fbpx
BerandaObatIni Alasan Mengapa Vaksinasi COVID-19 Harus Diberikan Dua Kali

Sampai hari ini, pandemi COVID-19 masih terus berlangsung. Per 23 Februari 2021, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 1.298.608 kasus dengan jumlah kematian sebanyak 35.014 kasus. Kita semua masih berjuang melawan pandemi secara bersama-sama. Namun saat ini, vaksin COVID-19 telah hadir dan dapat membantu kita melawan pandemi ini (Baca juga Seberapa Pentingkah Vaksin COVID-19?). Saat ini Indonesia sedang dalam proses vaksinasi COVID-19 dan pendistribusian vaksin ke seluruh wilayah di Indonesia. Namun tahukah Anda? Ternyata vaksinasi COVID-19 perlu dilakukan sebanyak dua kali loh! Apa alasannya? Simak informasi lengkapnya lewat ulasan berikut ini.

mengapa-vaksinasi-covid-19-dua-kali

Apa Itu Vaksin COVID-19?

Vaksin merupakan zat yang mengandung patogen atau kuman penyebab suatu penyakit. Namun dalam vaksin, biasanya kuman telah dilemahkan atau dimatikan sehingga tidak berbahaya ketika dimasukkan ke dalam tubuh. Vaksin berfungsi untuk menstimulasi tubuh agar membentuk antibodi spesifik yang dapat melawan kuman suatu penyakit.

Pada COVID-19, vaksin dibuat dari protein virus penyebab COVID-19 yang telah dilemahkan dan dimodifikasi sehingga tidak berbahaya lagi untuk tubuh (Baca juga Mengulas Seputar Pengembangan Vaksin COVID-19). Vaksin COVID-19 akan menstimulasi tubuh agar membentuk antibodi khusus yang dapat melawan virus COVID-19. Sehingga jika suatu saat seseorang yang telah melakukan vaksinasi terinfeksi COVID-19, kemungkinan besar gejala yang dirasakan jauh lebih ringan dibandingkan orang yang tidak melakukan vaksin (Baca juga Ketahui Fakta dan Hoaks Vaksin COVID-19 Ini).

Alasan Mengapa Vaksinasi COVID-19 Harus Dilakukan Dua Kali

mengapa-vaksinasi-covid-19-dua-kali

Vaksin merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam menghentikan pandemi COVID-19. Vaksin dapat melindungi kita semua dari infeksi dengan cara mengaktifkan pertahanan alami tubuh agar lebih siap untuk melawan virus COVID-19 ketika Anda terinfeksi.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa vaksinasi COVID-19 perlu dilakukan dua kali atau dengan pemberian dua dosis. Pemberian dosis kedua diberikan dengan jarak 14 hari sejak pemberian vaksin dosis pertama. 

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa vaksinasi COVID-19 harus dilakukan dua kali? Ya, hal ini karena sistem kekebalan tubuh memerlukan waktu lewat paparan kuman untuk mengetahui cara yang efektif melawan virus. Sehingga saat virus asli COVID-19 menginfeksi, tubuh dapat dengan cepat mengenali virus dan langsung mengeluarkan antibodi khusus yang diperuntukkan melawan virus tersebut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain itu alasan lain pemberian vaksin COVID-19 dua kali adalah agar tubuh memproduksi lebih banyak antibodi yang dapat melawan virus COVID-19. Semakin banyak paparan, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak antibodi.

Kapan Saya Dapat Melakukan Vaksinasi?

Bagi Anda yang belum mengetahui kapan Anda dapat melakukan vaksinasi, sebenarnya proses vaksinasi sedang berlangsung. Namun periode waktu vaksinasi terbagi-bagi yang disesuaikan dengan kelompok sasaran utama, yaitu :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Periode 1 (Januari – April 2021)

Pada periode 1, vaksinasi COVID-19 diprioritaskan pada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang di fasilitas kesehatan yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran di fasilitas kesehatan.

2. Periode 2 (Januari – April 2021)

Pada periode ke-2 vaksinasi COVID-19 akan diprioritaskan untuk petugas layanan publik seperti TNI/POLRi, petugas bandara/stasiun/terminal/perbankan/perusahaan listrik negara, perusahaan air minum daerah, dan petugas pemberi layanan publik lainnya, serta orang yang memasuki usia ≥ 60 tahun. dr. Irma Lidia dari Tim Dokter Lifepack menambahkan bahwa vaksin sinovac pada lansia diberikan  dengan interval dua dosis  28 hari. vaksin diberikan dengan hati-hati dan skrining yang cermat.

3. Periode 3 (April 2021 – Maret 2022)

Pada periode 3, vaksinasi akan diberikan dengan sasaran prioritas orang-orang yang masuk ke dalam kelompok rentan dari segi geospasial, sosial, dan ekonomi.

4. Periode 4 (April 2021 – Maret 2022)

Periode ke-4 vaksinasi akan ditujukan pada masyarakat dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itulah informasi mengenai alasan vaksin COVID-19 harus diberikan dua kali dan periode vaksinasi. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Referensi :

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 2021. Situasi Virus COVID-19 di Indonesia. Diakses pada 2021.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin-corona

Perbandingan Jenis Vaksin Corona dan Efek Samping yang Ditimbulkan

Obat   06/04/2021
obat-rutin

Obat Rutin Pasien Penyakit Kronis setelah Pemberian Vaksin COVID-19

Obat   05/04/2021
obat-meriang

4 Rekomendasi Obat Meriang Terbaik

Obat   29/03/2021
nexium-20-mg-tab

Nexium: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Obat   08/03/2021
meloxicam-7.5-mg-tab-kf

Meloxicam: Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Obat   05/03/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman