fbpx
BerandaHidup SehatMakanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Penderita Kanker Payudara

Menurut WHO, Kanker payudara adalah penyakit yang menyumbang 15% kematian wanita akibat kanker. Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Diperkirakan sebanyak 2,1 juta wanita menderita kanker payudara setiap tahunnya. Penderita kanker tentu tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan, termasuk penderita kanker payudara. Banyak sekali makanan dan minuman yang perlu dihindari oleh penderita kanker payudara. Namun sebelum mengetahui apa saja makanan dan minuman yang perlu dihindari penderita kanker payudara, simak terlebih dahulu gejala kanker payudara pada ulasan berikut ini.

makanan-yang-dihindari-kanker-payudara

Gejala Kanker Payudara

Jika seseorang mengalami kanker payudara, biasanya tubuh akan memberikan tanda-tanda kanker payudara, seperti:

  1. Terdapat benjolan di payudara atau ketiak 
  2. Bagian payudara menebal atau bengkak
  3. Muncul iritasi atau lengkungan pada kulit payudara
  4. Kemerahan atau kulit menjadi bersisik di area puting atau payudara
  5. Puting tidak berbentuk seperti biasanya
  6. Keluarnya cairan dari puting selain ASI, bisa berupa darah
  7. Terjadi perubahan ukuran atau bentuk payudara.
  8. Rasa nyeri di area manapun pada payudara

Itulah tanda-tanda kanker payudara yang perlu Anda ketahui. Namun jika Anda sudah mengalaminya, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan sesuatu untuk meringankan gejala kanker payudara yang Anda alami.

Anda harus tahu bahwa saat ini penting sekali untuk mengatur pola makanan terutama untuk seseorang yang sedang mengidap suatu penyakit. Termasuk juga bagi pasien yang sedang mengidap kanker payudara, perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi sesuatu. Ketika salah makan sedikit saja, maka akan berkaitan langsung dengan kondisi tubuh. Bisa jadi gejala kanker payudara menjadi semakin parah ketika Anda mengonsumsi makanan yang salah.

Memang pantangan mengenai makanan ini haruslah diterapkan, tetapi tidak boleh sampai mengekang para penderita kanker payudara. Setidaknya berikan sedikit batasan makanan yang merupakan pantangan agar tidak mengekang para penderita kanker. Tetapi, jangan terlalu berlebihan karena sedikit saja sudah bisa memberikan pengaruh yang cukup besar. 

Makanan dan minuman yang sangat terlarang untuk penderita kanker payudara 

Apakah sebelumnya Anda mengetahui makanan dan minuman yang dilarang untuk penderita kanker payudara? Bukan makanan yang dilarang untuk kanker payudara, namun sebaiknya dihindari agar tidak terjadi risiko. Selain itu, sebaiknya berhati-hati dengan mengetahui daftar makanan yang tidak boleh dimakan jika ada benjolan di payudara

Jaminan Lifepack untuk Anda

Inilah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita kanker payudara, diantaranya sebagai berikut:

1. Alkohol 

Salah satu makanan atau minuman yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker payudara adalah alkohol. Usahakan bagi para penderita kanker payudara terutama menjauhi alkohol terlebih dahulu. Anda harus tahu bahwa dengan mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan potensi dari kanker payudara. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mengapa bisa meningkatkan potensi kanker payudara? Hal yang harus Anda ketahui adalah konsumsi alkohol ini bisa memunculkan potensi kanker yang baru. Alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dan hormon lainnya yang berkaitan dengan kanker payudara. Alkohol juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara dengan merusak DNA dalam sel. 

Ketika karsinogen ini tidak hilang di dalam tubuh, maka akan menimbulkan perubahan genetik dan struktur dari DNA. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya permasalahan kanker baru. 

2. Makanan yang Kaya akan Lemak 

Selanjutnya Anda harus tahu bahwa penderita kanker payudara harus menghindari makanan yang kaya akan lemak. Hal ini sudah diungkapkan oleh American Cancer Society, mengkonsumsi lemak yang jenuh akan membuat kanker kambuh kembali. Maka dari itu, usahakan untuk menghindarkan diri dari makanan yang mengandung lemak jenuh. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Karena, tak semuanya lemak jenuh mampu untuk meningkatkan risiko dari kanker payudara. Tetapi, daftar pantangan makanan kanker payudara yang harus Anda hindari saat ini yaitu paha ayam, daging yang diasapkan, krim dari susu, susu, mentega atau margarin, kentang yang digoreng, ayam, makanan cepat saji, kuning telur, dan makan jeroan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Sayuran yang Mentah 

Memang kenyataannya saat ini sayuran mentah merupakan sayuran yang paling banyak kandungan nutrisinya. Tetapi, berbeda hal lagi ketika yang mengkonsumsi sayuran mentah adalah orang yang sedang menderita penyakit kanker payudara. Konsumsi sayuran yang mentah adalah makanan yang perlu dihindari oleh penderita kanker payudara. Penderita kanker payudara harus memasak terlebih dahulu sayuran yang akan dikonsumsi, sebelum menjalankan kemoterapi.

Pernyataan dari Dr. Jennifer Sabol di Breast Cancer, melakukan kemoterapi akan mengurangi yang namanya sel darah putih dan akan membuat sistem kekebalan tubuh yang menurun. Anda harus tahu bahwa ketika Anda mengkonsumsi timun maupun seledri secara mentah akan banyak baketeri yang masuk ke dalam tubuh penderita kanker payudara. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Hal ini tentunya akan menjadi permasalahan bagi orang-orang yang mengidap penyakit kanker darah. Terlebih lagi kondisi dari pengidap kanker payudara juga sedang dalam kondisi yang tidak fit dan sistem tubuh yang sangat menurun drastis, tentunya cukup berisiko mengkonsumsi makanan yang mentah. 

Tetapi, jika Anda ingin memakan sayur-sayuran, Anda bisa memakannya dengan syarat sudah dimasak dengan baik. 

Anda bisa mengkonsumsi makanan layaknya gado-gado, ketoprak, atau salad. Tetapi, dipastikan lagi sayuran yang ada di dalamnya sudah dimasak matang. 

4. Makanan yang Dibakar Serta Diawetkan

Banyak sekali makanan yang memang wajib untuk dihindari oleh para pengidap kanker payudara. Termasuk juga makanan yang dibakar serta diawetkan. Hal ini wajib sekali untuk dihindari oleh para pengidap kanker payudara, termasuk juga pengidap kanker yang lainnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Makanan yang dibakar atau diawetkan akan memiliki kandungan senyawa kimia yang berubah jadi karsinogenik. Karsinogenik merupakan senyawa yang bisa mengakibatkan kanker. 

Bahkan, saat ini Anda dilarang untuk mengkonsumsi yang namanya ikan asin. Mengapa tidak boleh? Karena, ikan asin merupakan makanan yang diawetkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak hanya itu saja, beberapa produsen akan menambahkan bahan formalin yang sebenarnya bukanlah bahan untuk mengawetkan makanan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda harus tahu bahwa formalin ini merupakan racun untuk hati. Ketika semakin banyak dikonsumsi akan mengganggu sistem sel dan memicu yang namanya kanker yang lebih parah. 

Bagaimana? Anda sudah paham bukan dengan makanan yang wajib untuk dihindari saat ini, terutama untuk para penderita kanker payudara. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang pas dan sudah diolah dengan baik, agar kanker payudara tidak kambuh kembali. 

Jika Anda ingin mengobati kanker payudara, coba Femara 2.5 mg – 30 Tablet – Obat Kanker Payudara (Rp 2.316.000). FEMARA 2.5 MG TABLET obat yang di gunakan untuk mengobati kanker payudara stadium awal pada wanita menopause. Femara mengandung Letrozole yang berfungsi mengatur konsentrasi hormon pada wanita. Penggunaan obat ini HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.

Ingin beli obat tanpa ribet? Temukan solusi beli obat mudah tanpa keluar rumah dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Lifepack menyediakan layanan tebus obat penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, dan kanker. Sehingga memudahkan pasien dengan penyakit kronis untuk menjangkau obat-obatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Referensi: 

CDC. What Are the Symptoms of Breast Cancer?. Diakses pada 2020.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

WHO. Breast cancer. Diakses pada 2020.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman