fbpx
BerandaKesehatan KerjaMacam-Macam Program Kesehatan Karyawan

Kesehatan merupakan unsur yang sangat penting bagi semua orang. Sesuai dengan definisi World Health Organization, kesehatan adalah keadaan sejahtera fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan hanya tidak ada penyakit. Sedangkan menurut Kementerian Kesehatan RI yang termaktub dalam UU No. 23 tahun 1992, kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk produktif secara sosial dan ekonomis.

program-kesehatan-karyawan

Jika ditarik kesimpulan, maka kesehatan merupakan keadaan sejahtera secara fisik, mental, dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk produktif secara sosial dan ekonomis. Seseorang dapat dikatakan sehat jika kondisi fisik, mental, dan sosialnya dalam keadaan baik sehingga orang tersebut dapat produktif.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kesehatan merupakan unsur yang sangat penting bagi semua orang termasuk karyawan. Karyawan merupakan aset terpenting dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Keberadaannya sangat berpengaruh terhadap maju atau mundurnya perkembangan suatu perusahaan atau organisasi. Sehingga tidak heran, mengapa perusahaan perlu memikirkan program manfaat kesehatan yang baik bagi karyawannya. Hal ini guna mendukung kondisi kesehatan karyawan agar tetap dapat bekerja secara produktif dan menghasilkan kinerja yang baik.

Apa Saja Program Kesehatan Karyawan?

Bagi pengelola perusahaan atau organisasi mungkin Anda kini bertanya-tanya apa saja program kesehatan bagi karyawan yang dapat Anda coba. Berikut macam-macam program karyawan yang dapat Anda coba terapkan di perusahaan.

1. Program Kesehatan Karyawan Swasta

Biasanya jenis program kesehatan yang paling sering diberikan kepada karyawan adalah asuransi, salah satunya adalah asuransi kesehatan swasta. Dengan adanya asuransi kesehatan swasta, karyawan memiliki hak atas jaminan kesehatan sesuai dengan manfaat yang telah ditentukan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Besaran dan jumlah manfaat kesehatan yang diberikan mungkin dapat berbeda-beda antar karyawan sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan dengan karyawan bersama pihak asuransi. Sehingga penting bagi pengelola perusahaan untuk menjelaskan secara rinci kesepakatan mengenai program kesehatan yang diberikan oleh perusahaan.

2. Program Kesehatan Pemerintah

Selain program kesehatan swasta, jenis program kesehatan lainnya yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawan adalah program kesehatan pemerintah. Pemerintah meluncurkan satu program kesehatan untuk karyawan, yakni BPJS Ketenagakerjaan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program jaminan kesehatan yang diluncurkan pemerintah bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Jaminan ini terdiri dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua. Jaminan ini dapat diambil atau dimanfaatkan oleh karyawan dalam kondisi yang sesuai dengan kesepakatan.

Jenis Manfaat Program Kesehatan

Selain dua program kesehatan di atas, terdapat macam-macam jenis manfaat kesehatan di dalamnya, antara lain:

1. Manfaat Rawat Jalan

Umumnya dalam program kesehatan karyawan terdapat manfaat kesehatan rawat jalan. Perawatan rawat jalan biasanya berupa layanan konsultasi dan penebusan resep obat ketika karyawan mengalami sakit. Karyawan dapat melakukan klaim biaya untuk perawatan rawat jalan yang dialaminya dengan adanya manfaat rawat jalan.

2. Manfaat Rawat Inap

Pelayanan rawat inap dapat dilakukan oleh karyawan jika karyawan didiagnosis suatu penyakit dan harus menjalani perawatan berdasarkan saran dari dokter. Manfaat ini juga mencakup berbagai tindakan medis sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan adanya manfaat rawat inap, karyawan dapat melakukan klaim biaya atas biaya yang dikeluarkannya untuk perawatan rawat inap yang dijalaninya.

3. Manfaat Kelahiran

Biasanya manfaat yang satu ini diberikan kepada pekerja wanita yang sudah menikah dan akan melahirkan. Seperti manfaat lainnya, jumlah dan manfaat yang diberikan sesuai dengan kesepakatan. Biasanya manfaat mencakup biaya proses persalinan dan perawatan rawat inap hingga karyawan dan bayinya pulih dan keluar dari rumah sakit.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Santunan Kematian

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada karyawan, yakni kematian. Salah satu manfaat kesehatan yang dapat berikan adalah santunan kematian. Santunan ini diberikan kepada keluarga karyawan sebagai tanda atas jasa dan pengabdian yang diberikan karyawan kepada perusahaan atau organisasi. 

Program Kesehatan Inovatif yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Karyawan

Selain program kesehatan di atas, pengelola perusahaan juga dapat membuat beberapa program kesehatan inovatif yang dapat meningkatkan kesehatan karyawan. Sehingga karyawan dapat memanfaatkannya untuk tetap sehat dan fit selama bekerja.

1. Menyediakan Makanan Sehat

Pengelola perusahaan dapat memulai program kesehatan inovatif yang dapat meningkatkan kesehatan karyawan dengan menyediakan makanan sehat bagi karyawan. 

Makanan sehat dapat berupa makanan yang mengandung cukup nutrisi dan tidak berlebihan. Makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang tinggi dapat membantu mendukung kesehatan karyawan. Perusahaan juga dapat menyediakan vitamin daya tahan tubuh di kantor seperti KONILIFE IMUNEA – DAYA TAHAN TUBUH – 30 KAPLET (Rp115.500) yang dapat diminum oleh karyawan setiap hari.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Lingkungan Kerja yang Bersih

Dengan lingkungan yang bersih, tentu karyawan dapat bekerja dengan lebih nyaman dan tenang. Lingkungan yang bersih juga menghindarkan karyawan dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor.

3. Tunjangan Olahraga atau Kegiatan Olahraga Rutin

Selain makanan sehat dan lingkungan bersih, pengelola perusahaan atau organisasi dapat menyediakan tunjangan olahraga di fasilitas olahraga umum seperti gym. Hal ini akan membuat karyawan lebih mudah mengakses fasilitas olahraga untuk membuat tubuhnya tetap sehat dan fit selama bekerja. Selain tunjangan olahraga, pengelola perusahaan atau organisasi juga dapat mengadakan kegiatan olahraga rutin bersama seperti mengadakan futsal, badminton, atau kegiatan olahraga lainnya yang dilakukan bersama-sama secara rutin.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Lifepack untuk Mendukung Program Kesehatan Karyawan Anda

Lifepack merupakan layanan apotek digital yang dapat mendukung program kesehatan karyawan untuk perusahaan Anda. Kami hadir dengan tujuan memudahkan karyawan dalam mengakses obat-obatan. Obat-obatan yang tersedia di Lifepack dijamin aman dan asli 100%.

Lifepack menyediakan layanan penebusan resep obat yang dapat Anda akses dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Karyawan dapat menebus resep obat hanya dengan mengambil foto atau mengunggah foto resep yang diberikan oleh dokter.

Setelah pesanan diproses, obat akan diantar ke alamat yang sesuai dengan alamat yang dicantumkan pada pesanan. Selain itu Lifepack juga menyediakan layanan konsultasi dokter online yang juga dapat karyawan akses di aplikasi Lifepack. 

Kini karyawan tidak perlu khawatir untuk melakukan penebusan resep obat karena Lifepack punya solusi mudahnya! Karyawan dapat tetap menjangkau obat-obatan dengan mudah, aman, dan nyaman meski dari rumah. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, bepergian keluar rumah tentu menimbulkan rasa khawatir di benak karyawan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Risiko penularan COVID-19 yang terus mengintai tidak bisa dibiarkan begitu saja. Bersama Lifepack, Anda dapat menjaga kesehatan karyawan tanpa khawatir. Penebusan resep obat yang dapat dilakukan meski dari rumah dan layanan konsultasi yang dapat diakses dengan mudah sangat membantu karyawan menjaga kesehatannya dan tetap di rumah selama pandemi.

Berikan manfaat pengobatan terbaik untuk karyawan Anda. Layanan Lifepack dapat disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Lifepack, apotek online yang dapat dirancang sesuai kebutuhan perusahaan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

Undang-Undang No. 32 Tahun 1992 tentang Kesehatan.
World Health Organization. Constitution. Diakses pada 2020.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis asuransi karyawan

8 Jenis Asuransi Karyawan

Kesehatan Kerja   21/02/2022

Cara Menghitung Tetesan Infus untuk Pasien

Dokter   27/01/2022

Cara Mendapatkan Donor Plasma Darah Konvalesen

Hidup Sehat   10/01/2022
tunjangan pengobatan

Mengenal Tunjangan Pengobatan dari Perusahaan

Kesehatan Kerja   13/07/2021
motivasi-mendaftar-kerja

14 Faktor Pendorong Motivasi Mendaftar Kerja

Kesehatan Kerja   25/04/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman