fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf KBenjolan Kanker Payudara Letaknya di Mana? Ketahui dengan Gerakan SADARI

Kanker payudara merupakan penyakit yang terjadi saat jaringan sel kanker terbentuk di dalam payudara. Sel kanker dapat terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu atau pun di saluran yang membawa air susu, serta pada jaringan ikat atau jaringan lemak. Kanker payudara terbentuk ketika sel dalam payudara menjadi tidak normal hingga tidak dapat terkendali. Kanker payudara memang pada umumnya dialami oleh wanita, tetapi pada beberapa kasus laki-laki juga dapat mengalami penyakit ini. Untungnya, kanker payudara merupakan salah satu penyakit dengan banyak ciri-ciri yang dapat dikenali. Sel kanker biasanya membentuk tumor sehingga menjadi benjolan yang dapat dirasakan. Mungkin Anda bertanya-tanya benjolan kanker payudara letaknya di mana? Simak artikel berikut untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang kanker payudara.

Penyebab Kanker Payudara

Kanker payudara disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak normal di area payudara yang diduga karena adanya mutasi gen dengan sendirinya.

Setiap kanker payudara dapat terjadi karena penyebab yang berbeda dan setiap orang memiliki risiko yang dapat menjadi pemicu dari penyakit ini. Berikut daftar kemungkinan penyebab kanker payudara:

  • Jenis kelamin. Wanita memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan pria.
  • Pertambahan usia. Kanker payudara berisiko lebih tinggi untuk orang dengan usia di atas 50 tahun.
  • Kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
  • Menopause.
  • Menstruasi sebelum berusia 12 tahun.
  • Memiliki riwayat kanker payudara.
  • Menggunakan alat kontrasepsi.
  • Memiliki riwayat terpapar dengan radiasi.
  • Memiliki riwayat penyakit kanker payudara dari keluarga sedarah seperti ibu, nenek, kakak atau pun anak sekandung. 

Ciri-Ciri Kanker Payudara

Kanker payudara memang memiliki ciri-ciri yang lumayan banyak, tetapi kanker payudara yang masih dalam stadium awal biasanya hanya memiliki ciri-ciri sedikit dan bervariasi. Beberapa gejala yang mungkin muncul sebagai ciri ciri kanker payudara adalah sebagai berikut.

  • Adanya pembengkakan atau benjolan di bawah ketiak

Benjolan kanker payudara dapat ditemukan di seluruh daerah payudara dan ketiak. Letaknya benjolan kanker payudara kebanyakan ditemukan di dua tempat:

  • Karsinoma lobular: Kantung kecil yang memproduksi ASI.
  • Karsinoma duktal: Saluran yang membawa susu ke puting.
  • Puting seperti tertarik masuk ke dalam

Adanya kanker payudara akan menyebabkan perubahan bentuk, ukuran, dan tekstur kulit payudara. Biasanya, puting payudara akan mengalami perubahan seperti menjadi lebih cekung, berkerut, bersisik, meradang, dan kemerahan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Adanya perubahan ukuran, bentuk serta tampilan payudara

Benjolan kanker payudara akan menyebabkan payudara menjadi besar sebelah. Ukuran payudara wanita memang berbeda kiri dan kanan, tetapi adanya benjolan kanker payudara akan menyebabkan perbedaan ukuran yang makin signifikan. Salah satu sisi payudara yang memiliki benjolan kanker juga cenderung lebih menggantung dibandingkan sisi payudara yang masih sehat.

  • Keluar darah dari puting

Puting yang mengeluarkan cairan selain susu atau bahkan darah merupakan salah satu pertanda kanker payudara sudah menjadi ganas. Tetapi, keluarnya darah dari puting juga bisa terjadi karena adanya iritasi atau luka pada puting, yang mungkin dialami Ibu menyusui. Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab jelasnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Adanya benjolan atau pengerasan di sekitar payudara. 

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan bentuk, ukuran dan tekstur payudara. Sel dapat menyebabkan adanya penebalan di titik tertentu payudara karena terjadinya peradangan. Kulit payudara juga dapat memiliki lesung dan menjadi berkerut karena pembuluh getah bening di bawah payudara ikut ditarik oleh sel. Perubahan ini dapat disadari dengan adanya rasa gatal yang berkepanjangan. 

Perlu diingat bahwa tidak semua benjolan pada payudara merupakan ciri-ciri dari adanya kanker payudara. Anda harus melakukan pemeriksaan sendiri dengan gerakan SADARI untuk bisa mengenali payudara sendiri serta mendeteksi jika ada kemunculan kelainan. Jika Anda menemukan adanya kejanggalan di bagian payudara dan ketiak, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Mengetahui Kanker Payudara dengan Gerakan SADARI

Salah satu hal penting yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kanker payudara adalah dengan melakukan gerakan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri 7 hingga 10 hari setelah menstruasi. Gerakan SADARI dapat menjawab pertanyaan Anda untuk mengetahui letaknya benjolan kanker payudara. Berikut 6 cara melakukan SADARI seperti dilansir dari Kementrian Kesehatan.

1. Berdiri tegak

Cermati jika ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, serta pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris adalah hal yang umum kecuali terlalu kentara atau menimbulkan keanehan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala.

Cermati jika ada benjolan yang menonjol dalam posisi ini. Dorong siku ke depan dan cermati payudara, lalu coba dorong siku ke belakang dan cermati lagi bentuk maupun ukuran payudara.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kontraksikan otot dada Anda.

Cermati jika ada benjolan yang menonjol saat Anda berada dalam posisi ini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. 

Gunakan ujung jari tangan kanan untuk raba dan tekan area payudara. Cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lalu lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

5. Cubit kedua puting. 

Cermati jika ada cairan yang keluar dari puting selain ASI untuk ibu menyusui.

6. Berbaring dan letakkan bantal di bawah pundak kanan, lalu angkat lengan ke atas.

Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Gunakan ujung jari-jari untuk tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

Itulah tadi informasi tentang benjolan kanker payudara. Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda tentang letaknya benjolan kanker payudara di mana?

Jaminan Lifepack untuk Anda

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda melihat adanya keanehan atau perasaan tidak nyaman pada area payudara Anda. Anda bisa konsultasikan diri ke dokter umum dahulu untuk berkonsultasi seputar masalah payudara. Nikmati kemudahan konsultasi dengan dokter Lifepack melalui WhatsApp di link ini.

Nikmati juga kemudahan tebus resep obat tanpa antre melalui Lifepack. Tersedia berbagai macam obat resep untuk kanker payudara seperti Femaplex 2.5 mg – 30 Tablet – Obat Kanker Payudara (Rp721.400).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

5 Penyebab Kolesterol Naik Drastis Saat Liburan

obat-penurun-kolesterol

Kolesterol Naik Saat Liburan? Ini 5 Obat Penurun Kolesterol yang Perlu Kamu Tahu

cara-mencegah-kolesterol-naik

Cegah Kolesterol Naik Saat Natal dengan 4 Langkah Ini

makanan-penyebab-kolesterol

Rayakan Natal, Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kolesterol Naik

kardiomegali

Penyakit Kardiomegali: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman