fbpx
BerandaObatPerbandingan Jenis Vaksin Corona dan Efek Samping yang Ditimbulkan

Vaksin menjadi jalan bagi masyarakat saat ini untuk sampai di akhir pandemi. Namun tak semudah yang dibayangkan, proses distribusi dan pemberian vaksin tidak bisa dilakukan sekejap mata. Pemberian vaksin Corona saat ini memang sudah berjalan namun dibutuhkan kedisiplinan dari kita semua untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

vaksin-corona

Masyarakat juga wajib tahu bahwa ada lebih dari 1 jenis vaksin yang akan digunakan di Indonesia. Beberapa pilihan vaksin ini memiliki sifat yang berbeda meskipun tujuannya sama yaitu membentuk imunitas terhadap virus Corona. Berikut akan dibahas perbandingan 6 jenis vaksin serta efek samping yang bisa ditimbulkan (Baca juga Obat Rutin Pasien Penyakit Kronis setelah Pemberian Vaksin COVID-19).

Perbandingan Vaksin Corona

1. Astrazeneca

Jenis vaksin yang satu ini merupakan vaksin vektor adenoviral rekombinan yang memakai sebagian materi genetik patogen, SARS-CoV-2. Materi genetik ini digunakan untuk merangsang munculnya respon imun pada tubuh. Tingkat efikasi atau efektivitas perlindungan dari vaksin ini disebut mencapai lebih dari 70%.

Jenis vaksin ini tergolong aman dan cocok untuk didistribusikan ke masyarakat dalam jumlah besar. Orang dengan kondisi penyakit kronis juga disebut aman untuk menerima vaksin ini. Namun, perlu diketahui bahwa dibutuhkan suntikan penguat secara berkala agar efektivitas vaksin tetap terjaga. Salah satu efek samping yang cukup kuat dari vaksin ini adalah rasa mengantuk dan lelah berlebihan. 

2. Moderna 

Vaksin penghalau COVID-19 yang satu ini memanfaatkan messenger RNA. Vaksin ini akan bekerja mengarahkan sel untuk membuat bagian protein S yang juga ditemukan pada virus Corona. Setelah terbentuk, maka sistem kekebalan tubuh akan mengenali hal tersebut sebagai anomali dan mulai membentuk antibodi. Tingkat efektivitas perlindungan vaksin ini diketahui mencapai lebih dari 80%.

Vaksin ini menurut rencana akan disuntikkan kepada golongan penduduk berusia lebih dari 18 tahun. Pemberian vaksin dilakukan lewat 2 kali suntikan. Suntikan kedua akan diberikan 28 hari setelah pemberian suntikan pertama. Tidak ditemukan efek samping berarti pada individu yang sehat. Namun pada sebagian orang bisa saja muncul reaksi alergi berupa gatal-gatal dan bengkak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Pfizer Inc and BioNTech

Vaksin Corona yang satu ini disebut juga dengan nama BNT 162b2 dan sama seperti jenis sebelumnya, ia menerapkan teknologi mRNA. Vaksin ini mengandung kode genetik dari virus yang akan masuk ke tubuh. Tubuh akan mengenali kode genetik tersebut sebagai bentuk anomali dan mulai terbentuklah antibodi. Tingkat efikasi atau efektivitas perlindungan vaksin ini diketahui mencapai 95%. 

Vaksin ini akan didistribusikan untuk golongan orang dengan usia 16 tahun ke atas. Tergolong aman, vaksin ini juga tidak menunjukkan reaksi negatif pada individu yang sehat. Efek samping yang ditimbulkan meliputi nyeri pada bagian tubuh yang disuntik dan rasa mengantuk.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Sinovac

Ini dia jenis vaksin yang cukup populer tersebar di masyarakat luas. Nama vaksin ini memang pemberi harapan bagi masyarakat di Indonesia untuk bisa bebas dari wabah. Vaksin ini mengandung virus yang telah dimatikan dan akan memicu munculnya antibodi saat disuntikkan ke tubuh. Tubuh akan mengenali vaksin ini sebagai virus pemicu COVID-19. 

Proses penyuntikan vaksin dilakukan sebanyak 2 kali dan tidak ditemukan reaksi negatif pada individu yang sehat. Efektivitas perlindungan dari vaksin ini disebutkan lebih dari 65%. Beberapa efek samping yang mungkin muncul juga tergolong ringan seperti demam, rasa mengantuk, mual, juga nyeri pada bagian yang disuntik.

5. Novavax

Pilihan vaksin lainnya yang juga akan didistribusikan adalah Novavax. Vaksin ini dikembangkan oleh Amerika Serikat dan menggunakan konsep tradisional. Vaksin mengandung spike protein yang dibuat mirip dengan spike milik virus Corona. Hasilnya, saat vaksin disuntikkan ke tubuh maka tubuh akan mengenalinya sebagai virus dan membentuk antibodi.

Vaksin Novavax juga diketahui mengandung matrix-M yang mampu meningkatkan respon antibodi dalam tubuh. Vaksin ini diketahui memiliki nilai efektivitas perlindungan sebesar 89,3%. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari vaksin ini adalah demam, nyeri otot, sakit kepala, muntah, hingga bengkak di area suntikan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Sinopharm

Vaksin berikutnya yang juga bisa didapatkan adalah Sinopharm. Vaksin ini terbuat dari virus Corona yang telah dimatikan atau disebut inactivated virus. Tubuh akan menerima vaksin ini dan menganggapnya sebagai virus yang masuk. Setelah itu antibodi akan terbentuk untuk melawan virus tersebut. Menurut uji klinis, didapatkan nilai efektivitas perlindungan sebesar 79,34% dari jenis vaksin ini.

Vaksin Sinopharm sudah dipastikan aman dan hanya memberikan efek samping ringan hingga sedang. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi seperti demam ringan, kelelahan, sakit kepala, dan nyeri di bagian suntikan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack, “Vaksin-vaksin tersebut memiliki platform yang berbeda dengan cara penyimpanan, dosis dan interval suntik yang  berbeda. Namun vaksin tersebut telah menunjukkan efektivitas dan keamanan yang baik dan memenuhi syarat untuk digunakan saat pandemi ini oleh WHO.”

Itulah perbandingan jenis vaksin beserta efek samping yang mungkin muncul. Setiap orang tentu bisa mendapatkan reaksi yang berbeda-beda. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh dan berkonsultasi sebelum menerima vaksin Corona.

Jika Anda mengalami reaksi demam, Anda bisa meredakannya dengan konsumsi obat paracetamol atau ibuprofen. Panadol Biru 10 Kaplet – Paracetamol 500 mg – Mengobati Demam, Nyeri & Sakit Kepala aman dikonsumsi setelah vaksin.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

golongan obat

Ketahui 7 Golongan Obat yang Bisa Dibeli di Apotek

Obat   28/05/2022
obat keputihan di apotek

5 Obat Keputihan di Apotek

Obat   27/05/2022
obat biduran di apotek

10 Obat Biduran di Apotek

Obat   27/05/2022
aplikasi beli obat di apotek

Aplikasi Beli Obat Online: Apotek Lifepack

Telemedik   26/05/2022
obat vertigo

10 Rekomendasi Obat Vertigo di Apotek

Obat   25/05/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman