fbpx
BerandaHidup SehatKadar Trombosit Normal dan Cara Menjaga Kestabilannya

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Darah manusia terdiri atas 4 komponen penting, salah satunya adalah trombosit atau keping darah. Layaknya komponen darah yang lain, trombosit memegang peranan penting dalam tubuh, seperti membentuk bekuan darah. Makanya, Anda harus menjaga agar kadar trombosit normal dalam tubuh. Simak ulasan berikut ini mengenai trombosit, peran, serta cara menjaga kestabilannya. 

trombosit-normal

Apa Itu Trombosit? 

Trombosit merupakan sel yang beredar dalam darah dan akan melekat antara satu dengan yang lainnya saat ada kerusakan pada pembuluh darah. Saat seseorang terluka dan mengeluarkan darah, maka trombosit akan membentuk bekuan darah pada lokasi pembuluh darah yang rusak tersebut, sehingga terjadinya pendarahan pun bisa dicegah. 

Dalam kondisi normal, dimana tak ada terjadi kerusakan pada pembuluh darah, trombosit berada dalam bentuk non-aktifnya, yakni seperti piring berukuran kecil. Namun, saat pembuluh darah mengirim sinyal pada trombosit saat terjadi luka, trombosit akan bertransformasi ke dalam bentuk aktifnya, yang menyerupai laba-laba atau gurita dengan tentakelnya. 

Jumlah normal trombosit manusia dalam tubuh berkisar antara 150.000 hingga 450.000 trombosit per mikroliter darah. Seseorang yang jumlah trombositnya melebihi 450.000 per mikroliter darah, berada dalam kondisi trombositosis. Sedangkan untuk kondisi di mana jumlah trombositnya kurang dari 150.000 per mikroliter darah, disebut dengan trombositopenia. 

Penyebab Rendahnya Kadar Trombosit Normal dalam Darah

trombosit-manusia

Rendahnya kadar trombosit dalam darah ditandai dengan jumlahnya yang kurang dari 150.000 per mikroliter darah. Jika kadar trombosit rendah, maka risiko seseorang mengalami pendarahan saat terluka akan mengalami peningkatan. Simak berikut ini beberapa gejala yang timbul saat jumlah trombosit rendah dalam tubuh, mulai dari yang ringan hingga relatif serius. 

  1. Mimisan
  2. Munculnya memar berwarna merah, ungu, hingga kecoklatan di permukaan kulit
  3. Gusi berdarah
  4. Pendarahan pada luka yang terjadi dalam kurun waktu relatif lama
  5. Pendarahan berlebihan saat menstruasi
  6. Urin mengandung darah
  7. Feses mengandung darah 

“Bila timbul gejala2 tersebut segera konsultasikan, karena trombositopenia ringan biasanya tidak bergejala. gejala di atas biasanya timbul bila jumlah trombosit sangat rendah dan hal ini biasanya memerlukan penanganan” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara Menjaga Kestabilan Trombosit

Mengingat begitu pentingnya peran trombosit, maka Anda harus pastikan agar kadarnya selalu di berada ambang normal, jangan sampai rendah. Dengan mengonsumsi makanan tertentu, Anda bisa mencegah turunnya kadar trombosit, serta meningkatnya kembali kadar trombosit yang terlanjur turun. Konsumsi deretan makanan berikut ini, untuk meningkatkan kadar trombosit. 

  1. Makanan Kaya Folat 

Anda bisa mengonsumsi makanan kaya folat sebagai cara mencegah trombosit turun. Folat merupakan vitamin B esensial yang dibutuhkan oleh sel-sel darah, termasuk trombosit. Orang dewasa membutuhkan sekitar 400 mikrogram folat setiap harinya, sedangkan wanita hamil butuh sekitar 600 mikrogram folat setiap hari. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ada beraneka ragam makanan kaya folat yang bisa Anda jadikan menu makanan setiap harinya, agar kadar trombosit normal. Makanan kaya folat tersebut seperti hati sapi, kacang polong hitam, nasi, ragi, dan sayuran hijau seperti bayam. Pengonsumsian makanan kaya folat ini terutama sekali dianjurkan untuk ibu hamil, yang kerap mengalami penurunan trombosit saat hamil. 

  1. Makanan Kaya Vitamin B12

Rendahnya kadar vitamin B12 dalam tubuh, juga akan menyebabkan rendahnya kadar trombosit dalam darah. Oleh sebab itu, pastikan kebutuhan vitamin B12 tubuh tercukupi, yakni sebanyak 2.4 mikrogram per hari untuk usia 14 tahun ke atas, serta 2.8 mikrogram bagi ibu hamil. Vitamin B12 bisa diperoleh dari daging dan hati sapi, telur, dan ikan seperti salmon dan tuna.Anda juga bisa mengonsumsi suplemen khusus vitamin B seperti Sangobion Vitatonik Syrup 250 ML – Botol 250 ML – Anti Anemia (Rp52.500).

  1. Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C memegang peranan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Tercukupinya kebutuhan vitamin C, akan membuat trombosit bisa bekerja dengan baik, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, nutrisi yang juga penting bagi trombosit. Vitamin C bisa diperoleh dari jeruk, anggur, brokoli, stroberi, dan kiwi. 

  1. Makanan Kaya Vitamin D

Vitamin D berperan besar dalam memastikan kerja sel tulang sumsum, yang bertanggung jawab untuk memproduksi trombosit dan juga sel darah lainnya. Asupan vitamin D sendiri bisa diperoleh dari sinar matahari. Namun jika tak memungkinkan untuk Anda mendapatkan eksposur sinar matahari yang cukup, Anda bisa konsumsi kuning telur, minyak hati ikan, dan ikan berlemak. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Makanan Kaya Vitamin K 

Keberadaan vitamin K sangatlah penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang. Pria dewasa harus mengonsumsi sekitar 120 mikrogram vitamin K per harinya, sedangkan untuk wanita dewasa adalah sebanyak 90 mikrogram. Beberapa makanan kaya vitamin K yang bisa Anda konsumsi seperti labu, brokoli, kedelai, minyak kedelai, bayam, dan kale. 

Trombosit atau keping darah memegang peranan penting dalam proses pembekuan darah saat pembuluh darah terluka. Jika kadarnya dalam tubuh rendah, maka pendarahan berisiko terjadi saat mengalami luka. Dengan mengonsumsi makanan diatas, kita bisa memastikan kecukupan nutrisi untuk mendukung kerja trombosit.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

3 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik untuk Kulit Glowing

Hidup Sehat   13/01/2022

7 Manfaat Minyak Kayu Putih: Mengobati Kembung Hingga Luka

Hidup Sehat   13/01/2022

10 Manfaat Susu Beruang: Meredakan Flu Hingga Menetralkan Racun

Hidup Sehat   12/01/2022

Perbedaan UGD dan IGD

Hidup Sehat   10/01/2022

Cara Mendapatkan Donor Plasma Darah Konvalesen

Hidup Sehat   10/01/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman