fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Glucosamine atau glukosamin pada umumnya merupakan obat yang digunakan untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang rawan. Akan tetapi, obat ini juga dapat digunakan untuk kondisi peradangan, kerusakan pada tulang rawan atau penyakit hilangnya tulang rawan seperti osteoarthritis (Baca juga 7 Ciri-Ciri Kanker Tulang yang Perlu Anda Waspadai). 

Obat ini biasanya dapat ditemukan pada suplemen herbal. Dimana suplemen herbal tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda, mulai dari glucosamine sulphate, glucosamine hydrochloride dan nacetyl glucosamine.ketiga bentuk glucosamine ini memiliki efek yang berbeda saat digunakan sebagai suplemen.

Informasi

Dalam mengonsumsi obat glucosamine ada hal yang harus diperhatikan. Seperti, saat sudah mengonsumsi salah satu jenis glucosamine, jangan menggunakan formula glucosamine yang lain pada waktu yang bersamaan. Karena dapat meningkatkan resiko overdosis. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal dibutuhkan waktu kurang lebih delapan minggu, dengan catatan suplemen herbal digunakan secara rutin.

Untuk penyimpanan glucosamine lebih baiknya jangan pada tempat yang lembab. Jangan juga menempatkannya pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung ataupun tempat yang beku seperti freezer. Tempat yang paling tepat adalah pada suhu ruangan. Dan yang paling penting jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak. Dan apabila sudat tidak digunakan lagi ada baiknya segera dibuang, berlaku juga pada suplemen yang telah kadaluwarsa.

Dosis

Untuk mengonsumsi glucosamine dengan dosis yang diperlukan ada baiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Karena setiap keadaan pasien memiliki dosis yang berbeda untuk dikonsumsi setiap harinya. Panjang waktu dalam penggunaan juga berbeda tergantung jenis glucosamine yang digunakan.

glukosamin, glucosamine
Glucosamine atau glukosamin pada umumnya merupakan obat herbal yang digunakan untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang rawan.

Untuk dosis glucosamine yang digunakan untuk anak-anak belum ada ketentuan. Karena bisa saja berbahaya digunakan, jika yang mengonsumsi anak-anak.

Glukosamin tersedia dalam dosis, glucosamine HCI 250 mg, 500 mg tablet, Glucosamine sulphate 1500 mg, Powder for Oral Solution 1.5 gram, Solution dan Intravenous 400 mg atau 3 mL.

Kontraindikasi

  1. Jangan mengonsumsi obat ini bila memiliki alergi pada glucosamine
  2. Beritahu juga pada dokter atau medis jika memiliki alergi pada kerang
  3. Sebelum menggunakan obat ada baiknya bertanya pada dokter, medis ataupun apoteker, apakah obat tersebut dapat dikonsumsi dan sesuai dengan kondisi kesehatan.
  4. Beritahu pada medis apabila menggunakan obat pengencer darah 
  5. Jangan pernah memberikan glucosamine pada anak tanpa izin dari dokter
  6. Jika sedengan mengandung ataupun menyusui beritahukan kondisinya pada dokter
  7. Dan untuk beberapa glukosamin ada yang mengandung mineral mangan. Yang mana jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan overdosis pada pasien.

Interaksi dengan Obat Lain

Tidak semua obat dapat berinteraksi dengan obat ini, karena dapat meningkatkan resiko efek samping yang serius. Tetapi ada sebagian obat yang cocok berinteraksi dengan glucosamine dan mungkin bisa menjadi jenis obat yang baik untuk kesehatan pasien. Berikut beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan glucosamine adalah anisindione, dicomarol, warfarin (obat pengencer darah) dan masih ada yang lainnya.

Kelompok Orang Berisiko

Ada beberapa pasien yang dapat meningkatkan interaksi glucosamine pada tubuhnya, atau bahkan dapat meningkatkan efek samping saat dikonsumsi. Oleh karena itu untuk menyakinkan diri mengonsumsi obat ini ada baiknya mencatat kondisi diri sendiri dan bertanya pada ahlinya.

Beberapa orang yang beresiko meningkatkan efek samping penggunaan obat adalah sebagai berikut:

  1. Pasien yang memiliki alergi kerang
  2. Anak-anak
  3. Ibu hamil dan menyusui

Efek Samping

Dalam mengonsumsi obat ini terdapat efek samping yang dirasakan, namun tidak tidak semua pasien yang mengonsumsi obat ini merasakan efek yang sama. Ada yang tidak merasakan efek sama sekali da nada yang merasakan efek yang ringan.

Karena itu sebelum mengonsumsi obat ini ada baiknya mengetahui efek-efek yang ditimbulkan untuk berjaga-jaga. Berikut ini efek samping yang ditimbulkan oleh glucosamine:

  1. Mutah-mutah
  2. Diare
  3. Dada yang terasa panas seperti terbakar
  4. Sakit pada kepala 
  5. Megantuk
  6. Reaksi alergi (jika terjadi ini segera meminta bantuan medis)

Cara Konsumsi

Untuk cara mengonsumsi glukosamin ada beberapa yang harus diperhatikan terlebih dahulu, seperti:

  1. Jika membeli obat tanpa resep dari dokter ada baiknya tanya kepada ahlinya (Dokter) terlebih dahulu. Ini digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih obat, agar tidak salah mengonsumsi.  
  2. Gunakan glucosamine sesuai dengan anjuran dan periksa label obat untuk aturan dosis yang digunakan.
  3. Jangan mengonsumsi dua jenis formula glucosamine pada waktu yang bersamaan, karena ada kemungkinan dapat meningkatkan resiko overdosis
  4. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat ini dibutuhkan kurang lebih delapan minggu, itu pun harus dikonsumsi secara rutin dan sesuai dosisnya.
  5. Jika pasien pengidap diabetes lebih baik memeriksakan gula darah terlebih dahulu.
  6. Ikuti saran yang sudah diberikan oleh dokter dalam mengonsumsi
  7. Dosis obat tergantung pada pengguna dan juga jenis glucosamine yang digunakan.
  8. Serta untuk suplemen herbal yang tidak diketahui tanyakan lebih lanjut pada apoteker atau dokter untuk lebih jelasnya.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis