fbpx
BerandaHidup SehatKenali Bahaya dan Gejala COVID Asal India

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Penyebaran virus Corona masih belum usai. Malah, makin banyak varian virus ini yang muncul, dengan risiko penularan yang makin tinggi. Salah satu varian virus Corona yang diketahui sangat mudah menular adalah virus Corona varian Delta, yang berasal dari India. Lalu, bagaimana gejala COVID asal India ini dan bahaya yang ditimbulkannya? Simak penjelasannya berikut ini.

gejala-covid-asal-india

Apa Itu Virus Corona Varian Delta?    

Delta merupakan salah satu varian dari virus Corona yang saat menjadi penyebab pandemi di dunia. Varian Delta ini pertama kali ditemukan di Maharashtra, India, pada Oktober 2020. Pada saat itu, varian Delta ini dilabeli sebagai B.1.617.2. Virus Corona varian Delta ini merupakan varian virus Corona yang menjadi penyebab parahnya gelombang kedua COVID-19 di India.

Varian Delta dianggap sebagai varian virus Corona yang mengkhawatirkan, dikarenakan proses penularannya yang terjadi dengan begitu cepat. Alhasil, WHO yang sebelumnya menggolongkan varian ini sebagai Variant of Interest (VOI), mengubah statusnya menjadi Variant of Concern (VOC). Varian yang tergolong sebagai VOC, sifatnya lebih cepat menular dibanding virus aslinya. 

Lalu, seberapa cepat tingkat penularan virus Corona varian Delta ini? Varian Delta ini diklaim 60 persen lebih cepat menular, dibandingkan dengan virus Corona yang pertama kali muncul dan memicu pandemi. Makanya, tak mengherankan jika penyebaran virus Corona varian Delta ini, juga menimbulkan lonjakan kasus infeksi virus Corona di berbagai negara, seperti India dan Inggris.  

Tak hanya bisa menular dengan begitu cepat, virus Corona varian Delta ini juga diketahui memicu gejala yang lebih parah. Akibatnya, risiko seseorang yang terpapar virus Corona varian Delta untuk dirawat di rumah sakit, agar memperoleh perawatan yang intensif, juga semakin meningkat. Varian Delta ini diketahui juga berpengaruh dalam menurunkan efektivitas vaksin.

Apa Saja Gejala COVID Asal India?  

Varian Delta yang tergolong sebagai VOC, berisiko memicu timbulnya gejala yang lebih parah. Gejala yang disebabkan oleh virus Corona sendiri umumnya seperti demam, batuk kering, napas pendek, kelelahan ekstrim, menggigil, serta ketidakmampuan mengenali bau dan rasa. Selain gejala tersebut, ada gejala tambahan yang disebabkan oleh virus Corona varian Delta, yaitu:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Nyeri otot
  2. Sakit kepala
  3. Sakit tenggorokan
  4. Hidung tersumbat 
  5. Mual
  6. Muntah
  7. Diare
  8. Nyeri perut 
  9. Hilangnya nafsu makan
  10. Hilangnya pendengaran
  11. Pembekuan darah 
  12. Gangren atau matinya jaringan tubuh

Gejala COVID asal India yang sifatnya lebih parah inilah, yang membuat kondisi penderitanya lebih rentan jadi parah atau memburuk. Infeksi virus Corona varian Delta ini pula bisa memicu penyakit yang lebih parah pada penderitanya, dibandingkan dengan varian lainnya, utamanya sekali pada orang yang belum menerima vaksinasi.

Bagaimana Cara Agar Terhindar dari Covid Asal India?

Mengingat risiko bahaya COVID India ini melebihi yang ditimbulkan oleh varian virus Corona lainnya, tentu saja dibutuhkan perlindungan kesehatan yang lebih optimal, agar tidak tertular. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sendiri sudah memberikan rekomendasi berupa penggunaan masker ganda, untuk mencegah penularan virus Corona varian Delta ini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Masker ganda yang dimaksud adalah dengan menggunakan masker medis sebagai lapisan pertama, kemudian menggunakan masker kain sebagai lapisan kedua. Dengan menggunakan dua jenis masker sekaligus ini, maka akan bisa memberikan perlindungan optimal sebanyak 85 persen, dari penyebaran virus Corona, terutama virus Corona varian Delta. 

Selain dengan menggunakan masker ganda, tentu saja protokol kesehatan yang ketat tetap harus dijalankan juga. Menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas, merupakan protokol kesehatan yang harus dilakukan dengan sangat taat. Kemudian, dengan divaksinasi, juga akan meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko terinfeksi virus Corona. 

“Sangat disarankan untuk segera vaksin, sesuai anjuran/program pemerintah, dan tetap melakukan protokol kesehatan (5M), serta menjaga kesehatan pribadi/meningkatkan imunitas makan makanan sehat, konsumsi vitamin bila perlu, rutin berolahraga, berjemur” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terinfeksi Virus Asal India?

Prosedur yang harus dilakukan saat terinfeksi varian Delta, sama dengan saat terinfeksi virus Corona varian lainnya. Jika ciri-ciri COVID India tak terasa atau gejalanya tergolong ringan, jalanilah isolasi di rumah atau di fasilitas yang disediakan oleh pemerintah. Pastikan tempat isolasi memiliki ventilasi udara yang bagus, sehingga pertukaran udara bisa berlangsung. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika gejalanya tergolong sedang, lakukanlah isolasi mandiri dan juga mintalah penanganan dari rumah sakit. Bagi orang dengan gejala yang tergolong berat atau bahkan kritis, maka akan ditangani dengan intensif di HCU atau ICU rumah sakit. Jangan lupa untuk selalu menjalankan protokol kesehatan, saat sudah dikonfirmasi terinfeksi virus Corona dan mesti diisolasi.

Virus Corona varian Delta diketahui sebagai varian dengan tingkat penularan yang sangat cepat, serta bisa memicu gejala yang lebih parah, dibandingkan virus Corona asli. Gejala COVID asal India ini bahkan bisa berupa terjadinya pembekuan darah, serta matinya jaringan tubuh. Sebagai langkah pencegahan, pakailah masker ganda dan patuhi protokol kesehatan di mana pun berada.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman