fbpx
BerandadirektoriPenyakitGranuloma Inguinale

Granuloma inguinale merupakan penyakit menular seksual (Sexually Transmitted Infection/STD). Penyakit ini sering disebut dengan istilah medis donovanosis. Granuloma inguinale ditandai dengan adanya ulkus/luka pada area genital (alat kelamin). 

granuloma-inguinale

Informasi 

Granuloma inguinale merupakan ulkus genital yang disebabkan oleh infeksi menular seksual akibat bakteri gram negatif Klebsiella granulomatis. Secara klinis, ulkus pada granuloma inguinale bersifat progresif lambat yang tidak nyeri pada genital tanpa pembesaran kelenjar getah bening regional. Luka yang muncul terlihat  berwarna merah seperti daging dan mudah berdarah. 

Gejala 

Gejala munculnya ulkus pada granuloma inguinale biasanya muncul secara perlahan. Ulkus sebagian besar akan muncul pada area genital dan sebagian kecil lainnya pada daerah inguinal (bokong). 

Biasanya dibutuhkan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu hingga gejala muncul. Gejala umumnya muncul 1 hingga 4 minggu setelah infeksi tetapi terkadang dapat memakan waktu hingga satu tahun untuk berkembang. Pada sebagian besar kasus, gejala yang pertama kali pasien rasakan adalah benjolan seperti jerawat yang muncul di kulit genital. Benjolan ini kecil dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit sehingga pasien jarang menyadarinya.

Tanpa pengobatan, ulkus ini dapat membesar dan dapat membentuk benjolan merah yang secara progresif akan merusak kulit normal di sekitarnya. Setelah muncul ulkus, bakteri lain dapat menginfeksi lesi ini sehingga menyebabkan lesi menjadi nyeri dan mengeluarkan bau. Infeksi ekstragenital dapat terjadi dengan meluasnya infeksi ke daerah panggul, hingga menyebar ke organ intra-abdominal, tulang, atau mulut.  

Penyebab 

Granuloma inguinale disebabkan oleh infeksi bakteri yang dikenal dengan nama Klebsiella granulomatis. Oleh karena penyakit ini merupakan penyakit menular seksual, penyakit ini ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang telah terinfeksi. Sebagian kecil kasus mungkin terinfeksi melalui kontak langsung dan non-seksual (skin-to-skin contact). 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Faktor Risiko 

Orang yang berisiko tinggi terkena infeksi ini adalah orang yang melakukan kontak seksual dengan orang yang telah terinfeksi.

Diagnosis 

Granuloma inguinale biasanya sulit untuk didiagnosa pada stadium awal, karena sebagian besar pasien tidak menyadari ketika lesi masih ada pada tahap awal. Pada sebagian besar kasus, dokter dapat mendiagnosis granuloma inguinale ketika ulkus telah terbentuk. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika ulkus tidak sembuh setelah pengobatan dalam jangka waktu yang lama, dokter mungkin akan mengusulkan pemeriksaan penunjang biopsi kulit pada ulkus. Pada prosedur biopsi, dokter akan mengambil sebagian kecil sampel jaringan untuk dilakukan pemeriksaan. 

Setelah sampel diambil, sampel juga akan menjalani pemeriksaan untuk mencari keberadaan bakteri Klebsiella granulomatis. Hal ini dipastikan dengan mencari badan Donovan pada jaringan yang terinfeksi bakteri. Pemeriksaan yang dilakukan berupa visualisasi dengan pewarnaan gelap (dark-staining). 

Terjadinya granuloma inguinale dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit menular seksual, sehingga pasien dengan penyakit ini mungkin akan diusulkan untuk menjalani pemeriksaan darah atau pemeriksaan penunjang lain untuk menyingkirkan kemungkinan terjadinya penyakit menular seksual lainnya. 

Pengobatan 

Oleh karena granuloma inguinale disebabkan oleh infeksi bakteri, pengobatan penyakit ini memerlukan antibiotik. Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan beberapa antibiotik yang dapat menjadi pilihan dalam pengobatan penyakit ini antara lain: 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Azithromycin 
  • Doxycycline 
  • Ciprofloxacin 
  • Erythromycin 
  • Trimethoprim-sulfamethoxazole 

Pengobatan yang tepat akan membantu menghentikan perkembangan ulkus. Proses penyembuhan ulkus biasanya dimulai dari tepian ulkus ke arah dalam. Orang yang pernah melakukan kontak seksual dengan pasien yang menderita granuloma inguinale harus diperiksa dan memulai pengobatan awal dalam 60 hari sejak kontak seksual sebelum timbulnya gejala. Munculnya ulkus berulang dapat terjadi dalam 6 hingga 18 bulan setelah pengobatan.

Jika tidak mendapat pengobatan yang tepat, infeksi dapat menjalar ke kelenjar getah bening di area selangkangan. Hal ini dapat membuat pasien lebih mungkin mengalami infeksi berulang setelah pengobatan selesai. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan pilihan obat dan dosis yang tepat. Anda dapat melakukan konsultasi dengan aman bersama dokter profesional di Lifepack.

Pencegahan 

Granuloma inguinale merupakan penyakit yang sebagian besar kasusnya ditularkan melalui kontak seksual. Untuk mengurangi resiko tertular bakteri penyebab penyakit ini, hal yang dapat dilakukan adalah: 

  • Hindari melakukan kontak seksual dengan seseorang yang memiliki luka pada alat kelamin
  • Menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual  
  • Jika Anda pernah melakukan kontak seksual dengan pasien dengan luka pada alat kelaminnya, segera periksakan diri Anda ke dokter. 

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pembesaran kantung udara di paru-paru

Emfisema: Pembesaran Kantung Udara di Paru-Paru

direktoriPenyakit   10/11/2022
perbedaan demam berdarah malaria

Perbedaan Demam Berdarah dan Malaria

direktoriPenyakit   27/09/2022
demam berdarah dan tifus

Wajib Tahu! Perbedaan Demam Berdarah dan Tifus

direktoriPenyakit   26/09/2022
fase demam berdarah

Jangan Lengah, Ini 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Dipahami

direktoriPenyakit   05/09/2022
jantung koroner

Jantung Koroner: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

direktoriPenyakit   02/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman