fbpx
BerandaHidup SehatWaspada Risiko Kematian Virus Corona B117

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

risiko-kematian-virus-corona

Pandemi belum usai dan masih menjadi musuh utama kita saat ini. Meskipun vaksin mulai didistribusikan namun nyatanya virus Corona justru bermutasi semakin kuat. Salah satu jenis mutasi virus Corona yang saat ini ditemukan adalah B117. Risiko kematian virus Corona B117 ini pun dinilai lebih tinggi sehingga masyarakat wajib waspada.

Virus memang memiliki sifat mampu bermutasi dan ini telah menjadi perhatian para ahli sejak pandemi meluas. Masyarakat wajib waspada apalagi mutasi virus bisa jauh lebih ganas dan menimbulkan risiko kematian lebih tinggi. Agar bisa mengambil langkah yang bijak, mari kenali dulu seperti apa sebenarnya mutasi virus B117 ini.

Mutasi Virus B117

Virus Corona memang telah dilaporkan mengalami mutasi ke berbagai varian. Salah satunya adalah B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris. Bahkan jenis mutasi virus ini sudah berubah menjadi virus dominan yang menginfeksi London serta wilayah Inggris bagian tenggara. 

Penelitian virus B117 menunjukkan hasil bahwa jenis mutasi virus ini memiliki risiko penularan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan pada rangkaian protein yang membantu perlekatan virus ke tubuh manusia. Meskipun lebih menular, namun telah diungkapkan bahwa tingkat keparahan virus ini sama seperti strain virus Corona yang lain.

Secara garis besar komplikasi dan gejala yang ditimbulkan bisa sama dengan jenis mutasi virus lainnya. Namun, mengingat risiko penularan yang jauh lebih mudah maka bisa dikatakan pula risiko kematian bisa meningkat. Semakin mudah menular, maka virus ini semakin mudah pula menyerang individu berisiko tinggi sehingga angka kematian bisa meningkat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gejala

COVID-19 merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit untuk ditebak. Pada jenis virus asli yang belum bermutasi, seringkali tidak ditemukan gejala. Namun, sebagai bentuk antisipasi Anda juga perlu memahami apa saja gejala yang umum ditimbulkan dari penyakit ini. Berikut adalah gejala yang mungkin muncul akibat infeksi virus Corona B117.

  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Demam
  • Batuk
  • Hilang indra perasa
  • Hilang nafsu makan
  • Ruam kulit
  • Kelelahan

Secara umum memang gejala yang muncul hampir sama dengan infeksi virus Corona strain lainnya. Penting sekali bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran memeriksakan diri jika menemui gejala-gejala tersebut. Semakin cepat dikenali maka semakin mudah pula untuk mengendalikan penularan virus ini.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Risiko Kematian Virus Corona

COVID-19 telah mencatatkan daftar panjang kematian di berbagai negara termasuk Indonesia. Setelah dilaporkan muncul strain virus baru B117 kemudian muncul pertanyaan apakah risiko kematian akibat mutasi virus ini bisa lebih tinggi atau tidak. Telah disinggung sebelumnya bahwa gejala dan komplikasi yang terjadi secara garis besar tidak jauh berbeda.

Namun kita semua wajib waspada karena seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penderita terinfeksi B117 ini didapatkan data baru. Pada kenyataannya, strain virus B117 asal Inggris ini memiliki risiko kematian 61% lebih tinggi pada infeksi virus hari ke-28. Bisa ditarik kesimpulan bahwa memang virus B117 tingkatkan risiko kematian sehingga masyarakat wajib lebih berhati-hati.

Setiap kondisi individu tentu berbeda-beda saat terpapar infeksi virus ini. Risiko kematian setiap orang bisa saja berbeda. Pasien dengan penyakit kronis bawaan jelas bisa menghadapi risiko kematian virus Corona yang lebih tinggi. Apalagi mengingat jenis strain virus ini tergolong cepat sekali menular dan bisa mengenai siapa saja. 

Peran Vaksin

Lalu bagaimana dengan penggunaan vaksin? Apakah mutasi virus ini juga bisa dikendalikan penularannya lewat vaksin yang saat ini didistribusikan? Dengan hadirnya mutasi virus maka sifat virus dan cara perlekatannya bisa berubah. Kondisi ini tentu juga akan berpengaruh pada cara kerja vaksin agar bisa efektif merangsang tubuh menghasilkan antibodi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

“Virus corona merupakan jenis virus RNA yaitu virus dengan materi genetik berantai tunggal sehingga memang lebih mudah mengalami mutasi, karena itu sebaiknya tetap berhati-hati dan tetap melakukan protokol kesehatan.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

Tapi tenang, vaksin COVID-19 yang saat ini beredar dan sudah memiliki Emergency Use Authorization dinyatakan aman untuk dipakai. Vaksin ini tetap efektif memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap serangan strain virus B117 ini. Namun diharapkan bisa dilakukan penelitian lebih lanjut agar dapat ditemukan jenis vaksin yang jauh lebih efektif melawan strain virus ini maupun jenis mutasi lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pencegahan Risiko Kematian Virus Corona

Tak ada solusi pencegahan yang bisa kita lakukan selain menerapkan protokol kesehatan. Bagaimanapun juga penerapan 5M harus tetap dijalankan hingga pandemi benar-benar dinyatakan usai. Bahkan bagi mereka yang sudah menerima vaksin, pemakaian masker dan penerapan protokol kesehatan lain tetap harus berjalan.

Setiap orang memiliki peluang untuk tertular dan menularkan. Apalagi jenis virus ini bisa menginfeksi tanpa ada gejala yang terlihat. Jadi pastikan untuk tetap menjaga jarak dan membatasi mobilitas demi melindungi diri sendiri juga orang di sekitar Anda. Risiko kematian virus Corona B117 cukup tinggi dan penularannya lebih mudah jadi pastikan penerapan protokol kesehatan dilakukan lebih ketat.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman