fbpx
BerandaHidup SehatInformasi Vaksin untuk Anak dalam Menghalau COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Pandemi membuat kita semua semakin waspada, terutama bagi orang tua yang memiliki anak. Anak-anak termasuk ke dalam kelompok orang yang mudah terinfeksi dan harus menjaga diri sebaik mungkin. Pengadaan vaksin untuk anak juga terus diusahakan dan diharapkan bisa membantu memberi perlindungan agar anak bisa kembali bebas beraktivitas.

vaksin-untuk-anak

Bagaimanapun juga COVID-19 telah menghalangi anak melakukan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan. Anak-anak jadi tidak bisa bersekolah dan bermain seperti biasa. Aktivitas anak jadi terbatas yang artinya bisa menghambat perkembangan mereka. Kini semua orang tua berharap pengadaan vaksin COVID-19 bisa segera dilakukan khususnya untuk anak-anak.

Tentang Pengadaan Vaksin untuk Anak

Saat ini kita tahu bahwa pemerataan vaksin COVID-19 tengah dilakukan. Sudah ada banyak kelompok masyarakat yang mendapatkan vaksin, seperti lansia juga tenaga kesehatan dan pengajar. Namun, vaksin yang dikhususkan bagi anak hingga saat ini belum terdengar kabarnya. Muncul pertanyaan, apakah memang vaksin COVID-19 bagi anak akan segera didistribusikan?

Informasi vaksin COVID untuk anak nampaknya hingga saat ini belum bisa diberikan secara jelas. Beberapa perusahaan yang juga memproduksi vaksin untuk dewasa telah melakukan penelitian efektivitas vaksin kepada anak. Namun, uji coba belum bisa dianggap efektif sehingga distribusi vaksin anak belum dapat dilakukan secara luas.

Hingga detik ini belum ada kabar pasti apakah vaksin COVID-19 untuk anak bisa tersedia dalam waktu dekat. Terdengar kabar bahwa vaksin bagi anak-anak tengah dikembangkan dan baru bisa didistribusikan satu tahun ke depan. Sembari menunggu datangnya vaksin untuk anak, orang tua diharapkan bisa bekerja sama mengajari anak untuk menerapkan protokol kesehatan.

Mengenal Risiko Infeksi COVID-19 pada Anak

Seperti kita tahu bahwa anak-anak memiliki sistem imun yang mungkin tidak sekuat orang dewasa. Hanya saja dalam kasus COVID-19 ini disebutkan bahwa anak-anak memiliki risiko terinfeksi yang jauh lebih rendah daripada orang dewasa. Artinya, orang dewasa jauh lebih mudah terinfeksi virus. Hal ini ditunjukkan dengan lebih banyak jumlah pasien dewasa yang mengalami infeksi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu anak-anak juga memiliki risiko komplikasi yang lebih ringan saat terinfeksi COVID-19. Orang dewasa, terutama mereka yang menderita penyakit penyerta akan lebih mudah mengalami komplikasi. Namun ini bukan berarti anak-anak tidak bisa tertular atau tidak akan mengalami komplikasi sama sekali. Orang tua tetap harus waspada dan membimbing anak menerapkan protokol kesehatan.

Risiko COVID-19 pada anak yang tergolong rendah ini menjadi salah satu penyebab mengapa vaksin untuk orang dewasa disebarluaskan terlebih dahulu. Berikutnya akan dilakukan pengujian lebih lanjut agar anak-anak juga bisa mendapat vaksin. Untuk sekarang, tenaga kesehatan hanya menyarankan anak-anak tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai bimbingan dari orang tua.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertimbangan Penting Pemberian Vaksin untuk Anak

informasi-vaksin-covid-pada-anak

Ada banyak pertimbangan penting yang harus dilakukan jika vaksin anak mulai didistribusikan. Berikut adalah beberapa hal penting yang dijadikan pertimbangan tersebut:

  1. Kekebalan Tubuh Anak

Hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah sistem kekebalan tubuh anak. Anak memiliki imunitas yang berbeda dari orang dewasa. Tentu dosis vaksin yang diberikan juga harus disesuaikan dengan kondisi tersebut. Itulah sebabnya, dosis vaksin anak harus dipikirkan baik-baik sebelum didistribusikan.

  1. Pertimbangan Orang Tua

Tidak semua orang tua setuju untuk memberikan vaksin kepada anak mereka. Anak tentu belum bisa memutuskan sendiri seperti orang dewasa. Itulah mengapa uji coba pada anak juga lebih sulit untuk dilakukan karena harus melibatkan pertimbangan orang tua. 

  1. Keamanan Vaksin

Kita semua tentu berharap vaksin yang akan disuntikkan kepada anak tidak berbahaya bagi tubuh. Jika ingin mendapatkan vaksin yang aman bagi tubuh maka diperlukan uji coba yang prosesnya tidak mudah. Jadi, lebih baik bersabar hingga proses uji coba bisa mendapatkan hasil vaksin dengan dosis aman bagi anak-anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Efektivitas Vaksin

Perlu dilakukan uji coba lebih lanjut mengenai efektivitas vaksin COVID-19 pada anak. Seperti kita tahu bahwa metabolisme anak dan orang dewasa jauh berbeda. Oleh karena itu efektivitas vaksin pada orang dewasa belum tentu sama dengan anak-anak. Jadi, dibutuhkan pengujian kembali apakah vaksin memang bisa bekerja efektif pada anak-anak atau tidak.

Sebelum Ada Vaksin untuk Anak

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selama menunggu vaksin COVID-19 untuk anak-anak siap dan bisa didistribusikan maka penerapan protokol kesehatan sangatlah penting. Orang tua punya peran besar mengarahkan anak untuk tetap menjaga jarak, memakai masker, juga melakukan cuci tangan secara berkala. Biasakan anak untuk beraktivitas dengan protokol sesuai kondisi pandemi seperti sekarang.

Selain itu, orang tua juga harus menjaga asupan nutrisi pada anak. Pastikan anak makan makanan yang bergizi lengkap. Jika perlu berikan vitamin untuk meningkatkan imunitas. Ajak juga anak berolahraga ringan di rumah untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Itulah informasi singkat mengenai vaksin untuk anak. COVID-19 menjadi masalah bagi kita bersama. Mari kita terapkan protokol kesehatan demi menjaga diri sendiri juga orang lain. Konsultasikan kondisi kesehatan kepada dokter untuk memastikan anak selalu dalam kondisi yang sehat.

“Untuk saat ini vaksin untuk anak di china mungkin akan menjadi negara pertama (baru baru ini) mulai memberikan izin untuk vaksin sinovac diberikan pada anak berusia diatas 3 tahun, dan kemungkinan menyusul vaksin sinopharm diberi ijin. Sedangkan di US FDA sudah mengijinkan vaksin Pfizer diberikan pada anak usia 12 tahun keatas, dan Pfizer sedang menguji untuk anak dibawah 12 tahun. Mari kita tunggu perkembangan lebih lanjut sambil tetap menjaga prokes” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021
covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman