fbpx
BerandaDokterPeran Penting Dokter dan Layanan Telemedik Saat Pandemi

Sampai saat ini Indonesia masih dilanda dengan pandemi COVID-19 Tidak hanya Indonesia melainkan berbagai negara di belahan dunia juga masih berjuang melawan pandemi ini. Per 15 Oktober 2020,  jumlah kasus positif di Indonesia mencapai 349.160 dan kasus meninggal mencapai 12.268 kasus. 

peran dokter pandemi

Berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran covid-19. Sebut saja Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  yang membatasi kegiatan masyarakat di muka publik seperti perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. 

Kini  banyak orang khawatir untuk keluar rumah karena risiko tertular covid-19 yang tinggi. Tidak hanya pusat perbelanjaan saja, terkadang orang juga takut untuk mengunjungi  pelayanan kesehatan, karena sebagian dari tempat ini merupakan tempat perawatan bagi pasien-pasien covid-19.

Padahal jika dalam kondisi sakit Pelayanan Kesehatan merupakan tempat yang sangat penting untuk dikunjungi agar pasien segera mendapat penanganan dan obat untuk kesembuhannya.

Di saat pandemi seperti sekarang, Tenaga Kesehatan merupakan Pioneer dalam mengatasi situasi ini. Karena tenaga medis lah yang berjuang menyembuhkan dan berkontak langsung dengan pasien pasien covid-19, salah satunya dokter.

Selain itu bagi pasien yang sehat, layanan telemedicine menjadi di opsi utama untuk berobat di waktu pandemi. Mengapa? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini (Baca juga Peran Penting Dokter dalam Perkembangan Layanan Telemedik). 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Peran Penting Dokter saat Pandemi

Selama pandemi covid-19, banyak korban yang telah berjatuhan. Dokter merupakan salah satu tenaga medis yang melakukan kontak langsung dan berjuang untuk menyembuhkan pasien covid-19. 

Tidak hanya itu, dokter dan tenaga kesehatan lainnya bahkan rela bertaruh nyawa untuk ikut membantu mengatasi pandemi ini. Berdasarkan data tim mitigasi pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia bersama Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia,  terdapat 130 dokter yang gugur, 3 dokter gigi, dan 92 perawat yang meninggal dunia akibat covid-19. Tentu hal ini menjadi kekhawatiran besar, karena sampai saat ini pandemi masih berlangsung dan kasus positif masih terus meningkat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain berperan penting dalam penanganan pasien covid-19, dokter juga berperan dalam menyebarkan informasi mengenai covid-19 yang akurat untuk menangkal hoax yang beredar di tengah masyarakat. Sehingga masyarakat tidak salah persepsi dalam mencegah atau menangani covid-19. 

Pentingnya Layanan Telemedik saat Pandemi

Selain dokter, ternyata layanan telemedicine atau telemedika berperan penting dalam pelayanan kesehatan di masa pandemi seperti saat ini. Dengan adanya layanan telemedika mempermudah pasien untuk mengakses pelayanan kesehatan sehingga pasien tidak perlu khawatir lagi akan risiko penularan covid-19. 

Seperti yang kita ketahui bersama, zaman kini telah semakin berkembang. Komunikasi jarak jauh bukanlah lagi masalah. Kini berbagai macam hal dapat diakses hanya melalui layar ponsel, mulai dari transaksi bank, pesanan makanan, bahkan belanja. 

Namun tidak hanya sampai di situ, hingga pelayanan kesehatan. Dengan layanan telemedik, kini bisa dengan mudah berkonsultasi dengan dokter tanpa harus bertatap muka loh! Hal ini tentu mempermudah pasien dalam menjangkau pelayanan kesehatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, layanan telemedik sangat memudahkan pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan terutama dalam mencegah penularan COVID-19. Layanan yang dilakukan tanpa tatap muka membuat pasien tetap di rumah.

peran dokter pandemi
Peran dokter di masa pandemi sangat penting. Selain menangani pasien, dokter juga menyebarkan informasi yang akurat kepada masayarakat luas.

Kini pasien dan dokter tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk melakukan konsultasi. Konsultasi dapat dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah menggunakan internet dan dan gadget saja. Hal ini tentu mempermudah pasien dan dokter terutama dalam fleksibilitas tempat dan waktu. Selain itu layanan telemedika kini juga telah berkembang hingga penebusan resep obat juga dapat dilakukan secara online. Pesanan obat akan diproses dan kemudian pesanan akan langsung diantar ke rumah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Peran Dokter dalam Perkembangan Telemedik

Jika berbicara mengenai peran, banyak sekali yang pihak-pihak yang berperan penting dalam revolusi kesehatan ini, salah satunya adalah dokter.

Dokter berperan penting dalam memberikan diagnosa hingga memberikan pilihan pengobatan yang efektif kepada pasien. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan, terlebih layanan telemedik dilakukan tanpa tatap muka. Biasanya dokter akan merujuk pasien untuk melakukan kunjungan ke pelayanan kesehatan. Hal ini dilakukan agar pasien mendapat pemeriksaan lebih lanjut untuk keakuratan diagnosa.

Bergabung dengan telemedik, dokter membuat pasien jauh lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan. Terlebih bagi pasien yang kesulitan mengakses pelayanan kesehatan akibat kondisi geografis maupun kondisi kesehatan yang tidak mendukung. Pasien menjadi lebih cepat mengetahui apa yang perlu mereka lakukan ketika gejala awal dari sebuah penyakit terjadi. 

Dokter juga telah ikut berperan dalam membangun revolusi pelayanan kesehatan semakin maju dan mudah untuk diakses semua orang tanpa terkecuali. Ini tentu hal yang sangat dinantikan oleh para pasien.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Ditulis oleh: Nada Karisma

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Referensi:

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Data Sebaran COVID-19. Diakses pada 2020.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

resep obat harus ditulis dengan baik dan benar. Agar tidak lupa dan bingung, berikut cara penulisan resep obat yang baik dan benar.

Begini Cara Penulisan Resep Obat yang Baik dan Benar

Dokter   24/05/2022
cara tebus obat online

Cara Tebus Obat Online & Obat Rutin di Lifepack

Telemedik   18/03/2022
dokter perempuan pertama di indonesia

Marie Thomas: Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Dokter   08/03/2022
dokter umum surabaya

20 Rekomendasi Dokter Umum Surabaya

Dokter   17/02/2022
pilihan dokter jantung anak jakarta

Daftar Pilihan Dokter Jantung Anak Jakarta

Dokter   17/02/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman