fbpx

6 Olahraga yang Baik untuk Jantung Sehat

Sep 24, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Sebagai salah satu organ paling vital pada tubuh, jantung harus terus dijaga kesehatannya. Gangguan pada jantung dapat menurunkan kualitas hidup Anda dan bahkan bisa berakibat fatal. Perlu adanya usaha untuk terus menjaga kesehatan jantung melalui gaya hidup yang baik. 

Selain berusaha untuk memastikan bahwa asupan gizi Anda seimbang, olahraga rutin juga merupakan cara yang jitu dalam meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa individu yang berolahraga secara teratur dapat menghindari risiko gangguan jantung hingga 50%. 

Olahraga Untuk Jantung Sehat

Bentuk-bentuk olahraga yang disarankan pun sesungguhnya cukup sederhana. Berikut ini daftar olahraga terbaik untuk jantung (Baca juga Olahraga Aman untuk Penderita Jantung). 

1. Jalan Kaki

Kegiatan pertama yang disarankan adalah berjalan kaki, terutama jalan kaki cepat atau brisk walking. Hal positif yang didapatkan dari melakukan aktivitas ini setidaknya 20 menit sehari adalah meningkatnya detak jantung dengan stabil. Selain itu, risiko cedera saat berjalan kaki lebih rendah dibandingkan aktivitas olahraga lainnya karena sendi-sendi tubuh tidak terlalu dipaksa untuk bekerja. 

Asalkan Anda menggunakan sepatu yang tepat, olahraga ini dapat dilakukan dengan nyaman. Sayangnya, saat ini banyak orang yang kurang berjalan kaki, terutama mereka yang tinggal di area perkotaan karena akses terbatas. Solusi mengatasinya adalah brisk walking dalam ruangan atau menggunakan treadmill.

2. Renang 

Berenang merupakan bentuk olahraga kedua yang sangat baik untuk menunjang kinerja jantung. Dengan berenang, jantung berkontraksi sehingga ruangan-ruangannya membesar dan membuat aliran darah Anda menjadi lebih lancar. Berenang juga membantu meningkatkan kelenturan endothelium atau dinding bagian dalam arteri sehingga pembuluh darah tidak mudah rusak. Karena berenang memanfaatkan seluruh bagian tubuh, otot-otot tubuh akan menjadi semakin kuat. 

Kemampuan bernafas pun menjadi lebih baik karena olahraga ini melatih tubuh untuk meningkatkan kapasitas udara di paru-paru. Disarankan untuk berenang setidaknya 30 menit sehari dengan rutin. Hal penting lainnya adalah melakukan pemanasan yang cukup sebelum masuk ke air.

3. Bersepeda

Satu bentuk olahraga yang menyenangkan dan patut dicoba untuk menjaga kesehatan jantung adalah bersepeda. Olahraga ini menstimulasi jantung untuk bekerja dan juga menguatkan otot-ototnya. Studi juga menunjukkan bahwa kadar lemak di dalam darah dapat diturunkan dengan bersepeda secara teratur. Bersepeda juga mengkombinasikan kinerja dari hampir seluruh bagian tubuh sehingga otot-otot Anda akan menjadi lebih fleksibel. Ahli menyarankan untuk bersepeda sekitar 30 menit sehari. Banyak orang sudah mulai menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Selain karena alasan kesehatan, moda transportasi ini juga mengurangi emisi karbon harian.

4. Angkat Beban 

Apabila Anda tertarik untuk tidak hanya meningkatkan kinerja jantung tetapi juga membentuk otot-otot tubuh, latihan beban atau weight training merupakan bentuk olahraga yang tepat. Olahraga ini juga cocok bagi pekerja kantoran yang tidak memiliki banyak kesempatan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Anda bisa saja mendaftarkan diri ke gym dan memperoleh bimbingan dari pelatih ahli untuk melakukan olahraga ini. Tetapi, latihan beban pun juga memiliki bentuk-bentuk sederhana dan dapat dilakukan sendirian di rumah seperti push-up, sit-up, hingga squats.Tantangan terbesar melakukan latihan beban seorang diri di rumah adalah menjaga konsistensi. Setidaknya Anda perlu mempraktikkannya selama 30 menit sehari dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

5. Dance 

Kegiatan lain yang baik untuk jantung dan menyenangkan adalah menari. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin menari memiliki risiko serangan fatal penyakit jantung lebih rendah hingga 46%. Menari membuat jantung memompa darah dengan lebih cepat sehingga metabolisme tubuh terjaga. Selain itu, aktivitas ini juga membuat koordinasi bagian-bagian tubuh menjadi lebih baik. Studi menunjukkan indikasi bahwa menari meningkatkan kualitas kesehatan mental penari. 

Aktivitas ini juga mendorong Anda untuk bersosialisasi dengan orang lain, terutama dalam bentuk tarian berpasangan seperti salsa dan tango. Terdapat berbagai jenis kelas menari yang dapat diikuti oleh pemula. Meskipun begitu, Anda juga bisa memilih untuk melakukan kegiatan ini sendiri di rumah setidaknya 30 menit sehari diiringi musik favorit.

6. Tai Chi 

Tai Chi adalah salah satu bentuk olahraga yang disarankan apabila Anda tidak ingin terlalu memaksa otot-otot tubuh bekerja, tetapi ingin meningkatkan kesehatan jantung. Gerakan tubuh di dalam Tai Chi cukup sederhana sehingga olahraga ini cocok untuk kalangan dari berbagai usia dan tingkat kesehatan. 

Pada intinya aktivitas ini melatih stabilitas pernapasan, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh. Tubuh digerakkan dengan perlahan namun penuh intensi. Idealnya aktivitas ini dilakukan di pagi hari selama kurang lebih 30 menit. Banyak peserta Tai Chi yang melaporkan bahwa mereka merasa lebih bersemangat menjalani hari setelah mempraktikkan gerakan-gerakan tersebut di pagi hari. Tai Chi juga diketahui mampu mengurangi tingkat stres.

Kata kunci utama dari olahraga-olahraga yang telah disebutkan di atas adalah konsistensi. Setiap harinya Anda tidak perlu berolahraga dalam waktu yang lama, tetapi kegiatan tersebut harus dilakukan secara teratur. Pilihlah bentuk olahraga yang menurut Anda paling memungkinkan untuk dilakukan dalam jangka panjang. Gunakan instrumen-instrumen penunjang seperti musik untuk memotivasi kegiatan berolahraga.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis