fbpx

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, Ini Tips Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Nov 13, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November 2020 tentu mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan. Terlebih tema yang diusung tahun ini adalah “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Tema ini menggambarkan cita-cita kita bersama untuk hidup dengan sehat. Menurut WHO, kesehatan adalah kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan hanya tidak memiliki penyakit. Kesehatan merupakan hak dari setiap manusia. Sehingga semua orang berhak untuk memperjuangkan dan memperoleh kesehatan. Tenang! Tim Lifepack akan membagikan tips meningkatkan daya tahan tubuh agar Anda tetap sehat.

Baca juga: Vitamin Buat Daya Tahan Tubuh yang Bagus dan Aman

Di masa pandemi seperti saat ini, tentu banyak dari kita yang semakin peduli dengan kesehatan. Mengingat kita dapat kapan saja menjadi sakit, bahkan tidak hanya COVID-19, melainkan juga terserang penyakit-penyakit lainnya. Oleh karena itu penting menjaga kekebalan tubuh agar kita tetap sehat dan mendapatkan hidup yang berkualitas dengan kesehatan yang dimiliki.

Apa Itu Kekebalan Tubuh?

meningkatkan daya tahan tubuh
Di masa pandemi seperti saat ini, kita semakin peduli dengan kesehatan. Postingan ini membahas cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh adalah jaringan komplek seks dan protein yang melindungi tubuh dari infeksi. Bagian utama dari sistem kekebalan tubuh adalah sel darah putih, antibodi, sistem pelengkap, sistem limfatik, limpa, timus, dan sumsum tulang belakang. Salah satu tanda bahwa tubuh mengalami infeksi adalah demam. Demam adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh merespon adanya infeksi. Dengan meningkatnya temperatur tubuh dapat membunuh mikroba sekaligus menandakan proses perbaikan tubuh.

Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh?

Banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, antara lain:

1. Pola Makan Sehat

Mungkin sebagian dari Anda baru menyadari bahwa pola makan sehat juga dapat mempengaruhi sistem imun tubuh. Ya, salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat adalah memenuhi nutrisi dan energi yang cukup untuk tubuh. Umumnya, anjuran kalori untuk pria adalah 2.000-3.000 kalori. Sedangkan wanita membutuhkan 1.600-2.400 kalori per hari. Tetapi mesti Anda ingat bahwa kebutuhan kalori ini tergantung pada usia, berat badan, dan jenis aktivitas yang sedang dilakukan seseorang.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Vitamin, Mineral, dan Antioksidan

Seperti yang sering kita dengar bersama, vitamin, mineral, dan antioksidan merupakan nutrisi yang sangat esensial untuk menjaga fungsi sel dan organ tubuh. Vitamin C, D, E, dan zinc merupakan nutrisi yang paling penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Defisiensi nutrisi tersebut dapat membuat seseorang lebih mudah terinfeksi penyakit. Berikut ini berbagai macam sumber vitamin yang dapat Anda temukan dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

  1. Vitamin E: minyak sayur, sinar matahari, kacang-kacangan, bayam, dan brokoli.
  2. Vitamin D: ikan salmon, keju, dan susu.
  3. Zinc: daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Olahraga secara Rutin

Dengan berolahraga secara rutin, Anda akan melatih tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, dengan berolahraga Anda juga membakar lemak-lemak berlebih dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko dari penyakit-penyakit kronis.

4. Hindari Stres

Jarang disadari, bahwa stres terkadang menjadi penyebab menurunnya kinerja sistem kekebalan tubuh. Ketika stres, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan patogen penyebab penyakit menjadi menurun. Oleh karena itu, ketika stres justru tubuh akan lebih mudah untuk terserang infeksi.

5. Jangan Merokok

Merokok dapat membuat paru-paru dan organ lainnya menjadi rusak. Ketika organ menjadi rusak, tentu memperberat beban kinerja kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Selain infeksi, merokok juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Itulah informasi mengenai 5 tips meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan Anda memulai gaya hidup sehat dari sekarang untuk mencegah infeksi dan penyakit-penyakit kronis di kemudian hari.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa mendapatkan rekomendasi suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

Harvard Health Publishing. 2014. Helpful ways to strengthen your immune system and fight off disease. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis