fbpx
BerandaHidup SehatBelajar tentang Sistem Pencernaan Manusia dan Anatominya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Belajar tentang Sistem Pencernaan dan Anatominya

Makanan yang Anda makan setiap hari tidak akan bisa dicerna dan diserap gizinya jika tidak diproses oleh organ pencernaan. Banyak organ pencernaan yang ikut terlibat dalam proses pencernaan. Untuk informasi lebih lengkap, simak terus ulasan tentang anatomi sistem pencernaan manusia berikut ini.

Anatomi Sistem Pencernaan

Anatomi sistem pencernaan terdiri dari organ-organ pencernaan yaitu organ dalam pencernaan dan organ pencernaan pelengkap. Organ dalam saluran pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Sedangkan organ pencernaan pelengkap terdiri dari lidah, gigi, kantung empedu, kelenjar air liur, hati, dan pankreas. 

Mulut

Proses pencernaan dimulai di mulut, dimana pencernaan kimiawi dan mekanik terjadi yang dibantu oleh organ aksesori yaitu lidah, gigi, dan kelenjar air liur. Mulut berfungsi untuk mengunyah makananan menjadi lebih halus sebelum ditelan. 

Di dalam mulut, terdapat gigi yang berfungsi untuk memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil, yang dibasahi oleh air liur, lalu lidah mendorong makanan tersebut ke dalam faring untuk melewati kerongkongan.

Kerongkongan (Esofagus)

Kerongkongan merupakan saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung yang terletak di antara tenggorokan dan lambung. Makanan yang telah dikunyah di mulut melewati kerongkongan untuk menuju lambung. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pada ujung kerongkongan terdapat cincin otot yang memungkinkan makanan masuk ke lambung, lalu menutup kembali untuk mencegah makanan dan cairan naik lagi ke kerongkongan.

Lambung

Lambung merupakan organ yang berukuran sekitar dua kepalan tangan yang terletak di antara kerongkongan dan usus halus di bagian atas perut. Lambung memiliki tiga fungsi yaitu menyimpan makanan dan cairan yang masuk, lalu mencampur makanan dengan cairan yang diproduksinya, kemudian perlahan-lahan mendorong isinya menuju ke usus halus. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Zat-zat yang dapat diserap di lambung hanyalah air dan alkohol, sedangkan zat-zat makanan yang lain harus menjalani proses pencernaan. Dinding otot lambung mencampur dan mengaduk makanan dengan asam dan enzim, dan memecahnya menjadi bagian-bagian yang kecil, yang kemudian diolah menjadi bentuk semi padat seperti chyme. Setelah itu, chyme dilepaskan sedikit demi sedikit melalui sebuah cincin otot di antara lambung dan bagian usus halus. 

Usus Halus

Usus Halus (Usus Kecil)

Usus halus atau usus kecil adalah bagian dari saluran pencernaan yang terletak di antara lambung dan usus besar. Dinding usus kaya akan pembuluh darah yang mengangkut zat-zat yang diserap ke hati melalui vena porta. Dinding usus melepaskan lendir (yang melumasi isi usus) dan air (yang membantu melarutkan pecahan-pecahan makanan yang dicerna). Dinding usus juga melepaskan sejumlah kecil enzim yang mencerna protein, gula dan lemak. Lapisan usus halus terdiri dari lapisan mukosa (sebelah dalam), lapisan otot melingkar, lapisan otot memanjang dan lapisan serosa. Usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum).

Usus Dua Belas Jari (Duodenum)

Usus dua belas jari atau duodenum adalah bagian dari usus halus yang terletak setelah lambung dan menghubungkannya ke usus kosong (jejunum). Bagian usus dua belas jari merupakan bagian terpendek dari usus halus, dimulai dari bulbo duodenale dan berakhir di ligamentum treitz. Usus dua belas jari merupakan organ retroperitoneal, yang tidak terbungkus seluruhnya oleh selaput peritoneum.

pH usus dua belas jari yang normal berkisar pada derajat sembilan. Pada usus dua belas jari terdapat dua muara saluran yaitu dari pankreas dan kantung empedu. Lambung melepaskan makanan ke dalam usus dua belas jari (duodenum), yang merupakan bagian pertama dari usus halus. Makanan masuk ke dalam duodenum melalui sfingter pilorus dalam jumlah yang bisa di cerna oleh usus halus. Jika penuh, duodenum akan megirimkan sinyal kepada lambung untuk berhenti mengalirkan makanan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Usus Kosong (Jejenum)

Usus kosong atau jejunum adalah bagian kedua dari usus halus, di antara usus dua belas jari (duodenum) dan usus penyerapan (ileum). Pada manusia dewasa, panjang seluruh usus halus antara 2-8 meter, 1- 2 meter adalah bagian usus kosong. Usus kosong dan usus penyerapan digantungkan dalam tubuh dengan mesenterium. Permukaan dalam usus kosong berupa membran mukus dan terdapat jonjot usus (vili), yang memperluas permukaan dari usus.

Untuk memastikan kesehatan sistem pencernaan, coba konsumsi Rillus. Rillus adalah suplemen yang memiliki manfaat menjaga dan memelihara kesehatan sistem pencernaan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Usus Penyerapan (Illeum)

Usus penyerapan atau ileum adalah bagian terakhir dari usus halus. Pada sistem pencernaan manusia ileum memiliki panjang sekitar 2- 4 m dan terletak setelah duodenum dan jejunum, dan dilanjutkan oleh usus buntu. Ileum memiliki pH antara 7 dan 8 (netral atau sedikit basa) dan berfungsi menyerap vitamin B12 dan garam empedu.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Lebih Dalam Sistem Pencernaan Manusia
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Supaya Tetap Berfungsi Normal
Lacto-B: Cara Mengonsumsi dan Efek Samping
Penyakit Usus Buntu: Dari Gejala Hingga Pengobatan
Fakta Umum Mengenai Penyakit Gastritis
Penderita Asam Lambung? Hindari 7 Jenis Makanan Ini
Mengenal Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri
Sakit Pada Bagian Pinggang, Ciri Penyakit Batu Ginjal?
Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Usus Besar

Usus besar berbentuk huruf U terbalik yang berada di atas usus halus, dimulai dari sisi kanan bawah tubuh lalu berakhir di sisi kiri bawah tubuh. Usus besar berukuran sekitar 5-6 meter, yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sekum, kolon, dan rektum.

Sekum adalah kantong yang berada di awal usus besar yang memungkinkan makanan untuk lewat dari usus halus ke usus besar. Kolon adalah tempat penyerapan cairan dan garam yang memanjang dari sekum hingga rektum. Sedangkan rektum adalah bagian terakhir dari usus besar, dimana kotoran disimpan sebelum meninggalkan tubuh melalui anus. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Usus besar memiliki fungsi utama untuk membuang air dan garam dari bahan yang tidak tercerna dan membentuk limbah padat yaitu kotoran untuk dikeluarkan dari tubuh. 

Bakteri yang terdapat di usus besar membantu untuk memecah bahan yang tidak tercerna tersebut. Sisa bahan makanan yang tidak tercerna di usus besar dipindahkan ke arah rektum, dimana feses disimpan sebelum meninggalkan tubuh melalui anus.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah anatomi dan sistem pencernaan manusia. Belajar mengenai hal ini penting agar kita terus dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Anda juga harus selalu menjaga kesehatan pencernaan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, serta suplemen khusus pencernaan. Salah satu suplemen yang akan memelihara kesehatan pencernaan Anda adalah RILLUS 6 TABLET – Suplemen Sistem Pencernaan (Rp60.500).

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman