fbpx

Bagaimana Tempat Kerja yang Sehat selama Pandemi?

Sep 24, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Sampai saat ini, berbagai negara masih dilanda pandemi COVID-19, termasuk Indonesia. Per tanggal 15 September 2002, Indonesia masih menduduki urutan ke-23 dengan jumlah kasus positif COVID-19 terbanyak di dunia. Hal ini tentu bukanlah kabar yang baik bagi kita semua. Jumlah kasus positif COVID-19 yang terus meningkat menandakan bahwa situasi kesehatan kita masih buruk.

Meski per tanggal 14 September 2020, DKI Jakarta memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar secara total. Gubernur DKI Jakarta menyebutkan bahwa jumlah kasus terbanyak berasal dari klaster perkantoran. Meski begitu beberapa provinsi lain masih melaksanakan PSBB transisi. Sehingga pusat-pusat perbelanjaan, restoran, termasuk perkantoran masih beroperasi namun dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Lalu bagaimana sih tempat kerja yang sehat selama pandemi? Ampuhkah dalam mencegah penularan COVID-19? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah dirangkum oleh Tim Lifepack berikut ini.

Tempat Kerja yang Sehat dan Aman Selama COVID-19

Bekerja di kantor selama pandemi, tentu menimbulkan perasaan khawatir baik pada karyawan maupun pengelola perusahaan. Namun dengan beberapa tips berikut ini, pengelola perusahaan dapat meminimalisir risiko penularan COVID-19. (Baca juga Macam-Macam Program Kesehatan Karyawan)

Pembentukan Tim Penanganan COVID-19

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07 tentan Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi, pembentukan tim ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Tim terdiri dari pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan kesehatan yang didukung dengan surat keputusan dari pimpinan perusahaan. Tim ini bertugas dalam menyebarkan informasi pencegahan dan perkembangan COVID-19 serta menegakkan peraturan terkait pencegahan COVID-19 yang berlaju di kantor. Sehingga kantor mendapat dukungan dalam menciptakan tempat kerja yang sehat.

Melakukan Pengukuran Suhu dan Penyediaan Alat Pelindung untuk Pencegahan COVID-19

Pengelola kantor harus melakukan pengukuran suhu tubuh kepada seluruh karyawan di depan pintu masuk kantor. Suhu tubuh merupakan faktor penting untuk mengetahui apakah karyawan sedang sakit atau mengalami gejala COVID-19. Selain itu, pengelola kantor juga sebaiknya menyediakan fasilitas alat pelindung untuk mencegah COVID-19 seperti masker, face shield, sarung tangan, dan hand sanitizer. Alat-alat tersebut dapat disediakan di kantor maupun diberikan langsung kepada karyawan agar dapat dipakai dalam perjalanan menuju dan setelah pulang kantor.

Tegaskan kepada karyawan untuk selalu menggunakan alat pelindung selama di area kantor ataupun perjalanan menuju dan setelah pulang kantor guna menghindari penularan COVID-19. Jangan segan untuk menegur orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan untuk kepentingan bersama.

Pengelola kantor juga sebaiknya meningkatkan jumlah sarana cuci tangan di lingkungan kantor untuk mempermudah karyawan dalam menjaga kebersihan. Sehingga kantor menjadi tempat kerja yang sehat dan aman.

Mengatur Jam Kerja

Jika pada situasi normal kantor dapat memberlakukan jam lembur, pada situasi pandemi pengelola kantor sebaiknya mengatur jam kerja menjadi lebih singkat. Hal ini ditujukan agar karyawan tidak kehilangan waktu untuk istirahat yang dapat menyebabkan penurunan kekebalan tubuh.

Melakukan Physical Distancing

Selama bekerja, sebaiknya karyawan diwajibkan untuk melakukan pembatasan secara fisik atau physical distancing. Hal ini dapat diatur mulai dari pengaturan meja kerja (workstation) dan pembatasan-pembatasan lain yang dapat mencegah penularan COVID-19 di kantor.

Pemberian Izin Tidak Masuk Kepada Karyawan yang Sakit

Pada masa pandemi seperti saat ini, sebaiknya pihak pengelola kantor mempermudah proses administrasi perizinan tidak masuk bagi karyawan yang sakit. Hal ini demi mencegah penularan COVID-19 maupun penyakit lainnya di kantor.

Menjaga Kebersihan Kantor

Kebersihan kantor merupakan kunci dri tempat kerja yang sehat. Pada situasi pandemi, kantor harus lebih sering dibersihkan dibanding pada situasi normal. Mengapa? Hal ini untuk mencegah virus-virus atau patogen penyebab penyakit lainnya menempel pada permukaan benda-benda di kantor. Pengelola dapat melakukan pembersihan dengan pengelapan atau penyemprotan cairan desinfektan yang dilakukan secara berkala. dr. Irma Lidia, salah satu dokter Lifepack juga menambahkan ketika makan siang tidak mungkin menggunakan masker, sehingga perlu pengaturan untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. Aturlah makan siang di ruangan yang besar dengan tetap menjaga jarak fisik dan mematuhi protokol kesehatan.

Itulah cara yang dapat menjaga kantor tetap sehat selama pandemi. Semoga bermanfaat. (Baca juga Pelajari Mengapa Klaster Perkantoran Covid-19 Muncul).

Ingin tebus obat tapi khawatir keluar rumah selama pandemi? Dengan mengunduh aplikasi Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa harus keluar rumah. Obat juga dapat diantar ke kantor sesuai dengan alamat pesanan. Selain itu, dengan Lifepack Anda melakukan konsultasi dengan dokter secara gratis. Unduh aplikasinya yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis