fbpx
BerandaHidup SehatCara Mudah Menghitung Detak Jantung Normal

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Cara Menghitung Detak Jantung

Mengetahui kondisi detak jantung normal memang salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Mengingat kondisi detak jantung akan memberi informasi tentang seberapa banyak beban yang dipikul tubuh. Biasanya seseorang memiliki detak jantung istirahat mulai dari 30 detak per menit. 

Langkah pertama cara menghitung detak jantung, yaitu hitunglah detak jantung dalam kondisi istirahat. Sebenarnya menghitung detak jantung merupakan hal yang mudah. Perhitungan lebih mudah apabila Anda menggunakan angka sebagai panduan untuk mengecek aktivitas Anda. 

Untuk mengetahui dan menghitung detak jantung normal maka Anda hanya membutuhkan kemampuan dalam menghitung. Selain itu Anda membutuhkan alat stopwatch agar perhitungan Anda lebih akurat. Salah satu hal yang paling penting adalah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menghitung denyut nadi istirahat. Disarankan untuk mendapatkan hasil yang akurat dari denyut jantung maka Anda bisa menghitungnya ketika bangun pagi. 

Cara Menghitung Denyut Nadi Saat Istirahat 

Langkah pertama, tempatkan jari tengah dan ujung telunjuk pada tangan kanan pada sisi telapak pergelangan tangan kiri atau kanan. Lebih tepatnya berada di bawah pangkal jempol Anda. Disarankan agar tidak menggunakan ibu jari, karena ibu jari memiliki denyut ringan. Hal ini pastinya bisa membingungkan Anda ketika menghitungnya.

Langkah kedua, tekan pergelangan tangan dengan lembut, sampai Anda bisa merasakan denyut nadi dibawah tekanan jari Anda. Kalau Anda belum menemukan denyut nadi maka Anda bisa memindahkan jari Anda sampai Anda merasakan denyut nadi dengan jelas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika denyut nadi sudah terasa, hitung denyut nadi selama 15 detik. Kemudian kalikan 4 agar bisa mendapatkan hasil denyut nadi istirahat selama 1 menit. Agar mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda bisa menghitung denyut nadi sebanyak 3 kali. Ambil rata-rata dari 3 hasil denyut nadi agar mendapatkan hasil yang meyakinkan. Rata-rata denyut nadi istirahat yaitu 60-100 detak per menit.

Lalu bagaimana dengan cara menghitung detak jantung maksimal? Menghitung detak jantung maksimal dapat dilakukan setelah berolahraga, dengan perhitungan 220 dikurangi usia Anda. Hasil dari rumus menghitung denyut nadi maksimal juga dipengaruhi oleh anyak faktor, termasuk usia, tingkat stres, dan lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Idealnya, denyut nadi normal seseorang adalah berada di 50-80% total detak jantung maksimum. Ketika menjalankan aktivitas sedang maka denyut nadi sekitar 50-69%, sedangkan saat aktivitas berat bisa meningkat 70-85% dari denyut jantung maksimum. 

Apa Indikasi Detak Jantung di Bawah Normal?  

hitung-detak-jantung

Ketika denyut jantung melambat ketika tidak melakukan aktivitas maka hal ini menunjukkan kalau jantung Anda sehat dan lebih efisien. Selain itu juga menandakan kalau Anda harus lebih semangat dalam olahraga. 

Detak jantung lemah biasanya detak jantungnya berada dibawah 60 BPM. Hal ini menunjukkan kalau jantung Anda mengalami beberapa masalah. Itu artinya jantung Anda tidak bekerja dengan baik. 

Saat detak jantung melambat, maka jantung tidak bisa memompa darah dengan baik. Gejala yang ditimbulkan biasanya tubuh akan menjadi lemah, pusing, dan rasanya ingin pingsan. Ada beberapa orang yang juga mengalami sesak napas. Ada khasus yang paling mematikan yaitu serangan jantung atau gagal jantung.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Agar kondisi detak jantung normal maka Anda harus semangat dalam berolahraga. Biasanya detak jantung akan cenderung lebih meningkat sehingga bisa menyediakan oksigen lebih banyak untuk menyebar keseluruh tubuh. 

Ketika detak jantung terlalu tinggi, tandanya aktivitas terlalu berat sehinggga kurangi intensitas saat berolahraga. Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda bisa mencoba konsumsi Car-Q vitamin jantung. Mengandung Coq10 dan L Carnitine yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung detak jantung normal. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan lebih luas dalam menjaga kondisi jantung yang sehat sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik. 

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin pcv

Vaksin PCV dan Penjelasan Lengkapnya

Hidup Sehat   30/09/2021
vaksin covid untuk anak

Vaksin COVID untuk Anak, Apa Syaratnya?

Hidup Sehat   30/09/2021
jenis vaksin

Jenis Vaksin Yang Digunakan di Indonesia, Apa Saja?

Hidup Sehat   29/09/2021
vaksin novavax

Novavax: Cara Kerja, Jadwal Pemberian, dan Efek Samping

Hidup Sehat   29/09/2021
efek vaksin pada varian baru covid

Vaksinasi dan Efeknya Pada Varian Baru COVID-19

Hidup Sehat   28/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman