fbpx

Vitamin Buat Daya Tahan Tubuh yang Bagus dan Aman

Nov 12, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh harus berjalan lancar di dalam tubuh manusia. Karena ini yang menjadi penghalang munculnya virus penyebab penyakit. Nah, untuk melancarkan imun tentu dibutuhkan vitamin untuk daya tahan tubuh (Baca juga Virus: Definisi, Gejala, dan Upaya Pencegahan).

Tidak semua vitamin bermanfaat sebagai peningkat imun. Tetapi hanya ada beberapa saja baik yang umum maupun yang masih belum diketahui oleh masyarakat luas. Berikut akan dijelaskan tentang vitamin-vitamin tersebut:

1. Vitamin C

Vitamin yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang pertama adalah Vitamin C. Menurut riset manusia membutuhkan vitamin C 90 mg perhari. Ini menunjukkan kalau nutrisi ini memang penting bagi tubuh.

vitamin untuk daya tahan tubuh
Imunitas atau sistem kekebalan tubuh harus berjalan lancar. Untuk melancarkan imun tentu dibutuhkan vitamin untuk daya tahan tubuh.

Vitamin C sendiri bisa didapatkan dari luar yang salah satunya melalui makanan. Silakan makan buah yang berwarna kuning seperti jeruk, pepaya, mangga yang dianggap memiliki kandungan vit c cukup tinggi. 

Vitamin C juga bisa didapatkan dari sayuran. Namun bukan semuanya melainkan yang bercirikan warna orange saja. Seperti tomat, lobak dan wortel. Jadi jika ingin menjaga imunitas makan saja makanan di atas. 

2. Vitamin B6

Vitamin yang dibutuhkan untuk imun yang berikutnya adalah vitamin B6. Ini tidak hanya dibutuhkan untuk kekebalan tubuh tetapi juga untuk kesehatan organ yang lain seperti rambut, kulit dan otak. 

Vitamin B6 bisa didapatkan dari sayuran dan kacang-kacangan. Sedangkan, makanan yang kandungan vitamin B6 tertinggi adalah ikan salmon. Maka dari itu jika ingin daya tahan kuat makan saja seafood dari ikan jenis ini. 

Jika menggunakan suplemen biasanya Vitamin B6 dipasang bersamaan dengan Vitamin C. Karena kombinasi keduanya yang membuat sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Termasuk untuk membina stamina agar terus prima. 

3. Vitamin E

Vitamin buat daya tahan tubuh yang ketiga adalah vitamin E. Sebuah vitamin yang sudah populer karena sering dijadikan komposisi suplemen penambah vitalitas. Bahkan, Vit E juga digunakan untuk produk-produk kosmetik. 

Selain untuk meningkatkan imunitas Vitamin E juga berkhasiat untuk kesehatan kulit. Termasuk untuk menghilangkan jerawat, mencegah terjadinya pigmentasi dan membuat kulit wajah tidak belang. 

4. Vitamin D

Vitamin D juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun takarannya tidak boleh terlalu banyak karena berpotensi mengganggu ginjal dan jaringan saraf. Untuk mendapatkan vitamin D yang ideal silakan berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit setiap hari. 

Vitamin D tidak hanya bagus untuk massa otot dan tulang. Lebih jauh dari itu Vit D juga baik untuk imunitas. Bahkan semakin maksimal asupan vitamin D, kemungkinan untuk sakit akan sangat jarang. Ini sudah dicontohkan dengan para pekerja bangunan yang senantiasa sehat. 

Dengan vitamin D pembakaran tubuh lebih maksimal. Sehingga metabolisme berjalan lancar karena tidak ada hambatan di dalam tubuh. Karena siklus inilah benteng tubuh dari virus dan bakteri bisa bekerja dengan baik. 

5. Vitamin B12

Selain vitamin B6 masih ada vitamin B lain yang juga bagus untuk imunitas yaitu vitamin B12. Dua senyawa inilah yang disebut vitamin kompleks. Sekalipun demikian khasiatnya tidak sama melainkan saling mengisi kebutuhan nutrisi. 

Sebagian besar orang yang mudah diserang penyakit disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Akibatnya imunitas tidak terbentuk sehingga penyakit mudah bersarang di dalam badan. 

Oleh karena itu vitamin B12 adalah zat yang harus ada di dalam tubuh. Jika tidak, stamina tidak akan prima. Yang ada penderita akan lemas, lelah serta lunglai sekalipun tidak sedang  beraktivitas berat. 

6. Zinc

Zinc tidak hanya vitamin yang bagus untuk kesehatan rambut. Tetapi juga untuk menjaga imunitas tubuh. Ini yang menjadi alasan mengapa zat sering dijadikan komposisi minuman energi dan kapsul suplemen.

Peran Zinc di dalam tubuh adalah membantu imunitas untuk membangun antioksidan dan anti inflamasi. Tujuannya adalah agar virus dan bakteri penyebab penyakit tidak bersarang di dalam organ. Termasuk pula untuk mengatasi berbagai peradangan dan bengkak. 

7. Zat Besi

Zat besi juga senyawa sejenis yang harus ada di dalam tubuh. Karena tanpa takaran yang maksimal sirkulasi darah pasti terganggu begitu juga dengan tekanan darah yang ada di dalamnya. ‘

Jika sirkulasi darah tidak lancar, jangan harap ada imunitas yang terbentuk di dalam badan. Bahkan metabolismenya tidak seimbang yang membuat pertumbuhan sel kanker semakin banyak. 

Sebaliknya kalau sirkulasi darah lancar, tentu lemak akan diekstraksi menjadi energi karena pembakarannya bagus. Ini yang bisa melahirkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang terbaik. 

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang vitamin buat daya tahan tubuh di atas, Anda juga bisa konsumsi vitamin yang sudah dalam bentuk suplemen. Ini juga berkhasiat untuk imunitas.Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis