fbpx

Fluokortolon Pivalat

Sep 14, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Fluokortolon Pivalat merupakan salah satu obat kortikosteroid atau yang sering disebut steroid dengan jenis glukokortikoid, fungsi utamanya yaitu sebagai agen anti alergi, anti inflamasi, dan imunosupresan. Obat ini bertugas dengan cara menekan migrasi neutrofil, mengurangi produksi prostaglandin, serta menyebabkan dilatasi kapiler. Dengan cara kerja sedemikian rupa, kondisi peradangan yang dirasakan dalam tubuh akan mulai berkurang. 

Informasi

Karena termasuk dalam golongan obat Kortikosteroid atau steroid, Fluokortolon Pivalat merupakan obat topikal yang digunakan untuk bagian luar tubuh. Biasanya obat ini digunakan untuk mengatasi atau mengobati berbagai macam masalah yang muncul pada area kulit, seperti eksim atau dermatitis yang biasanya dimulai dengan gejala gatal dan kemerahan. Fluokortolon Pivalat tersedia dalam bentuk kemasan 5 mg dan 20 mg. 

Sebelum menggunakan Fluokortolon Pivalat, jika anda memiliki bagian kulit yang terinfeksi, memiliki rosacea atau jerawat, sedang hamil atau menyusui, atau memiliki reaksi alergi pada obat maka sampaikanlah semua kondisi yang anda alami kepada dokter.  Hal ini bertujuan demi keselamatan dan keamanan anda dalam menggunakan obat ini. Dokter akan memberikan resep dan dosis yang sesuai dengan gejala atau keluhan yang akan anda sampaikan. Jika informasi yang anda berikan salah atau ternyata anda berbohong, maka bukan salah dokter atau apoteker jika nanti akan ada efek samping yang muncul ketika menggunakan Fluokortolon Pivalat.

Dosis

Dosis yang diberikan untuk penggunaan Fluokortolon Pivalat tergantung pada kondisi dan tingkat keparahan kulit yang dikeluhkan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan dosis yang tepat anda harus mengkonsultasikan kondisi anda kepada dokter atau apoteker. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk digunakan oleh anak-anak, obat ini hanya khusus digunakan oleh orang dewasa. Meskipun termasuk obat luar, namun dalam penggunaannya anda tetap harus mematuhi petunjuk dan arahan dari dokter. Dosis yang kurang atau lebih akan memiliki dampak masing-masing yang justru akan merugikan anda. Untuk penggunaan bagi orang dewasa obat ini bisa digunakan sebanyak 3 kali dalam satu hari selama dua minggu. Jika dalam 2 minggu keluhan yang dirasakan tidak membaik atau justru mengalami gejala lain, maka segera hentikan pemakaian obat dan hubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Obat yang akan menyebabkan interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan Fluokortolon Pivalat adalah metamizole. Selain itu obat ini juga akan menyebabkan interaksi bagi anda yang merokok dan mengonsumsi alkohol dibarengi dengan penggunaan obat-obatan tertentu.

Kelompok Orang Berisiko

Jika anda mengalami atau memiliki gangguan kesehatan berikut ini maka ada kemungkinan menyebabkan pengaruh negatif jika anda mengonsumsi Fluokortolon Pivalat terutama pada kondisi :

  1. Penekanan adrenal
  2. Hipertensi
  3. Tuberkulosis
  4. Penyakit hati atau liver
  5. Gagal ginjal
  6. Glaukoma
  7. Perforasi kornea
  8. Epilepsi
  9. Ulkus peptik
  10. Gangguan afektif parah
  11. Hipotiroidisme

Efek Samping

Dalam penggunaan obat Fluokortolon Pivalat, efek samping yang seringkali ditemui adalah sebagai berikut :

  1. Rasa terbakar pada kulit
  2. Kulit menipis
  3. Kulit mengelupas
  4. Muncul stretch mark permanen pada bagian kulit yang diolesi
  5. Tumbuh rambut pada bagian kulit yang diolesi
  6. Steroid yang mungkin saja terserap dalam aliran darah.

Efek samping diatas memang tidak selalu terjadi pada setiap pengguna Fluokortolon Pivalat, ada beberapa kondisi yang lebih parah, kondisi ini biasanya disebabkan oleh reaksi alergi parah pada obat yang digunakan. Reaksi alergi terhadap obat ini dapat menunjukkan gejala sebagai berikut :

  1. Gatal-gatal yang parah
  2. Sesak nafas
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Sakit perut
  6. Pembengkakan pada daerah wajah, bibir, lidah, dan kerongkongan

Karena kondisi masing-masing orang berbeda, maka efek samping yang akan ditimbulkan juga akan berbeda. Jika saudara atau kenalan anda cocok dengan obat ini, maka belum tentu anda juga akan cocok. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi atau mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya konsultasikan kondisi yang anda alami kepada dokter atau apoteker. 

Cara konsumsi

Perhatikan aturan pemakaian Fluokortolon Pivalat berikut ini :

  1. Cuci tangan hingga bersih dan bersihkan area kulit yang bermasalah sebelum memulai pengobatan;
  2. Keringkan area kulit yang bermasalah;
  3. Ambil obat dengan jari atau aplikator lainnya, oleskan tipis-tipis pada permukaan kulit yang bermasalah;
  4. Jangan mengoleskan Fluokortolon Pivalat di bagian kulit yang sedang terinfeksi atau di bagian kulit dengan luka yang terbuka;
  5. Jangan menutup bagian kulit yang sedang bermasalah, kecuali jika dokter menganjurkan;
  6. Usahakan untuk menggunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya;
  7. Jangan mengurangi atau menambah dosis yang sudah disampaikan oleh dokter untuk hasil maksimal tanpa efek samping;
  8. Setelah menggunakan atau mengaplikasikan obat, cuci tangan hingga bersih, jangan memegang daerah mata atau mulut ketika masih ada sisa obat di tangan. Jika obat mengenai mata atau mulut segera bilas menggunakan air mengalir hingga bersih.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis