fbpx
BerandaHidup SehatMammogram Skrining: Upaya Pencegahan Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

mammogram-skrining

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang menghantui masyarakat di seluruh dunia. Tidak hanya wanita, pria juga bisa menjadi penderita penyakit ini. Mammogram skrining menjadi salah satu upaya untuk mendeteksi lebih dini penyakit kanker payudara. Lewat deteksi dini ini, maka penanganan penyakit bisa dilakukan lebih mudah dan efektif.

Kanker di organ payudara bisa menyerang siapa saja dan dapat berdampak buruk jika tidak dilakukan penanganan yang tepat. Pemeriksaan sejak dini sangat disarankan untuk dilakukan oleh siapapun yang punya risiko tinggi penyakit ini. Itulah mengapa tindakan mammografi terus disosialisasikan demi menekan angka kematian akibat penyakit kanker ini. 

Pengertian Mammogram Skrining

Apa itu mammografi atau mammogram? Mammogram merupakan penghasilan gambar x-ray pada organ payudara. Hasil foto x-ray ini kemudian akan digunakan untuk melihat seperti apa kondisi payudara. Jika terdapat tanda-tanda benjolan yang mengarah ke tumor maupun kanker, maka bisa terlihat dengan jelas lewat hasil pemeriksaan ini. 

Mammogram skrining itu sendiri merupakan bagian dari pemeriksaan mammogram. Prosedur ini dilakukan untuk memeriksa kondisi payudara pada wanita yang tidak merasakan gejala apapun. Pengambilan gambar akan dilakukan pada dua sudut payudara. Lewat pemeriksaan ini dapat diketahui apabila ada kejanggalan pada payudara dan bisa dilakukan perawatan sedini mungkin.

Di samping itu ada juga mammogram diagnostik. Perbedaannya adalah tipe pemeriksaan mammogram yang satu ini dilakukan lebih dari dua sudut payudara. Pemeriksaan dilakukan pada wanita yang sudah menunjukkan adanya gejala di payudara mereka. Dari hasil pemeriksaan ini akan didapatkan gambar yang lebih jelas dari payudara untuk mengetahui lebih detail kondisi pasien. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Prosedur Pelaksanaan Mammogram Skrining

Bagaimana proses pemeriksaan mammogram ini? Prosedur mammogram hampir sama dengan pengambilan foto x-ray untuk pemeriksaan lainnya. Berikut adalah tata cara yang perlu diikuti oleh pasien saat akan menjalani pemeriksaan mammogram.

  • Pasien melepaskan pakaian yang dipakai dan menggantinya dengan baju yang sudah disediakan rumah sakit.
  • Pasien harus memposisikan diri menyesuaikan jenis alat yang digunakan, bisa duduk maupun berdiri.
  • Mammografi akan dilakukan secara bergantian pada payudara kanan dan kiri. 
  • Payudara diposisikan pada alat mamografi dan akan ditekan dengan cukup kuat oleh bagian yang disebut kompresor. 
  • Pasien biasanya diminta untuk menahan napas agar tampilan gambar yang diambil akan terlihat lebih jelas. 

Pemeriksaan mammografi ini mungkin akan terasa tidak nyaman. Saat payudara ditekan, mungkin akan terasa nyeri. Namun kondisi ini bisa ditahan karena hanya berlangsung beberapa saat. Pemeriksaan mammografi dapat diulang kembali apabila dokter belum mendapatkan hasil foto yang memadai untuk melakukan diagnosis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Aturan Mammogram Skrining

Pemeriksaan mammogram ini harus dijalankan sesuai prosedur agar bisa memberi hasil yang optimal dan bermanfaat. Tidak semua orang juga perlu menjalani pemeriksaan ini. Usia yang tepat untuk mammogram adalah jika sudah berada di atas 50 tahun. Selain itu kelompok individu yang punya riwayat keturunan keluarga dengan penyakit kanker yang menyerang payudara juga perlu menjalani skrining.

Sementara itu pemeriksaan mammogram diagnostik dapat dijalani oleh individu yang pada hasil pemeriksaan skrining menerima hasil abnormal. Pemeriksaan juga perlu dijalani oleh individu yang menemukan kejanggalan pada payudaranya. Misalnya ditemukan benjolan, puting mengeluarkan cairan, bentuk puting berubah, nyeri di bagian payudara, dan lain sebagainya.

“Para dokter belum sepakat kapan sebaiknya mulai melakukan pemeriksaan, namun semakin bertambah usia maka resiko terkena kanker payudara juga meningkat. American Cancer Society merekomendasikan bahwa wanita berusia 40 hingga 44 tahun dapat memilih untuk mulai melakukan skrining mammogram tahunan. Wanita berusia 45 hingga 54 tahun harus menjalani mamogram setiap tahun, dan mereka yang berusia 55 tahun ke atas harus menjalani mamogram setiap 1 hingga 2 tahun. Namun ada juga yang merekomendasikan skrining setiap 2 tahun dari usia 50 hingga 74. Konsultasikan dengan dokter bila berisiko tinggi terkena kanker payudara, atau jika memiliki anggota keluarga dekat yang menderita penyakit ini pada usia dini,  mungkin dapat mempertimbangkan untuk melakukan skrining lebih awal.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Berikut adalah beberapa aturan penting yang perlu diketahui jika ingin menjalani pemeriksaan mammogram:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Tentukan jadwal terlebih dahulu.
  • Konsultasikan kondisi tubuh secara detail kepada dokter.
  • Hindari pemeriksaan sebelum atau ketika datang bulan karena nyeri yang dirasakan di payudara bisa berkali-kali lipat.
  • Hindari pemakaian deodoran, bedak, maupun parfum di area sekitar payudara karena bisa merusak tampilan hasil x-ray.

Hasil Pemeriksaan

Bagaimana dengan hasil pemeriksaan mammogram ini? Tentu ada dua jenis hasil pemeriksaan yang bisa didapatkan yaitu normal dan abnormal. Apabila hasilnya normal maka pada hasil x-ray tidak ditemukan adanya tanda kalsifikasi. Pemeriksaan ulang perlu dilakukan setelah 1 hingga 2 tahun lagi untuk memastikan bahwa memang tidak ada jaringan aneh yang berkembang di payudara.

Sementara itu pada hasil yang abnormal maka akan didapatkan tampilan yang janggal. Biasanya akan didapatkan bentuk bintik dengan batas tegas dan rata yang merupakan indikasi kista payudara. Bisa juga ditemukan adanya kalsifikasi pada jaringan payudara namun tidak mengarah ke kanker. Kondisi kanker bisa ditandai dengan ditemukannya bercak yang padat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apabila hasil yang diterima menunjukkan tampilan abnormal maka dokter biasanya akan meminta pemeriksaan lanjutan. Jika memang ditemukan adanya penyakit kanker maka perlu dilakukan penanganan lebih lanjut. Intinya, hasil pemeriksaan ini akan menjadi acuan bagi dokter untuk menentukan langkah selanjutnya.

Itulah sekilas pembahasan mengenai mammogram skrining dan mammogram diagnostik. Pemeriksaan mammogram tidaklah menyeramkan dan akan memberi manfaat jika dilakukan sedini mungkin. Segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan rekomendasi pemeriksaan mammogram jika memang dibutuhkan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman