fbpx
BerandaHidup SehatApa Saja Ciri-Ciri Payudara yang Normal dan Sehat?

Salah satu bagian tubuh wanita yang memerlukan perawatan adalah payudara. Sehingga memahami kondisi kesehatan payudara merupakan hal yang sangat penting. Namun, tidak jarang para wanita abai akan payudara. Padahal perannya ketika melahirkan dan menyusui sangat besar.

ciri-ciri-payudara-sehat

Lalu apa saja sih ciri-ciri payudara yang sehat dan normal? Simak pada penjelasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Ciri-Ciri Payudara Normal

Bagi Anda yang masih belum memahami bagaimana kondisi payudara anda, ciri-ciri payudara normal sangat perlu untuk diketahui. Anda dapat mulai dari memeriksa apakah payudara Anda normal dan sehat atau tidak. Ciri-ciri payudara normal, antara lain:

1. Ukuran Payudara Besar Sebelah atau Tidak Sama

Ya, mungkin Anda cemas memiliki ukuran payudara yang besar sebelah. Anda ragu apakah bentuk payudara ini normal atau tidak. Jawabannya adalah sangat normal. Payudara yang besar sebelah bisa terjadi pada anak-anak perempuan yang masih dalam masa pubertas dan wanita di usia 20-an. Hal ini terjadi karena payudara berkembang saat secara perlahan. Terkadang payudara yang satu berkembang lebih cepat dibanding yang sisi lainnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk kondisi yang satu ini.

2. Bentuk dan Warna Puting

Pada sebagian wanita, puting dapat berbentuk kencang atau mengeras saat diraba atau ketika udara dingin, namun pada sebagian wanita lainnya tidak. Hal ini adalah hal yang sangat normal. Selain itu sebagian puting wanita berbentuk menonjol keluar, sedangkan sebagian lagi justru menonjol ke dalam. Puting yang menonjol ke dalam biasanya dikarenakan jaringan yang menghubungkan ke puting payudara Anda lebih pendek. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ini adalah ciri-ciri payudara normal dan sehat. Payudara tetap dapat berfungsi dengan normal. 

Ukuran puting juga dapat berubah selama masa kehamilan, dan itu adalah hal yang normal. Namun jika ukuran puting berubah disertai kulit yang mengelupas di area puting atau payudara mengeluarkan cairan selain susu, maka Anda perlu mengonsultasikannya ke dokter karena hal tersebut merupakan indikasi kanker.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pada warna puting, biasanya dapat berubah sesuai dengan kondisi. Kadang puting dapat berwarna lebih cerah dan lebih gelap tergantung kondisi suhu, kehamilan, atau usia.

Selain bentuk dan warna, terkadang muncul rambut halus yang tumbuh di area puting (areola). Hal ini sangat normal dan tidak perlu Anda cemaskan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Payudara Membengkak

Terkadang Anda merasa payudara seperti membengkak. Apakah hal itu normal? Ya! Biasanya payudara terasa seperti membengkak pasca periode menstruasi. Kadang bengkak juga disertai rasa nyeri di area payudara. Hal ini disebabkan perubahan hormon yang terjadi selama periode menstruasi.

Ciri-Ciri Payudara Sehat

Setelah mengetahui payudara yang normal, tentu Anda jadi penasaran dengan ciri-ciri payudara sehat. Apa saja sih? Berikut ciri-ciri payudara sehat.

1. Tidak Terdapat Benjolan

Ciri-ciri pada payudara yang sehat, biasanya tidak terdapat benjolan di area sekitar payudara. Mengapa? Karena benjolan pada payudara mengindikasikan tumor atau kanker. Ketika Anda merasa terdapat benjolan pada payudara Anda, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

2. Terasa Sakit

Bukankah rasa nyeri pada payudara adalah hal yang normal? Ya, rasa nyeri pada payudara dikatakan normal bila terjadi pada periode tertentu, seperti saat menstruasi. Namun jika rasa nyeri tidak kunjung hilang bahkan jauh setelah periode menstruasi, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Tidak Mengeluarkan Cairan

Ciri-ciri payudara normal dan sehat biasanya akan mengeluarkan cairan berupa air susu saat periode menyusui. Namun jika payudara mengeluarkan cairan selain susu, hal ini bisa jadi merupakan sebuah masalah yang perlu Anda konsultasikan kepada dokter.

4. Kulit Payudara Sehat

Bagaimana kulit payudara dapat dikatakan sehat? Ya, kulit payudara dapat dikatakan sehat jika tidak kering, pecah-pecah, mengelupas, atau bersisik. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah informasi mengenai ciri payudara yang normal dan sehat. Anda dapat memeriksa kondisi payudara Anda secara berkala dengan melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Namun jika Anda merasa ada yang mengganjal atau tidak normal, Anda dapat memeriksakannya ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Jika Anda ingin mengobati kanker payudara, coba Femara 2.5 mg. FEMARA 2.5 MG TABLET obat yang di gunakan untuk mengobati kanker payudara stadium awal pada wanita menopause. Femara mengandung Letrozole yang berfungsi mengatur konsentrasi hormon pada wanita. Dalam penggunaan obat ini HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Kini Anda bisa melakukan konsultasi dokter online hanya dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Unduh aplikasinya sekarang dan nikmati kemudahannya!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman