fbpx
BerandaHidup SehatCara Menjaga Stamina Tubuh di Tengah Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Amanda Ismoetia
Serangan virus Corona masih ada di dekat kita. Pandemi belum usai dan kita masih harus berhati-hati menjaga kesehatan diri agar terhindar dari virus ini. Kali ini akan dibahas seperti apa cara menjaga stamina tubuh yang tepat di tengah situasi pandemi. Jangan sampai lengah karena peperangan dengan virus ini masih terus berlanjut sehingga kita harus membekali diri.

cara-menjaga-stamina

Paparan virus Corona sangat mudah masuk ke tubuh dan menyebar ke banyak orang. Tingkat penularan virus ini memang sangat tinggi. Namun, dengan daya tahan tubuh yang kuat maka kita pasti bisa menghalau virus ini. Jika imunitas tinggi maka tubuh tidak akan mudah terinfeksi. Kalaupun sampai terinfeksi maka gejala yang ditimbulkan jauh lebih ringan karena kondisi tubuh yang prima.

Cara Menjaga Stamina Tubuh di saat Pandemi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bertahan sehat di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Asalkan ada kemauan maka menjaga tubuh akan semakin mudah dilakukan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar stamina tubuh terjaga di kala pandemi.

1. Cara Menjaga Stamina Dimulai dari Mengelola Stres

Langkah pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengendalikan pikiran dan mengelola stres. Kondisi tubuh sangat tergantung pada kesehatan pikiran. Jangan sampai stres karena ini bisa menjadi penyebab utama tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Di situasi pandemi seperti sekarang memang seseorang sangat rentan mengalami stres. Anda bisa mengatasinya dengan menghindari overthinking. Jangan terlalu banyak membaca berita-berita buruk yang belum jelas kebenarannya. Luangkan waktu untuk menekuni hobi agar pikiran tidak merasa tertekan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Kekuatan daya tahan tubuh sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang Anda makan. Jika makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi lengkap maka tubuh juga pasti akan lebih kuat. Hindari konsumsi fast food dan perbanyak makan sayur juga buah. Konsumsi juga cukup protein dan batasi konsumsi gula, lemak, serta garam.

Jaminan Lifepack untuk Anda

“Konsumsi banyak buah, sayur dan protein hewani. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh” tambah dr. Amanda Ismoetia, tim dokter Lifepack.

Cara menjaga stamina di tengah COVID dan bulan Ramadhan berarti harus disesuaikan dengan waktu makan yang terbatas. Bagi umat muslim yang berpuasa, sebaiknya buat pola makan sahur dan berbuka dengan menu makanan sehat. Batasi konsumsi gula karena biasanya ini yang menjadi tantangan besar saat berpuasa, terutama di waktu berbuka.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Terapkan Protokol Kesehatan

Selama pandemi belum usai maka dimanapun Anda berada harus selalu menerapkan protokol kesehatan. Cucilah tangan secara berkala, kenakan masker kemanapun pergi, jaga jarak dengan orang lain, batasi mobilitas sebisa mungkin, dan jauhi kerumunan. Selama Anda menerapkan protokol kesehatan ini, maka peluang untuk terinfeksi virus COVID-19 juga akan semakin kecil. 

Jika tak memungkinkan untuk tetap tinggal di rumah dan harus beraktivitas di luar, maka penerapan protokol kesehatan ketat harus dilakukan. Bagaimanapun juga cobalah untuk menahan diri dan mengikuti aturan yang ada selama pandemi. Bawalah new normal kit selalu setiap beraktivitas, meliputi hand sanitizer, tisu basah, tisu kering, juga masker cadangan.

4. Sempatkan Berolahraga

menjaga-stamina-di-tengah-covid

Di sela kesibukan beraktivitas, tetaplah menyempatkan diri untuk berolahraga. Tak perlu melakukan olahraga berat. Anda bisa memilih aktivitas fisik ringan seperti jogging, berenang, atau yoga di rumah. Selama pandemi, pilihlah aktivitas olahraga yang bisa dijalani tanpa harus berkerumun dengan orang banyak. Kalau bisa lakukan aktivitas olahraga di rumah saja demi keamanan.

5. Hindari Alkohol dan Rokok

Jika sebelumnya Anda terbiasa mengonsumsi alkohol dan menghisap rokok maka hentikan sekarang juga. Alkohol dan rokok dapat dengan mudah merusak tubuh Anda. Kondisi kesehatan akan menurun drastis jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan. Demi mengoptimalkan daya tahan tubuh, maka pastikan untuk menghindari alkohol juga rokok sebisa mungkin. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Istirahat yang Cukup

Cara menjaga stamina berikutnya adalah dengan memastikan tubuh Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Daya tahan tubuh sangat dipengaruhi oleh waktu istirahat yang diperoleh. Utamakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Saat tubuh tidak mendapat istirahat cukup maka tubuh akan semakin lemah dan imunitas menurun sehingga rentan terinfeksi virus.

7. Banyak Minum Air Putih

Jaga tubuh selalu terhidrasi sepanjang waktu dengan minum banyak air putih. Dehidrasi akan sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menurunkan imunitas dan membuat tubuh rentan terserang penyakit. Buatlah jadwal minum air putih dalam satu hari sehingga Anda tidak akan lupa. Jika perlu bawa botol minum sendiri kemana-mana supaya tubuh tetap terhidrasi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

8. Lengkapi Cara Menjaga Stamina dengan Konsumsi Suplemen

Dari semua cara yang telah dibahas tadi, lengkapilah dengan mengonsumsi suplemen secara rutin. Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh juga suplemen lain sesuai kondisi tubuh. Misalnya, bagi Anda yang menderita gangguan lambung bisa mengonsumsi suplemen penguat lambung secara rutin.

Itulah tadi rangkaian cara menjaga stamina di tengah COVID dan bulan Ramadan. Konsultasi dokter secara berkala juga bisa dilakukan agar Anda bisa menjaga kondisi tubuh secara optimal. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit bawaan atau penyakit kronis tertentu.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021
covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman