fbpx
BerandaHidup SehatInformasi Lengkap Pemberian Vaksin Gotong Royong

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Melonjaknya angka kasus COVID-19 di tanah air saat ini memicu pemerintah untuk terus menggalakkan program vaksinasi. Salah satunya adalah lewat program vaksin gotong royong yang diharapkan akan mampu mempercepat pencapaian target vaksinasi. Program ini dikerjakan oleh pemerintah melalui Kementerian BUMN dan diatur melalui Permenkes No.10 Th.2021 tentang pelaksanaan vaksinasi.

vaksin-gotong-royong

Program vaksinasi gotong royong ini telah diselenggarakan mulai tanggal 17 Mei 2021. Vaksinasi ini akan ditujukan bagi karyawan BUMN beserta anggota keluarga, serta orang lain dalam keluarga. Vaksinasi ini sepenuhnya akan difasilitasi oleh pihak badan hukum atau badan usaha yang menaungi karyawan tersebut.

Aturan Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong

Perlu diketahui bahwa program vaksinasi yang satu ini berbeda dengan program vaksinasi yang sebelumnya sudah digelar oleh pemerintah. Masyarakat luas yang menerima program vaksinasi dari pemerintah tidak akan terganggu oleh adanya program baru tersebut. Vaksinasi gotong royong ini tidak akan menggunakan jenis vaksin yang digunakan oleh pemerintah.

Jatah vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat melalui program vaksinasi pemerintah tidak akan berkurang. Program dari Kementerian BUMN ini hanya diperbolehkan untuk menggunakan vaksin Sinopharm dan CanSino. Jenis vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavax, serta Pfizer tidak diperbolehkan untuk dipakai karena merupakan bagian dari program pemerintah.

Meskipun menggunakan jenis vaksin yang berbeda namun diharapkan tidak panik apalagi takut. Vaksin yang digunakan dan diberikan kepada masyarakat sudah pasti terjamin aman dan berkualitas. Keamanan vaksin itu sendiri sudah dijamin oleh BPOM sehingga tidak berbeda kualitas dan efektivitasnya dari vaksin yang diberikan pemerintah.

Persyaratan

Syarat vaksin gotong royong sangatlah mudah untuk dipenuhi karena sebagian besar akan ditanggung oleh pihak perusahaan. Sebelumnya pihak badan usaha yang menaungi karyawan harus melakukan pendataan dan pelaporan terlebih dahulu. Data karyawan beserta anggota keluarga yang akan ikut divaksin harus diserahkan terlebih dahulu. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pendaftaran akan dilakukan oleh pihak perusahaan. Perusahaan akan mengisi formulir pendataan program vaksinasi dan diserahkan kepada Kadin (Kamar Dagang dan Industri). Jika sudah dilakukan pendataan, maka seluruh karyawan dan anggota keluarga yang terdaftar bisa segera menerima vaksinasi dengan menunjukkan kartu identitas.

Cara vaksin gotong royong ini sebenarnya sama saja seperti proses vaksinasi yang diadakan pemerintah. Hanya saja pendataan akan langsung dilakukan oleh perusahaan. Selebihnya, jika sudah mendapatkan pemberitahuan dan jadwal vaksin maka bisa langsung datang ke lokasi vaksin. Proses penyuntikan pun sama seperti vaksin-vaksin lainnya dan harus tetap mengikuti protokol kesehatan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Biaya Vaksin Gotong Royong

Sesuai dengan keterangan sebelumnya, disebutkan bahwa program vaksin gotong royong ini sepenuhnya akan menjadi tanggungan badan usaha atau badan hukum. Jadi, secara otomatis penerima vaksin tidak perlu mengeluarkan biaya alias bisa mendapat vaksin secara gratis. Biaya pembelian vaksin akan ditanggung oleh perusahaan dan diatur oleh Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021.

Harga vaksin gotong royong Sinopharm ini adalah Rp321.660,00 per dosis. Sementara itu tarif maksimal pelayanan vaksin adalah Rp117.910,00 per dosis. Nilai ini sudah termasuk harga tertinggi per dosis vaksin yang akan dibeli oleh perusahaan penyelenggara program vaksinasi ini. Di dalamnya sudah termasuk 20% keuntungan serta biaya produksi.

Lokasi Vaksin Gotong Royong

Perlu diingat kembali bahwa program vaksin ini terpisah dari program vaksinasi oleh pemerintah. Tujuan utama dari pelaksanaan vaksin ini adalah untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi masyarakat. Tentu saja pelaksanaan vaksin tidak boleh mengganggu program utama yang dijalankan oleh pemerintah. Lokasi vaksinnya pun berbeda dari lokasi vaksinasi pemerintah.

Vaksinasi dapat dilakukan di tempat-tempat yang bukan merupakan fasilitas pemerintah. Vaksinasi ini dapat digelar di layanan kesehatan milik pihak swasta dan sudah memenuhi persyaratan. Diharapkan dengan adanya program vaksin yang berbeda tempat ini, proses vaksinasi berjalan lebih cepat dan efektif tanpa melanggar protokol kesehatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tetap Terdaftar Resmi

Lalu muncul pula pertanyaan, apakah layanan vaksin ini terdaftar secara resmi dan diakui oleh pemerintah? Jawabannya adalah ya! Vaksin ini tetap terdaftar resmi dan akan mendapat pengakuan pemerintah meskipun bukan program langsung pemerintah. Sama seperti masyarakat yang menerima vaksinasi dari pemerintah, peserta program vaksinasi gotong royong juga akan mendapat sertifikat.

Sertifikat vaksin ini akan diberikan kepada peserta vaksin dan bisa digunakan sebagai bukti yang sah. Peserta vaksin juga akan didaftarkan secara resmi di Kemenkes sehingga tercatat sebagai penerima vaksin COVID-19. Jadi, tidak ada perbedaan sebenarnya hanya saja jenis vaksin yang digunakan berbeda. Biayanya pun sama-sama gratis seperti fasilitas yang diberikan pemerintah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah penjelasan singkat mengenai program vaksin gotong royong. Program ini diharapkan bisa membantu proses vaksinasi berjalan lebih efektif. Semakin banyak jumlah warga yang divaksinasi maka akan semakin cepat kita keluar dari pandemi ini. Bagi Anda yang ingin mendapat vaksin, pastikan untuk berkonsultasi dulu kepada dokter apalagi jika ada penyakit bawaan yang diderita.

“Ikuti program vaksin sesuai anjuran untuk mempercepat terjadinya herd immunity. dan tetap lakukan prokes 5 m walaupun telah vaksin (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan/keramaian, mengurangi mobilitas)” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman