fbpx

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Supaya Tetap Berfungsi Normal

Mei 22, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Ginjal merupakan organ tubuh penting yang harus dijaga kesehatannya. Fungsi ginjal adalah menyaring darah dan membuang limbahnya dalam bentuk urin. Urin yang normal mengandung racun, garam, dan urea. 

Selain itu, ginjal juga berperan dalam mengendalikan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur sel darah merah, hingga menjaga keseimbangan pH tubuh. Dapat dibayangkan bukan, bagaimana jadinya jika fungsi ginjal terganggu? Maka, fungsi tubuh lainnya juga akan terganggu. Nah, supaya ginjal dapat berfungsi normal sebagaimana mestinya, tentunya organ ini harus selalu dirawat. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Minum Air Putih yang Cukup

Setiap orang pasti sudah tahu jika air sangat penting bagi tubuh. Bahkan, hampir sebagian besar komponen tubuh terdiri dari air atau cairan. Rupanya, salah satu peran air guna menjaga kesehatan ginjal. Jadi, penting bagi tiap orang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Lalu, seberapa banyak kebutuhan cairan yang harus dipenuhi oleh setiap orang? Menurut hasil referensi, kebutuhan cairan seseorang dapat dihitung dari kebutuhan kalorinya. 

Rumusnya, setiap 1 kkal kebutuhan energi atau berat badan, maka diperlukan 1 ml air. Jadi, ketika seseorang membutuhkan kalori sebanyak 2000 kkal per hari, diperlukan air sebanyak 2 liter tiap hari. 

Konsumsi Makanan Sehat

Selain mengoptimalkan kebutuhan air bagi tubuh, asupan nutrisi yang masuk juga harus diperhatikan. Hal ini penting guna menjaga kesehatan ginjal. Caranya, hindarilah berbagai jenis makanan yang mengandung zat pewarna sintetik juga zat pengawet. Sedangkan untuk jenis minuman berwarna seperti teh dan kopi boleh-boleh saja. Namun, pastikan jika air putih tetap diutamakan guna menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga yang teratur sudah pasti mendukung kesehatan tubuh termasuk kesehatan ginjal. Tahukah Anda, daripada olahraga sekali waktu dalam secara terus-terusan, lebih baik olahragalah sekitar 15 hingga 30 menit rutin sebanyak 3 kali seminggu. Rupanya, kebiasaan tersebut sangat baik untuk membantu tubuh jauh lebih bugar. Disamping itu, olahraga secara rutin juga mampu mengurangi risiko kardiovaskuler dan menjaga berat badan supaya tetap stabil.

Hindari Konsumsi Obat Sembarangan

Biasanya, seseorang akan terbiasa mengonsumsi suplemen, vitamin, hingga obat herbal ketika kondisi kesehatannya tidak fit. Sekilas, pasti banyak orang beranggapan hal tersebut sah-sah saja dan tidak masalah. Namun, dengan catatan jika kebiasaan tersebut tidak berlebihan atau terlalu sering ya. Sebab, ketika seseorang mengonsumsi obat tanpa resep dokter dengan dosis tinggi sudah pasti akan membahayakan kerja ginjal. Jadi, usahakan untuk tidak sembarangan dalam konsumsi obat guna menjaga kesehatan ginjal ya!

Menjaga Kadar Gula Darah

Terutama bagi pasien diabetes, usahakan untuk selalu menjaga kadar gula darah supaya tetap normal dan terkendali. Sebab, ketika seseorang mengalami diabetes, jelas akan mengganggu kesehatan ginjalnya. Caranya dengan memerhatikan pola makanan yang dikonsumsi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Sakit Pada Bagian Pinggang, Ciri Penyakit Batu Ginjal?

Waspadai Faktor Resiko serta Penyebab Usus Buntu
Mengenal Lebih Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Apa Itu Batu Empedu dan 5 Penyebabnya
Rekomendasi Makanan Sehat Saat Ramadhan
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Konsumsi Alkohol Berlebih

Cara menjaga kesehatan ginjal lainnya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol berlebih. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan menambah kalori yang berakibat pada peningkatan berat badan.

Selain itu, mengontrol berat badan agar tetap normal, istirahat yang cukup, dan tidak merokok juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan ginjal.

Nah, itulah beberapa langkah menjaga kesehatan ginjal supaya tetap berfungsi normal. Pastikan untuk tidak melewatkannya ya!

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Referensi:
U.S National Institute of Health

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis