fbpx
BerandaHidup Sehat7 Ciri-Ciri Kanker Tulang yang Perlu Anda Waspadai

Kanker tulang adalah kondisi yang terjadi ketika sel-sel kanker menyerang bagian-bagian tulang. Kanker dimulai saat sel mulai tumbuh di luar kendali. Sel kanker dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya ini. 

ciri-ciri-kanker-tulang

Kanker tulang termasuk dalam salah satu penyakit yang jarang terjadi. Meski begitu, kanker tulang masih menjadi penyakit mematikan di Indonesia. Kanker tulang primer adalah kanker yang terbentuk di sel-sel tulang. 

Meskipun tidak seganas kanker otak dan serviks penyakit ini juga banyak menyerang orang Indonesia. Maka dari itu perlu kewaspadaan tinggi untuk mengenali sejak dini seperti apa ciri-ciri kanker tulang. 

Ciri-Ciri Kanker Tulang

Menurut CDC, kanker tulang biasanya ditandai dengan beberapa gejala awal seperti rasa sakit dan pembengkakan pada area tulang dan biasanya akan terasa lebih sakit pada malam hari. Rasa sakit tersebut tidak akan hilang walaupun Anda telah mengonsumsi obat-obatan yang dibeli di pasaran secara bebas.

Anda juga bisa mengalami patah tulang tanpa penyebab yang jelas, kelelahan, demam, penurunan berat badan, dan anemia. 

Ciri-ciri kanker tulang dapat berkembang dan menjadi parah adalah:

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Nyeri pada area tulang

Gejala kanker tulang yang pertama adalah munculnya rasa nyeri di area yang terdampak. Ini menandakan sedang terjadi masalah dengan tulang termasuk telah terjadi pengrusakan sel di dalamnya. 

Umumnya gejala terjadi kambuhan alias nyeri kadang timbul kadang hilang. Namun seiring dengan pertumbuhan kanker yang semakin kronis rasa nyeri semakin intensif dan sangat menyakitkan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Rasa nyeri lebih terasa ketika pasien atau penderita sedang bergerak. Utamanya saat sudah memasuki malam hari dan menjelang tidur. Hal ini yang membuat pasien merasa sangat terganggu karenanya. 

2. Pembengkakan atau inflamasi

Gejala yang berikutnya ialah terjadi pembengkakan atau inflamasi. Gejala ini menandakan tulang mengalami peradangan kronis maupun akut. Ini juga termasuk gejala yang sangat mengganggu. 

Peradangan yang terjadi tidak semata di tulang yang bermasalah. Melainkan juga terjadi di sekitarnya yang membuat pembengkakannya terlihat besar. Semakin parah sel yang rusak semakin besar pula bentuk inflamasi-nya. 

Gejala terparah jika pembengkakan terjadi di sekitar organ persendian. Karena pastinya pasien akan kesulitan untuk bergerak disebabkan oleh rasa nyeri luar biasa. Ini yang terkadang membuat pasien stres dan patah semangat. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Tulang rapuh 

Gejala kanker tulang yang ketiga adalah tulang rapuh. Hal ini merupakan efek dari netralisasi dari sel sehat yang tidak normal karena yang tumbuh sel cancer yang menggerogoti tulang. 

Jika gejala ini sudah muncul resiko terkecilnya adalah penderita lebih sering mengalami cedera ringan. Cedera yang dialami disebabkan karena tarena tulang sudah tidak memiliki nutrisi yang melapisinya agar tidak mudah bergeser. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sedangkan resiko terparah adalah mengalami fraktur atau patah tulang. Bahkan tidak jarang tulang yang patah menembus kulit yang bisa menyebabkan kecacatan sementara maupun permanen. 

4. Sensasi kebas

Gejala sensasi kebas maksudnya adalah mati rasa. Umumnya terjadi di sekitar tulang yang bermasalah dengan kanker. Jika gejala ini sudah muncul berarti penyakit kanker mulai menyebar karena sel yang rusak telah menekan saraf dan membuatnya tidak berkembang. Ini yang memicu terjadinya kebas atau mati rasa. 

Kebas merupakan gejala kanker tulang yang paling banyak terjadi. Ironisnya banyak pasien yang menganggapnya sebagai tanda-tanda mati rasa biasa sehingga penyakit pun diremehkan. 

5. Sesak napas

Gejala penyakit kanker tulang lainnya adalah sesak napas, sebuah tanda penyakit yang sudah masuk stadium tinggi karena penyebarannya sudah mencapai organ pernapasan yaitu paru-paru. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika sudah memasuki gejala ini maka pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit agar bisa dilakukan tindakan yang lebih tepat, menyeluruh,  dan sesuai dengan kondisi pasien. 

Pada tahap ini yang terkadang pasien mengalami penurunan kondisi. Bahkan tidak sedikit harus berakhir dengan kematian. Atas dasar itu tindakan penanganan secepatnya merupakan langkah terbaik yang harus dilakukan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

6. Demam tinggi

Gejala kanker yang berikutnya adalah mengalami demam tinggi. Tanda-tanda yang pasti terjadi ketika ada abnormalitas metabolisme di dalam badan yang disebabkan oleh sel kanker. Artinya, setiap muncul penyakit kanker pasti ada gejala demam yang menyerang penderita. Ini berlaku untuk seluruh jenis kanker, termasuk kanker tulang. Maka dari itu jika nyeri tulang disertai gejala ini segera lakukan pencegahan secepatnya. 

Demam tinggi untuk kanker tulang bersifat kambuhan. Kadang demam tinggi secara perlahan tidak jarang pula suhu tingginya meningkat dengan tajam. Jika gejala ini yang muncul tentu pasien malas untuk beraktivitas. 

7. Berkeringat di malam hari

Gejala yang berikutnya adalah selalu berkeringat di malam hari. Sebuah abnormalitas karena sejatinya malam lebih dingin dan sejuk. Apabila seseorang berkeringat tanpa melakukan aktivitas berat di malam hari adalah hal yang perlu dicurigai. 

Ini juga disebabkan oleh pasien yang menahan rasa nyeri pada tulang sehingga muncul keringat membanjiri tubuhnya. Namun sebagian besar jenis keringat yang keluar adalah keringat dingin, bukan karena kepanasan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika terjadi gejala keringat di malam hari dan nyeri tulang coba konsultasikan dengan dokter spesialis. Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala kanker tulangItulah beberapa gejala kanker tulang yang harus diwaspadai. Jangan tunggu mengalami penyakit untuk melakukan penanganan. Pastikan gejala ini muncul saja segera lakukan tindakan pencegahan secepatnya. 

Demikian informasi seputar ciri dan gejala kanker tulang yang perlu diwaspadai. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk pasien kanker tulang hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman