika sakit perut yang Anda alami terasa semakin parah, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan dan perawatan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis