fbpx

Penyakit Hernia: Ini Penyebab dan Cara Pencegahannya

Mei 5, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Pernahkah anda mendengar tentang penyakit hernia? Penyakit ini merupakan penyakit yang sudah umum dan telah banyak orang yang mengalami penyakit tersebut. Penyakit ini identik dengan kendornya sistem jaringan ikat yang ada di tubuh seseorang. Sehingga hal tersebut menyebabkan ketidaknormalan pada usus. 

Untuk mengetahui lebih detail tentang penyakit hernia, anda bisa menyimak uraian di bawah ini dengan seksama. 

Jenis dan Penyebab Penyakit Hernia

Apabila membahas tentang penyakit hernia, maka kita akan membahas tentang penyakit yang berkaitan dengan pelemahan otot di bagian tertentu dalam tubuh. Dalam kamus kesehatan, hernia disebut sebagai menonjolnya organ-organ tubuh tertentu ke daerah-daerah yang bukan merupakan tempat asal organ tersebut. 

Hernia biasa disebabkan oleh pelemahan jaringan otot yang menyangga organ-organ tertentu dalam tubuh. Sehingga organ yang seharusnya menghuni bagian tertentu dalam tubuh, menjadi keluar dan menerjang tempat lain yang bukan haknya. Ada berbagai jenis hernia, yaitu :

Hernia Inguinal 

Hernia jenis inguinal merupakan sejenis hernia yang muncul akibat beberapa jaringan usus atau lemak yang menghuni rongga perut menerjang selangkangan bagian dalam. Hernia Inguinal merupakan jenis hernia yang paling umum dan sering diderita oleh pasien pria. 

Hernia Umbilikus

Mencuatnya usus atau jaringan lemak yang semula berada di rongga perut ke dinding perut atau pusar seseorang. Hernia umbilikus ini merupakan jenis hernia yang sering dialami oleh balita atau bayi yang baru saja lahir. Pada bayi, hernia ini seringkali disebabkan oleh tidak rapatnya penutupan lubang pusar ketika bayi baru saja dilahirkan.

Hernia Femoralis

Hernia femoralis merupakan sejenis hernia yang sering dialami oleh wanita, khususnya adalah wanita hamil. Hernia jenis ini membuat penderitanya merasakan kesakitan yang sangat di bagian paha atas bagian dalam. Hal ini dikarenakan ada organ yang menyalahi tempatnya semula dan berpindah ke bagian tersebut. 

Wanita yang memiliki berat badan berlebih juga memiliki resiko mengidap penyakit hernia femoralis. 

Hernia tidak terjadi tanpa sebab. Diantaranya penyebab hernia adalah terlalu sering mengangkat beban berat yang melebihi kapasitas tubuh dan meningkatnya tekanan dalam perut karena proses kehamilan. Penumpukan cairan tertentu yang terjadi dalam rongga perut serta cedera yang terjadi pada bagian perut juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya hernia. 

Gejala Hernia

Gejala hernia ada bermacam-macam, tergantung kondisi tubuh seseorang itu sendiri. Biasanya hernia yang menyerang bagian selangkangan dan perut, terdapat sebuah tonjolan di bagian-bagian tersebut yang akan menghilang dengan sendirinya ketika penderita melakukan posisi rebahan. 

Walaupun begitu, benjolan tersebut dapat muncul kembali ketika orang tersebut melakukan tertawa atau bersin secara berlebihan. Ada beberapa gejala lain mengenai hernia yang lebih umum, yaitu :

  1. Terdapat rasa yang tidak nyaman di perut terutama dalam posisi membungkuk.
  2. Terdapat benjolan di daerah perut atau selangkangan seseorang. 
  3. Ukuran benjolan yang muncul tersebut membesar seiring waktu berlalu. 
  4. Terjadinya konstipasi dalam sistem pencernaan seseorang. 
  5. Benjolan yang tampak di perut atau selangkangan terasa nyeri ketika berjalan, mengangkat hal berat, atau bahkan saat berlari. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Pengertian Penyakit Lupus Hingga Gejala Lupus pada Wanita
Penyebab Penyakit Disentri dan Gejalanya
Si ‘Campak Jerman’ Penyakit Rubella dan Bahayanya
Kolesterol Tinggi: Gejala, Akibat, dan Penyebabnya
Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Depresi
Paru-Paru Basah: Penyebab dan Cara Penanganan

Upaya Mencegah Hernia

Setelah mengetahui jenis-jenis hernia, maka sebaiknya anda menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan hernia. Karena ketika seseorang pernah mengalami hernia, maka kemungkinan besar orang tersebut akan mengalami hernia untuk kesekian kalinya.

Berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah hernia adalah menjaga berat badan ideal, mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak serat, dan menghindari tertawa secara berlebihan. Hindari juga mengangkat beban yang terlalu berat di luar kemampuan anda untuk mencegah terjadinya hernia. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis