fbpx
BerandaDokterCara Menghitung Tetesan Infus untuk Pasien

Infus harus selalu diperhatikan, mulai dari pemasangan hingga penggantian. Tenaga medis harus memiliki pemahaman dasar untuk dapat menghitung tetesan infus karena setiap pasien memiliki kebutuhan infus yang berbeda. Simak cara menghitung tetesan infus di artikel berikut.

Jenis cairan infus

Pertama-tama penting untuk tenaga medis mengetahui jenis cairan infus sebelum dapat menghitung tetesan cairan infus karena berbeda jenis cairannya maka berbeda juga tetesannya. Cairan infus yang biasa digunakan untuk pasien ada 4 jenis yaitu cairan pemeliharaan, cairan pengganti, cairan khusus, dan cairan nutrisi.

1. Cairan pemeliharaan

Infus pemeliharaan pada umumnya diberikan kepada pasien yang tubuhnya tidak mampu memenuhi kebutuhan elektrolit, namun masih belum berada pada tahap kritis atau kronis.

Cairan pemeliharaan digunakan untuk menyediakan cairan dan elektrolit yang cukup untuk memenuhi insensible losses (500-1000 mL), mempertahankan status normal tubuh, dan memungkinkan ekskresi ginjal dari produk-produk limbah (500-1500 mL).

Lebih spesifik lagi, cairan infus yang bisa digunakan adalah NaCl 0,9%, glukosa 5%, glukosa salin, dan ringer laktat atau asetat. Pemberian cairan infus biasanya ditentukan atau dengan rekomendasi dokter atau tenaga kesehatan yang sesuai.

2. Cairan pengganti

Infus pengganti diberikan kepada pasien yang tubuhnya kekurangan elektrolit serta memiliki gangguan seputar redistribusi cairan internal.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cairan ini pada umumnya diperuntukkan pada pasien yang mengalami gangguan saluran pencernaan seperti ileostomy, fistula, drainase nasogastrium, dan drainase bedah atau gangguan saluran kencing seperti saat periode pemulihan gagal ginjal akut.

3. Cairan khusus

Pada umumnya cairan khusus yang dimaksud adalah cairan kristaloid seperti natrium bikarbonat 7,5% atau kalsium glukonas. Cairan khusus digunakan untuk membantu meredakan gangguan keseimbangan elektrolit yang terjadi pada tubuh. Salah satu cairan elektrolit yang terkadang dibutuhkan oleh anak-anak hingga dewasa adalah Cairan Wida Ringer Laktat (Rp20.200).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Cairan nutrisi

Cairan nutrisi diberikan kepada pasien yang mengalami kondisi tidak mau makan, tidak boleh makan, atau tidak dapat makan melalui mulut. Infus ini berisi nutrisi dan akan langsung dimasukkan ke dalam tubuh. Nutrisi dalam bentuk cairan dapat diberikan kepada pasien yang memiliki:

  • Gangguan penyerapan makanan: fistula enterokunateus, atresia intestinal, kolitis infektiosa, maupun penyumbatan usus halus.
  • Kondisi usus pasien harus beristirahat: pankreatitis berat, status preoperatif dengan malnutrisi berat, angina intestinal, stenosis arteri mesenterika, dan diare berulang.
  • Gangguan motilitas usus: ileus yang konstan, pseudo-obstruksi, dan skleroderma.
  • Gangguan makan: muntah konstan, gangguan hemodinamik, dan hiperemesis gravidarum.

Cara Menghitung Tetesan Infus

Setiap jenis cairan infus dapat dihitung dengan cara yang sama yaitu dengan rumus jumlah tetesan per menit atau yang biasa disebut juga dengan TPM.

Pertama-tama Anda harus menyiapkan peralatan dasar seperti jarum dan alat suntik yang akan digunakan untuk mengeluarkan obat atau cairan dari botol ke pasien. Anda juga memerlukan flush yang akan digunakan untuk mendorong obat ke dalam tubing intravena atau kantong cairan.

Metode pemberian cairan infus ada 2 sesuai dengan diameter lubang tetesan infus. Metode ini biasa disebut set makro dan set mikro.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Set makro
    Dalam proses pemasangan infus untuk 1 mL cairan infus, tenaga medis akan membuka lubang tetesan infus dengan diameter besar sehingga tetesan yang keluar berjumlah sedikit. Tetesan cairan infus pada set makro harus disesuaikan tergantung tujuan dan isi infusnya. 
  • Set mikro

Sebaliknya, dalam proses pemasangan infus untuk 1 mL cairan infus, tenaga medis akan membuka lubang tetesan infus dengan diameter kecil sehingga tetesan yang keluar lebih banyak. Sama seperti set makro, tetesan cairan infus pada set mikro harus disesuaikan tergantung tujuan dan isi infusnya.

Penentuan metode pemberian ini akan ditentukan sesuai kondisi pasien dari rekomendasi dan instruksi dokter. Tetapi pada umumnya pemberian cairan akan diberikan sesuai kental tidaknya cairan. Misalkan cairan tersebut bening dan encer, perawat dapat memasang infus 20 tetes/1 mL. Sebaliknya, cairan yang lebih kental akan dipasangkan dengan jumlah tetesan yang lebih sedikit seperti 15 tetes/1 mL.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Perhitungan dengan mesin otomatis

Cairan tetes infus dapat dihitung dengan menggunakan mesin otomatis. Tenaga kesehatan hanya perlu memasukkan jumlah cairan dan waktu yang diperlukan untuk cairan tersebut masuk ke dalam tubuh. 

Untuk itu, cairan kebutuhan infus dapat dihitung dengan rumus:

Flow rate infus= volume infus/waktu.

Perhitungan ini tidak mempertimbangkan faktor tetesan infus.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Perhitungan dengan cara manual

Perhitungan dengan manual ini harus menggunakan jumlah tetesan per menit (TPM) infus. 

Tetesan cairan infus harus disesuaikan dengan perkiraan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam tubuh pasien.Contohnya, jika waktu yang dibutuhkan hanya dalam beberapa menit, maka harus diukur dengan menggunakan satuan waktu menit

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cairan infus dihitung dengan rumus:

TP M Infus= (jumlah cairan x faktor tetes) / (lama pemberian x 60)

3. Perhitungan sisa waktu pemberian infus

Tenaga kesehatan harus mengetahui sisa waktu pemberian infus untuk mengantisipasi ketika cairan infus habis dan perlu diganti. 

Tenaga kesehatan perlu mengetahui TPM infus, faktor tetesnya, dan sisa volume cairan infus. Lalu dihitung dengan rumus berikut:

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sisa waktu infus= (sisa volume infus / TPM) x (faktor tetes / 1)

Demikian cara menghitung tetesan infus sesuai dengan metodenya dan jenis infus. Pemberian infus harus selalu dilakukan dengan rekomendasi dokter dan sesuai dengan kondisi pasien. Baik itu cairan infus nutrisi seperti Otsu D10 500 ml hingga cairan albumin seperti Octalbin 25%.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dengan dokter untuk masalah kesehatan Anda? Anda bisa berkonsultasi dengan dokter umum tepercaya Lifepack. Nikmati kemudahan konsultasi melalui WhatsApp di link ini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari dokter nasional

Selamat Hari Dokter Nasional, Indonesia! Asal Usulnya Penuh Perjuangan

Dokter   24/10/2022
resep obat harus ditulis dengan baik dan benar. Agar tidak lupa dan bingung, berikut cara penulisan resep obat yang baik dan benar.

Begini Cara Penulisan Resep Obat yang Baik dan Benar

Dokter   24/05/2022
cara tebus obat online

Cara Tebus Obat Online & Obat Rutin di Lifepack

Telemedik   18/03/2022
dokter perempuan pertama di indonesia

Marie Thomas: Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Dokter   08/03/2022
jenis asuransi karyawan

8 Jenis Asuransi Karyawan

Kesehatan Kerja   21/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman