fbpx
BerandaHidup SehatAturan Pasca Vaksin COVID-19 yang Harus Dipatuhi

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia
Program vaksinasi COVID-19 terus dilakukan hingga detik ini. Pemerataan vaksin diharapkan bisa segera usai dan mengatasi masalah pandemi yang terus berlanjut. Sosialisasi juga terus dilakukan agar masyarakat bisa menerima vaksin COVID-19 dan melakukan prosedur yang tepat sebelum serta sesudah vaksinasi.

vaksin-covid19

Perlu diakui bahwa masih banyak jumlah masyarakat yang belum memahami betul apa saja aturan setelah menerima vaksin. Bahkan banyak juga yang melanggar protokol kesehatan karena merasa telah melalui vaksinasi. Kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai hal-hal apa saja yang bisa dilakukan setelah tubuh menerima vaksin demi keamanan dan keselamatan bersama.

Harapan setelah Vaksin COVID-19

Pasca menerima vaksin, tentu diharapkan tubuh bisa membentuk antibodi terhadap virus Corona. Vaksin diharapkan bisa bekerja efektif untuk membentuk kekebalan tubuh agar lebih tahan saat terpapar virus. Jika tubuh lebih kebal maka peluang untuk mengalami infeksi virus ini pun juga bisa diminimalkan. Pada akhirnya, tubuh menjadi lebih kuat dan virus akan kalah.

Jika setiap orang menerima vaksin dan bekerja secara efektif maka kekebalan tubuh akan terbentuk. Saat semakin banyak jumlah orang yang kebal terhadap COVID-19 maka semakin kecil juga penularan virus. Akibatnya, semakin sedikit jumlah penderita COVID-19 dan akhirnya tidak ada sama sekali. Inilah yang menjadi harapan dari program vaksinasi saat ini.

Aturan setelah Menerima Vaksin Corona

setelah-vaksin-bebas-bepergian

Sebelum menerima vaksin, petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan dan menganjurkan Anda untuk tidak melakukan hal-hal tertentu. Misalnya tidak mengonsumsi alkohol, beristirahat yang cukup, makan yang bergizi, dan menjaga kondisi tubuh. Lalu, apa yang perlu dilakukan setelah menerima vaksin?

Setelah tubuh mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 maka bukan berarti langsung bebas dan kebal secara otomatis. Tetap ada aturan yang harus dipatuhi agar efektivitas vaksin bisa bekerja secara optimal. Berikut akan dibahas beberapa aturan yang perlu dipatuhi setelah menjalani vaksinasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Perhatikan Perubahan Tubuh

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh. Vaksin yang beredar saat ini disebutkan memang tidak menimbulkan efek samping apapun. Namun reaksi tubuh masing-masing orang bisa saja berbeda. Anda harus cermat mengenali efek samping yang mungkin muncul setelah dilakukan vaksinasi. 

Jika muncul efek samping atau keluhan setelah proses vaksinasi, maka segera laporkan ke tenaga kesehatan terdekat. Mintalah bantuan dan cari solusi untuk mengatasi efek samping yang muncul. Tetap beristirahat agar efek samping yang ditimbulkan bisa segera mereda.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Tetap Batasi Mobilitas

Bukan berarti bahwa setelah vaksin bebas bepergian. Anda tetap harus membatasi mobilitas bahkan setelah menerima vaksin. Vaksinasi tidak memberikan kekebalan bagi tubuh Anda dalam waktu singkat. Apalagi saat ini jumlah orang yang divaksin masih sangat sedikit dibandingkan mereka yang belum menerima vaksin. Jadi, tetap batasi mobilitas dan jangan keluar rumah jika tidak diperlukan.

Lalu bolehkah ke luar kota setelah vaksin? Kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. Jika keperluan pergi ke luar kota tidak mendesak maka lebih baik ditunda. Selain itu penerima vaksin juga tetap harus mematuhi peraturan jika memang ingin ke luar kota. Misalnya dengan melakukan tes terlebih dahulu untuk memastikan tubuhnya negatif COVID-19.

  1. Selalu Kenakan Masker

Pemakaian masker juga tetap harus dilakukan setelah vaksinasi. Memakai masker menjadi salah satu hal wajib yang harus tetap dipatuhi selama pandemi belum dinyatakan usai. Bahkan setelah proses vaksinasi selesai merata sekalipun pemakaian masker tetap harus dilakukan.

  1. Jaga Kebersihan Diri

Kembali lagi pada protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama pandemi melanda. Anda juga tetap harus menjaga kebersihan diri meskipun sudah disuntik vaksin. Cucilah tangan secara berkala menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Jangan sampai merasa bebas dan lalai menjaga kebersihan diri karena telah merasa menerima vaksin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Hindari Kerumunan

Penerima vaksin juga tetap harus menjauh dari kerumunan. Menjaga jarak dan menjauh dari kerumunan juga merupakan bagian dari protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Tidak hanya bagi mereka yang belum menerima vaksin tapi juga bagi orang-orang yang sudah menjalani vaksinasi. Hindari berkerumun apalagi untuk kepentingan yang sebenarnya bisa ditunda.

  1. Bersiap Menerima Vaksin COVID-19 Kedua

Agar vaksin Corona bisa bekerja secara efektif maka perlu diberikan secara bertahap. Pemberian vaksin dilakukan sebanyak dua kali. Jika Anda sudah menerima vaksin tahap pertama maka bersiaplah untuk menerima vaksin tahap kedua. Tanyakan kepada tenaga kesehatan, kapan jadwal pemberian vaksin kedua. Anda harus mempersiapkan kondisi fisik agar sehat saat tiba waktu penyuntikan berikutnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi aturan yang harus dipatuhi setelah menerima vaksin COVID-19. Penerima vaksin harus tetap berhati-hati agar tidak terinfeksi di masa yang masih belum stabil ini. Selama mengikuti anjuran yang diberikan maka vaksin bisa bekerja efektif dan memberi perlindungan optimal. Segera konsultasikan kepada tenaga kesehatan apabila ditemukan keluhan sebelum maupun setelah menerima vaksin.

“Jika terjadi gejala demam dan nyeri pasca penyuntikan, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri dan demam seperti obat paracetamol dengan dosis yang sesuai dengan usia dan berat badan, penentuan dosis paracetamol bisa didapat dengan berkonsultasi dulu dengan dokter.” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin pcv

Vaksin PCV dan Penjelasan Lengkapnya

Hidup Sehat   30/09/2021
vaksin covid untuk anak

Vaksin COVID untuk Anak, Apa Syaratnya?

Hidup Sehat   30/09/2021
jenis vaksin

Jenis Vaksin Yang Digunakan di Indonesia, Apa Saja?

Hidup Sehat   29/09/2021
vaksin novavax

Novavax: Cara Kerja, Jadwal Pemberian, dan Efek Samping

Hidup Sehat   29/09/2021
efek vaksin pada varian baru covid

Vaksinasi dan Efeknya Pada Varian Baru COVID-19

Hidup Sehat   28/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman