fbpx

Ini Dia Daftar Penyakit Akibat Tidak Mencuci Tangan

Okt 15, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Mungkin anda sudah sering mendengar ajakan mencuci tangan demi kesehatan. Ya, tagline yang satu ini memang sangat penting. Bahkan Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan cuci tangan dapat menyelamatkan nyawa. Mengapa mencuci tangan menjadi sangat penting? Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? kan 

 Tenang! Lifepack akan bantu menjelaskannya pada ulasan berikut ini. 

Pentingnya Mencuci Tangan

Meski terlihat sepele ternyata hal yang satu ini tidak bisa diabaikan. Karena manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Mencuci tangan merupakan hal yang dapat mencegah anda dari berbagai penyakit. Kuman penyebab penyakit dapat menyerang Anda kapanpun dan dimanapun (Baca juga Ini Dia Alasan Mengapa Anda Harus Mencuci Tangan!).

Anda dapat terkena kuman penyebab penyakit baik pada anggota tubuh, atau benda-benda yang Anda pakai, terutama tangan. Anda mungkin menyentuh benda-benda yang di permukaan nya terdapat kuman, sehingga kuman akan menempel pada tangan. Ketika Anda tidak mencuci tangan, kuman dapat masuk ke dalam tubuh saat Anda makan, atau menyentuh hidung dan mulut. Kuman-kuman tersebut dengan mudahnya dapat menyebabkan penyakit pada tubuh. Sehingga Anda mungkin akan sakit dan Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu mencuci tangan sangatlah penting. 

Banyak sekali penyakit yang disebabkan akibat tidak mencuci tangan. Penyakit yang paling sering muncul akibat perilaku tidak mencuci tangan adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Beberapa bakteri yang sering menjadi penyebab penyakit akibat tidak mencuci tangan adalah E. coli dan Salmonella. Selain itu virus yang dapat menyebabkan penyakit akibat tidak mencuci tangan salah satunya adalah virus SARS-CoV yang menyebabkan COVID-19.

Daftar Penyakit yang Disebabkan Tidak Mencuci Tangan

penyakit-mencuci-tangan

Meski telah dijelaskan beberapa patogen dan penyakit akibat tidak mencuci tangan, namun masih terbanyak penyakit-penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh perilaku tidak mencuci tangan. Simak rangkumannya berikut ini.

1. Diare

Diare merupakan penyakit yang mungkin paling Anda dengar akibat tidak mencuci tangan. Penyakit yang satu ini memang keseringan terjadi akibat tidak mencuci tangan. Penyakit ini ditandai dengan Buang Air Besar (BAB) bertekstur cair dengan frekuensi lebih dari satu kali dalam sehari (Baca juga Diare: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan).

Diare terbagi menjadi dua, yaitu diare akut dan kronik. Pada diare akut biasanya ditandai dengan Buang Air Besar (BAB) lebih dari tiga kali dalam sehari yang berlangsung kurang dari 14 hari. Diare akut lebih cepat sembuh, umumnya satu sampai dua hari. 

Sedangkan pada diare kronis terjadi selama empat minggu atau lebih, dan dapat dipengaruhi oleh masalah kesehatan yang mempengaruhi saluran cerna.

Diare dapat menimbulkan beberapa komplikasi seperti dehidrasi dan malabsorbsi. Oleh karena itu, ketika seseorang diare dianjurkan untuk mengonsumsi cairan yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Demam Tifoid (Tifus)

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan penyakit tipes atau tifus. Dalam medis, penyakit ini disebut dengan demam tifoid. Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini terjadi akibat kebiasaan mencuci tangan yang tidak dilakukan. Biasanya penyakit ini terjadi ketika orang yang terinfeksi menggunakan toilet, menyentuh permukaan barang, yang dapat disentuh oleh orang yang sehat. Ketika orang yang sehat tidak mencuci tangan, bakteri akan tetap menempel pada tangan mereka dan dapat masuk ketika mereka makan serta menyentuh hidung dan mulut.

Selain itu penyakit ini juga sering terjadi pada daerah yang memiliki sanitasi buruk. Makanan dan minuman di daerah yang memiliki sanitasi buruk berkemungkinan telah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi.

3. Hepatitis A

Selain diare dan demam tifoid, penyakit lain yang dapat terjadi akibat kebiasaan tidak mencuci tangan adalah hepatitis A. Penyakit ini merupakan infeksi yang menimbulkan inflamasi pada hati. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini sangat mudah menyebar. Virus hepatitis A dapat menyebar melalui kontak fisik, dan makanan yang terkontaminasi virus. Penyakit hepatitis A yang menyebar dapat menyebabkan wabah karena penyebarannya yang sangat cepat. 

Oleh karena itu, mencuci tangan merupakan kunci penting dalam mencegah penyakit ini. Selain mencuci tangan, Anda juga dapat mencegah penyakit ini dengan vaksinasi hepatitis A.

4. Impetigo

Impetigo merupakan salah satu infeksi yang disebabkan akibat malas mencuci tangan. Penyakit ini merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus dan Staphylococcus aureus. Biasa penyakit ini memiliki gejala umum seperti warna kemerahan, luka terbuka, cairan atau nanah yang keluar dari luka pada kulit.

Biasanya butuh 10 hari untuk luka muncul pasca terinfeksinya seseorang oleh bakteri penyebab impetigo. Penyakit ini merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak berusia 2-5 tahun.

Kapan Saja Waktu Mencuci Tangan yang Tepat?

Meski penting, mungkin Anda kebingungan kapan saja waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Mengingat Anda tidak bisa setiap saat mencuci tangan karena sedang melakukan aktivitas lain. Berikut waktu-waktu yang tepat untuk mencuci tangan.

  1. Setelah melakukan aktivitas
  2. Sebelum makan
  3. Sebelum memasak
  4. Setelah dari toilet
  5. Sebelum menyusui

Jika Anda tidak berkemungkinan untuk mencuci tangan, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.

Itulah informasi mengenai pentingnya mencuci tangan dan daftar penyakit yang mengancam jika Anda malas untuk mencuci tangan. dr. Denny Archiando dari Tim Dokter Lifepack juga menambahkan bahwa Banyak penyakit yang dapat terjadi apabila malas mencuci tangan, namun semua itu bisa dicegah dengan cara rajin mencuci tangan. Hal kecil yang terkesan sepele namun manfaatnya sangat besar untuk kesehatan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:
Better Health Channel. Diarrhoea. Diakses pada 2020.

Centers for Disease Control and Prevention. Diarrhea. Diakses pada 2020.

Centers for Disease Control and Prevention. Impetigo. Diakses pada 2020.

Centers for Disease Control and Prevention. Typhoid Fever. Diakses pada 2020.

MedlinePlus. Preventing Hepatitis A. Diakses pada 2020.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis