fbpx
BerandaHidup SehatMutasi Virus Corona N439K, Benarkah Kebal Vaksin?

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

mutasi-virus-corona-N439K

Wabah virus Corona hingga saat ini masih menjadi masalah yang harus dipecahkan pemerintah. Berbagai pihak bekerja sama agar pandemi ini bisa segera diakhiri. Distribusi vaksin telah dilakukan dan penyuntikan digelar bertahap. Namun kini muncul topik baru yaitu mutasi virus Corona N439K yang dianggap lebih berbahaya dan kebal terhadap vaksin.

Virus merupakan jenis organisme yang bisa bermutasi. Kemampuan bermutasi ini juga sudah menjadi fokus para ahli sejak awal pandemi terjadi. Tak hanya fokus pada penemuan vaksin yang tepat, namun penelitian terhadap sifat virus dan kemungkinan mutasi harus dilakukan. Mari kita cari tahu lebih jauh mengenai mutasi virus Corona ini.

Penemuan Mutasi Virus Corona N439K

Skotlandia menjadi lokasi pertama tempat terdeteksinya mutasi N439K. Sementara itu pada bulan November 2020 juga telah ditemukan adanya mutasi jenis N439K ini di Indonesia. Hanya saja baru sekarang isu ini kembali muncul beriringan dengan distribusi vaksin yang menjadi harapan bagi masyarakat luas.

N439K bukanlah satu-satunya jenis mutasi corona yang ditemukan. Ini hanya satu dari banyaknya mutasi virus yang juga punya sifat berbeda dengan virus Corona sebelumnya. Beberapa jenis mutasi yang dilaporkan di berbagai negara seperti ASP614 dan GLY614. 

Temuan kasus mutasi virus ini sekarang semakin banyak jumlahnya. Hal ini mendorong banyak tenaga ahli untuk semakin giat melakukan penelitian. Apalagi jenis N439K ini disebut-sebut lebih mudah menular dan kebal terhadap vaksin yang saat ini beredar.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sifat Penularan Virus Corona N439K

Virus Corona dapat menular jika tidak ada antibodi yang bekerja melindungi tubuh. Antibodi itu sendiri bisa terbentuk saat sistem imun menargetkan protein virus dan mencegah proses pengikatan virus ke ACE2. Hanya saja kemudian terjadi mutasi yang menyebabkan perubahan protein lonjakan. Hal ini akan menurunkan efektivitas antibodi dalam menghalau virus tersebut.

Mutasi virus Corona N439K ini menghasilkan pergantian asparagina oleh lisin. Dinamika molekuler yang terjadi pada perlekatan virus ini akan menghasilkan ikatan yang jauh lebih kuat. Lisin yang menggantikan asparagina dalam proses perlekatan virus akan membentuk adanya jembatan garam baru dengan kompleksitas lebih tinggi. Proses ini jauh lebih kompleks dan lebih efektif menginfeksi tubuh manusia.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bisa dikatakan bahwa proses infeksi virus mutasi ini berubah dari virus Corona sebelumnya. Namun demikian, tingkat penularannya tidak lebih tinggi dari virus Corona yang ditemukan di awal-awal. Berbeda dengan B117 yang memang lebih tinggi tingkat penularannya. 

Reaksi Terhadap Vaksin

Lalu benarkah mutasi virus Corona kebal terhadap vaksin? Pertanyaan ini paling sering muncul begitu berita mengenai mutasi N439K terangkat. Hal ini tentu memicu kepanikan masyarakat karena bagaimanapun juga vaksin COVID-19 adalah harapan untuk bisa keluar dari pandemi ini.

Bisa dikatakan bahwa N439K memiliki sifat perlekatan yang berbeda. Kemampuan penularannya juga lebih tinggi. Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack, “Varian mutasi ini dianggap memiliki tingkat penularan  dan tingkat keparahan penyakit yang sama dengan virus awal, namun varian ini ada kemungkinan dapat mengelabui antibodi yang sudah terbentuk dari infeksi sebelumnya maupun dari vaksin, sehingga menurunkan efektivitas vaksin thd jenis varian ini. varian ini belum menjadi varian of concern ataupun varian of interest dari WHO.”

Hal ini menyebabkan vaksin yang sudah didistribusikan mungkin tidak bisa mencegah perlekatan secara optimal. Dibutuhkan formula yang tepat dan sesuai dengan sifat perlekatan yang berubah dari virus ini.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Meskipun begitu pemberian vaksin COVID-19 yang saat ini sudah beredar luas tetap penting untuk dilakukan. Risiko penularan virus terjadi begitu tinggi dan tidak bisa diketahui pasti siapa bisa menularkan jenis virus yang mana. Oleh karena itu pemberian vaksin saat ini tetap dianggap efektif untuk menurunkan angka penularan akibat virus Corona.

Gejala yang Ditimbulkan

Bagaimana dengan gejala yang ditimbulkan akibat paparan virus N439K ini? Pada dasarnya gejala yang muncul hampir sama dengan infeksi SARS-CoV-2 pada umumnya. Mulai dari demam, nyeri tenggorokan, hilangnya reflek indera perasa, dan lain sebagainya. Tanda-tanda yang hampir mirip ini membuat kita sulit membedakan virus Corona yang bermutasi atau belum.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bahkan bisa juga paparan mutasi virus ini tidak menimbulkan gejala sama sekali. Seperti kasus-kasus COVID-19 sebelumnya yang terjadi tanpa gejala. Itulah mengapa masyarakat diminta untuk tetap bijak dan berhati-hati agar penularan virus ini tidak semakin meluas.

Pencegahan

Vaksin COVID-19 yang beredar luas saat ini dianggap sebagai metode pencegahan penularan virus yang efektif. Namun, jika ada mutasi virus seperti N439K ini maka vaksin yang ada sekarang bisa berkurang efektivitasnya. Upaya pencegahan terbaik yang dapat dilakukan adalah menerapkan 5M.

Penting sekali untuk tetap menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, mencuci tangan secara rutin, dan tentu saja memakai masker. Mutasi yang terjadi bisa meningkatkan penularan virus ini lebih tinggi dari sebelumnya. Tentu dibutuhkan penerapan protokol kesehatan yang jauh lebih ketat demi kesehatan bersama.

Mutasi virus Corona N439K ini tentu menjadi mimpi buruk bagi kita semua. Bagaimanapun juga kita berharap wabah virus ini segera usai. Meskipun mimpi buruk ini nyata ada di depan kita, jangan panik dan tetap waspada. Terapkan protokol kesehatan dan jangan lengah. Mari kita hadapi bersama agar virus corona segera musnah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apabila Anda mengalami gejala ringan dari COVID-19, Anda dapat gunakan paket ISOMAN A LIFEPACK (Rp217.399) yang berisi suplemen daya tahan tubuh saat isolasi mandiri. Apabila gejala yang dialami sudah cukup berat, segera konsultasi dengan dokter. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman