fbpx

5 Makanan yang Dapat Cegah Kanker Payudara

Sep 14, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Anda tahu bahwa menjaga pola hidup yang sehat sangat dianjurkan untuk saat ini. Salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat dengan mengatur makanan yang dikonsumsi sehari-hari merupakan langkah kecil untuk menjalankan kehidupan yang sehat. Pola hidup sehat dengan mengatur konsumsi makanan merupakan salah satu cara yang membantu Anda mencegah kanker payudara loh! Namun sebelum mengetahui apa saja makanan yang dapat mencegah kanker payudara, simak terlebih dahulu apa saja ciri-ciri kanker payudara yang perlu Anda ketahui.

Ciri-ciri Kanker Payudara

Menurut CDC, jika seseorang mengalami kanker payudara, umumnya terjadi beberapa ciri-ciri kanker payudara yang dapat dirasakan, seperti:

  1. Munculnya benjolan baru di payudara atau ketiak
  2. Bagian payudara menebal atau bengkak
  3. Terjadi iritasi atau lesung pipit pada kulit payudara
  4. Warna kemerahan atau kulit menjadi bersisik di area sekitar puting atau payudara
  5. Bentuk puting menjadi tidak seperti biasanya
  6. Keluarnya cairan dari puting selain ASI, biasanya dapat berupa darah
  7. Terjadi perubahan ukuran atau bentuk payudara
  8. Rasa nyeri di area manapun pada payudara.

Ada beberapa daftar makanan yang mampu mencegah terjadi kanker payudara. Anda penasaran? Dapatkan informasi lebih lanjut hanya ada di sini. 

Daftar Makanan yang Bagus untuk Mencegah Kanker Payudara 

Konsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara mudah yang daoat Anda coba untuk mencegah kanker payudara. Apakah Anda sudah mengetahui list makanan yang bagus untuk mencegah kanker payudara? Inilah list makanan yang sangat bagus untuk mencegah kanker payudara, diantaranya sebagai berikut: 

1. Sayuran Berbonggol 

Anda harus tahu bahwa saat ini sayuran yang memiliki bonggol, bisa menjadi makanan yang mampu digunakan untuk mencegah yang namanya kanker payudara. Anda bisa mendapatkan sayuran berbonggol dari keluarga cruciferous layaknya sayur kol, sawi hijau, brokoli, dan kubis. 

Anda harus tahu bahwa sayuran yang telah disebutkan tadi memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Anda akan mendapatkan vitamin mulai dari vitamin C, E, dan K. Bahkan sayuran berbonggol memiliki kandungan glukosinolat. 

Glukosinolat, apakah Anda sudah mengetahui kandungan yang satu ini? Anda harus tahu ini bahwa glukosinolat merupakan senyawa kimia yang ada di dalam makanan, mampu digunakan untuk pencegahan penyakit kanker. Termasuk juga kanker payudara. 

Jadi, sangat disarankan untuk Anda yang ingin bebas dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit kanker payudara, Anda bisa mengkonsumsi sayuran berbonggol sekarang juga. 

2. Sayuran yang Memiliki Daun Hijau Gelap 

Selanjutnya, Anda harus tahu bahwa saat ini untuk mencegah kanker payudara banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran-sayuran yang memiliki daun hijau yang cukup gelap. 

Amunisi sayuran dengan daun hijau yang cukup gelap, cocok untuk seseorang yang ingin terhindar dari kanker payudara. Anda harus tahu semakin gelap dari warna daun maka akan semakin padat dan terikat juga nutrisi yang ada di dalamnya. 

Sayuran yang biasanya berwarna gelap memiliki kandungan antioksidan. Dengan adanya antioksidan maka akan membantu memerangi radikal bebas untuk saat ini. Anda harus tahu dengan adanya radikal bebas yang jahat, maka akan menimbulkan risiko kanker yang besar dan merusak sel-sel tubuh yang baik atau sehat. 

Anda bisa mengkonsumsi sayuran berupa bayam, brokoli, dan asparagus untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. 

3. Makanan yang Memiliki Kandungan Karotenoid 

Anda ingin terhindar dari kanker payudara? Maka mulai saat ini Anda bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karotenoid. Anda harus tahu bahwa karotenoid merupakan zat yang digunakan untuk mewarnai makanan, baik warna oranye, merah, dan kuning. Hal ini terdapat dalam buah-buahan atau sayur-sayuran. 

Anda bisa mendapatkan buah atau sayur yang mampu digunakan untuk mencegah kanker payudara, diantaranya yaitu kol, tomat, wortel, dan ubi jalar. 

Anda bisa mendapatkan buah dan sayur itu dengan mudah di Indonesia. Jadi, mulai sekarang Anda bisa mengolah makanan tersebut untuk mencegah kanker payudara. 

Memang belum ada penelitian lebih lanjut tentang ini, tetapi Anda bisa mengkonsumsi sayuran atau buah yang telah disebutkan tadi demi kesehatan saat ini. 

Anda bisa menambahkan buah atau sayur yang sudah disebutkan sebelumnya ke dalam olahan masakan setiap hari, demi mendapatkan dampak positif yang lainnya. 

4. Makanan yang Memiliki Kandungan Apigenin 

Selanjutnya, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan berupa apigenin. Apigenin merupakan antioksidan flavonoid yang bisa Anda temukan dengan mudah di dalam buah-buahan atau sayur-sayuran. Anda sudah tahu bahwa antioksidan merupakan zat yang punya sifat anti radang. 

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, oleh HHS Public acces menjelaskan bahwa makanan yang mengandung apigenin mampu untuk mencegah pertumbuhan dari sel-sel yang menyebabkan kanker payudara (HER 2). 

Tetapi, penelitian ini masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut, agar mendapatkan hasil yang cukup akurat. 

Anda bisa mendapatkan senyawa apigenin ketika mengkonsumsi makanan berupa seledri, bayam, kemangi, dan ketumbar. 

5. Makanan yang Tinggi akan Omega 3 

Anda sudah tahu bahwa omega 3 bukan lagi hal asing untuk didengar. Anda harus tahu bahwa omega 3 merupakan kandungan yang ada di dalam sayur atau buah-buahan memiliki peranan untuk mencegah yang namanya kanker, termasuk juga kanker payudara. 

Maka dari itu, biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3. Anda bisa mendapatkan omega 3 dengan mudah dalam ikan-ikanan dan buah layaknya alpukat dan minyak zaitun. 

Bagaimana dengan 5 rekomendasi makanan yang digunakan untuk mencegah kanker payudara? Anda pasti bisa mendapatkan sayuran yang telah disebutkan sebelumnya. Apalagi Anda tinggal di Indonesia yang mudah untuk mendapatkan makanan yang kaya akan kandungan tersebut. Olah makanan sendiri merupakan langkah yang bagus untuk mengurangi potensi kanker payudara. 

Itulah 5 makanan yang dapat membantu Anda dalam mencegah kanker payudara. Selain konsumsi makanan yang baik, Anda juga dapat melakukan pola hidup sehat lainnya seperti menjaga berat badan normal, aktivitas fisik, dan menghindari perilaku merokok serta konsumsi alkohol berlebih sebagai cara lain untuk mencegah kanker payudara.

Ingin tebus obat tanpa khawatir keluar rumah selama pandemi? Temukan solusi tebus obat mudah tanpa keluar rumah dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Referensi:

CDC. What Are The Symptoms of Breast Cancer?. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis