fbpx
BerandaHidup SehatAmankah Vaksin COVID-19 untuk Ibu Menyusui?

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Proses vaksinasi yang bertujuan untuk melindungi tubuh dari infeksi virus corona, sudah dimulai sejak awal tahun ini. Sebelum vaksinasi, tentu saja kondisi tubuh harus memenuhi persyaratan untuk bisa diberikan vaksin. Lalu, bagaimana dengan ibu menyusui? Apakah vaksin COVID-19 untuk ibu menyusui aman dilakukan dan tak menimbulkan efek samping? Simak ulasannya berikut ini. 

vaksin-covid-19-untuk-ibu-menyusui

Ibu Menyusui Ikut Vaksinasi COVID-19, Bolehkah? 

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang mempertanyakan mengenai keamanan pemberian vaksin COVID-19 untuk ibu yang sedang menyusui. Pasalnya, pada awal peluncuran vaksin COVID-19 ini, vaksin tak diperuntukkan untuk ibu hamil. Hal ini disebabkan karena ibu menyusui tak terlibat dalam tahap uji klinis awal vaksin COVID-19 tersebut. 

Tak dilibatkannya ibu menyusui dalam tahap uji klinis awal vaksin COVID-19 ini adalah karena ditakutkannya ada efek pada bayi yang masih mengonsumsi ASI. Namun, seiring dengan dilakukannya gelombang vaksinasi di seluruh dunia dan telah banyak ibu menyusui yang telah divaksinasi, para peneliti menyimpulkan vaksin COVID-19 aman untuk ibu menyusui.  

Tak hanya aman untuk diberi vaksin, namun ibu menyusui juga direkomendasikan untuk menjalani vaksinasi COVID-19, karena akan memberikan efek yang bagus untuk bayinya. Pasalnya, dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa ASI ibu menyusui yang telah menjalani vaksinasi, ternyata mengandung antibodi yang bisa melindungi bayi dari paparan virus corona.  

Hasil Penelitian yang Mendukung Vaksin COVID-19 untuk Ibu Menyusui

Dibolehkannya vaksinasi COVID-19 untuk ibu menyusui, tentu saja telah didukung oleh penelitian pada ibu menyusui yang telah menjalani vaksinasi tersebut. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, diperoleh fakta bahwa pemberian vaksin malah memberikan antibodi pada bayi, agar terlindung dari virus corona. Simak berikut ini beberapa hasil penelitian tersebut. 

Pertama, ada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Washington University School of Medicine di St.Louis. Penelitian melibatkan 5 ibu menyusui, yang diambil sampel ASI-nya setelah memperoleh 2 dosis vaksin, ada yang dari Pfizer dan BioNTech. Berdasarkan sampel yang telah diteliti tersebut, ditemukan bahwa kekebalan tubuh bayi yang disusui mengalami peningkatan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Peningkatan antibodi besar-besaran atas virus corona dalam ASI tersebut, terjadi selepas 2 minggu dosis vaksin pertama diberikan. Dikarenakan antibodinya begitu tinggi, jadi dipercayai bahwa perlindungannya atas virus corona pun juga akan bertahan lama di tubuh bayi. Jadi, tak hanya ibu menyusuinya saja yang terlindungi, melainkan juga bayi yang sedang disusuinya. 

Kedua, ada hasil penelitian yang termuat di American Journal of Obstetrics and Gynecology pada akhir bulan Maret, yang juga menunjukkan vaksin COVID-19 untuk ibu menyusui itu aman. Dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, sampel pada penelitian ini lebih banyak, yakni berjumlah 131 pasien, yang mana 31 di antaranya sedang dalam fase menyusui. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kesemua sampel tersebut, telah menerima 2 dosis vaksin, baik itu Modern atau Pfizer. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa tingkat antibodi yang dihasilkan vaksin pada ibu hamil dan menyusui, lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak hamil. Antibodi yang tinggi inilah yang kemudian bisa diperoleh juga oleh bayi melalui ASI yang dikonsumsinya. 

Apakah Ada Efek Samping Vaksin COVID-19 pada Busui? 

efek-samping-vaksin-covid-19-ibu-menyusui

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, belum ditemukan efek samping vaksin COVID-19 ibu menyusui yang intens dan berbeda dari kebanyakan orang. Ibu menyusui mungkin bisa mengalami efek samping umum setelah menjalani vaksinasi, misalnya seperti demam, nyeri otot, atau pun ruam di area suntikan vaksin. Efek samping ringan inipun sifatnya hanya sementara berlangsung. 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ibu Menyusui Ingin Divaksin? 

Anda yang sedang menyusui, bisa memutuskan untuk menjalani vaksinasi COVID-19 atau tidak. Jika masih ragu, Anda bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk memutuskan apakah vaksinasi aman untuk Anda lakukan atau tidak. Pasalnya, ada beberapa kondisi tubuh yang tak memungkinkan Anda untuk menjalani vaksinasi, walaupun itu bisa meningkatkan antibodi bayi Anda. 

Jika kondisi tubuh prima dan memungkinkan Anda yang sedang menyusui untuk menjalani vaksinasi, lakukanlah persiapan jelang vaksinasi tersebut dilakukan. Pastikan kondisi tubuh bugar, tidur yang cukup, dan hindari kegiatan yang menyebabkan tubuh jadi lelah sebelum menjalani vaksinasi COVID-19 tersebut. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Setelah Anda menerima vaksin COVID-19 tersebut, ada kemungkinan efek samping umum seperti demam, nyeri, serta ruam di area suntikan vaksin, akan Anda alami. Efek samping ringan tersebut hanya bertahan sementara dan akan hilang dengan sendirinya. Jika ternyata ada efek samping yang berkelanjutan Anda rasakan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. 

Pada awal vaksinasi, ibu menyusui memang tak masuk dalam daftar yang bisa menerima vaksin. Namun, seiring dengan dilakukannya penelitian atas efek vaksin ini pada ibu menyusui dan bayinya, sejauh ini belum ditemukan efek buruk. Dengan begini, peneliti pun menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 untuk ibu menyusui dibolehkan, karena juga meningkatkan imunitas bayi. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

“Sejak bulan februari 2021 ibu menyusui diperbolehkan untuk vaksin Covid-19, namun jangan hamil dulu sebelum menyelesaikan dosis vaksinnya. Karena untuk ibu hamil belum direkomendasikan untuk ibu hamil. tetap jaga kesehatan dan lakukan prokes,” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021
covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman