fbpx
BerandaHidup SehatCara Menjaga Kesehatan Ginjal Supaya Tetap Berfungsi Normal

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Supaya Tetap Berfungsi Normal

Ginjal merupakan organ tubuh penting yang harus dijaga kesehatannya. Fungsi ginjal adalah menyaring darah dan membuang limbahnya dalam bentuk urin. Urin yang normal mengandung racun, garam, dan urea. 

Selain itu, ginjal juga berperan dalam mengendalikan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur sel darah merah, hingga menjaga keseimbangan pH tubuh. Dapat dibayangkan bukan, bagaimana jadinya jika fungsi ginjal terganggu? Maka, fungsi tubuh lainnya juga akan terganggu. Nah, supaya ginjal dapat berfungsi normal sebagaimana mestinya, tentunya organ ini harus selalu dirawat. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Minum Air Putih yang Cukup

Setiap orang pasti sudah tahu jika air sangat penting bagi tubuh. Bahkan, hampir sebagian besar komponen tubuh terdiri dari air atau cairan. Rupanya, salah satu peran air guna menjaga kesehatan ginjal. Jadi, penting bagi tiap orang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Lalu, seberapa banyak kebutuhan cairan yang harus dipenuhi oleh setiap orang? Menurut hasil referensi, kebutuhan cairan seseorang dapat dihitung dari kebutuhan kalorinya. 

Rumusnya, setiap 1 kkal kebutuhan energi atau berat badan, maka diperlukan 1 ml air. Jadi, ketika seseorang membutuhkan kalori sebanyak 2000 kkal per hari, diperlukan air sebanyak 2 liter tiap hari. 

Konsumsi Makanan Sehat

Selain mengoptimalkan kebutuhan air bagi tubuh, asupan nutrisi yang masuk juga harus diperhatikan. Hal ini penting guna menjaga kesehatan ginjal. Caranya, hindarilah berbagai jenis makanan yang mengandung zat pewarna sintetik juga zat pengawet. Sedangkan untuk jenis minuman berwarna seperti teh dan kopi boleh-boleh saja. Namun, pastikan jika air putih tetap diutamakan guna menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Olahraga Secara Rutin

Olahraga yang teratur sudah pasti mendukung kesehatan tubuh termasuk kesehatan ginjal. Tahukah Anda, daripada olahraga sekali waktu dalam secara terus-terusan, lebih baik olahragalah sekitar 15 hingga 30 menit rutin sebanyak 3 kali seminggu. Rupanya, kebiasaan tersebut sangat baik untuk membantu tubuh jauh lebih bugar. Disamping itu, olahraga secara rutin juga mampu mengurangi risiko kardiovaskuler dan menjaga berat badan supaya tetap stabil.

Hindari Konsumsi Obat Sembarangan

Biasanya, seseorang akan terbiasa mengonsumsi suplemen, vitamin, hingga obat herbal ketika kondisi kesehatannya tidak fit. Sekilas, pasti banyak orang beranggapan hal tersebut sah-sah saja dan tidak masalah. Namun, dengan catatan jika kebiasaan tersebut tidak berlebihan atau terlalu sering ya. Sebab, ketika seseorang mengonsumsi obat tanpa resep dokter dengan dosis tinggi sudah pasti akan membahayakan kerja ginjal. Jadi, usahakan untuk tidak sembarangan dalam konsumsi obat guna menjaga kesehatan ginjal ya!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Menjaga Kadar Gula Darah

Terutama bagi pasien diabetes, usahakan untuk selalu menjaga kadar gula darah supaya tetap normal dan terkendali. Sebab, ketika seseorang mengalami diabetes, jelas akan mengganggu kesehatan ginjalnya. Caranya dengan memerhatikan pola makanan yang dikonsumsi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Sakit Pada Bagian Pinggang, Ciri Penyakit Batu Ginjal?

Waspadai Faktor Resiko serta Penyebab Usus Buntu
Mengenal Lebih Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Apa Itu Batu Empedu dan 5 Penyebabnya
Rekomendasi Makanan Sehat Saat Ramadhan
5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Hindari Konsumsi Alkohol Berlebih

Cara menjaga kesehatan ginjal lainnya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol berlebih. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan menambah kalori yang berakibat pada peningkatan berat badan.

Selain itu, mengontrol berat badan agar tetap normal, istirahat yang cukup, dan tidak merokok juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan ginjal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Nah, itulah beberapa langkah menjaga kesehatan ginjal supaya tetap berfungsi normal. Pastikan untuk tidak melewatkannya ya! Bagi Anda yang mengalami penyakit batu ginjal, bisa mencoba konsumsi obat Batugin Eliksir (mulai dari 100ribu), elixir herbal yang mengandung ekstrak daun tempuyung (Sonchus arvensis folia) dan daun kejibeling (Strobilanthus crispus folia). Batugin digunakan untuk membantu meluruhkan batu urin (nefrolitiasis) dan batu saluran kemih (uretrolitisis), serta mendorongnya keluar akibat arus air kemih yang deras.

Anda juga bisa mengonsumsi Renalof 325mg (mulai dari 1juta rupiah). RENALOF 325 MG 30 KAPSUL merupakan obat golongan fitofarmaka yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit, membantu meluruhkan batu oksalat yang terdapat di ginjal dan kantung kemih. Mengandung bahan aktif untuk merangsang pengeluaran urine sehingga dapat membantu pengeluaran batu ginjal, membantu menghilangkan dan mencegah kembali terbentuknya batu di saluran uretra serta mengurangi iritasi dan peradangan. Konsultasikan dengan dokter untuk penggunaannya

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Referensi:
U.S National Institute of Health

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat penghilang bau mulut di apotek

7 Obat Penghilang Bau Mulut di Apotek

Hidup Sehat   12/05/2022
obat tangan kesemutan di apotek

4 Obat Tangan Kesemutan di Apotek

Hidup Sehat   05/05/2022
bahaya bakteri salmonella

Bahaya Bakteri Salmonella dalam Kinder Joy

Ibu dan Anak   29/04/2022
makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa

4 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa

Hidup Sehat   28/04/2022
tips mudik lebaran

Syarat dan Tips Mudik Lebaran 2022

Hidup Sehat   27/04/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman