fbpx
BerandaHidup SehatBegini Tata Cara Vaksin Gratis bagi Pemilik BPJS

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Program vaksinasi sudah dimulai pemerintah sejak awal tahun 2021. Bermula dari vaksinasi untuk garda terdepan di negeri ini, hingga sekarang vaksinasi sudah bisa diperoleh oleh semua lapisan masyarakat. Masyarakat bisa memperoleh vaksin Corona gratis, dengan regulasi yang sama sekali tak ribet. Lalu, bagaimana cara memperoleh vaksin gratis ini? Simak tata caranya berikut ini.

vaksin gratis

Cara Mendapatkan Vaksin Gratis 

Pemerintah bertujuan agar masyarakat yang kondisinya memenuhi syarat menerima vaksin, bisa segera divaksinasi. Makanya, pemerintah pun mencanangkan program vaksinasi Corona gratis alias tak dipungut biaya sepeser pun. Jadi, masyarakat tak perlu memusingkan harga vaksin atau biaya untuk vaksinasi tersebut. Ikuti cara berikut ini, untuk bisa mendapatkan vaksin Corona gratis. 

1. Langsung Mendatangi Fasilitas Kesehatan

Agar bisa mendapatkan vaksin Corona secara gratis, Anda bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat di lingkungan Anda. Fasilitas kesehatan yang dimaksud adalah seperti puskesmas dan rumah sakit, baik itu milik pemerintah maupun swasta. Vaksin Corona di fasilitas kesehatan terutama sekali ditujukan untuk para lansia.

Beberapa daerah di Indonesia ada yang berinisiatif menginformasikan pada warganya, mengenai kegiatan vaksinasi gratis yang diadakan. Informasi tersebut di antaranya memuat tanggal vaksinasi yang dilakukan, serta faskes mana yang mengadakan vaksinasi tersebut. Dengan begini, masyarakat bisa memilih waktu dan di faskes mana ia akan melakukan vaksinasi tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa vaksin Corona gratis juga bisa diperoleh, tanpa ada ketentuan domisili. Jadi, persyaratannya pun umumnya hanya dengan menunjukkan KTP saja saat datang ke fasilitas kesehatan yang mengadakan vaksinasi. Jika kondisi tubuh layak untuk divaksin, maka vaksin Corona akan bisa diperoleh.   

2. Mendaftar di Tautan yang Disediakan Tiap Ibu Kota Provinsi

Selain dengan mendatangi fasilitas kesehatan terdekat yang menyelenggarakan vaksinasi gratis, Anda juga bisa mendaftar di tautan yang disediakan masing-masing ibu kota provinsi, untuk mendapatkan vaksin gratis. Tautan yang disediakan ini memang menyasar lansia untuk bisa segera divaksinasi. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tiap ibu kota provinsi, memiliki tautan yang berbeda. Misalnya, jika calon penerima vaksin tinggal di DKI Jakarta, bisa mengunjungi tautan dki.kemkes.go.id. Pada laman tautan tersebut, calon penerima vaksin diminta untuk mengisi data pribadi, serta memilih fasilitas kesehatan yang akan jadi tempat dilakukannya vaksinasi.

Apakah Vaksin Gratis Hanya untuk Pemilik BPJS Saja? 

Sebagian masyarakat mungkin ada yang mempertanyakan, apakah cara vaksin gratis dengan BPJS, berbeda dengan orang yang tak memiliki BPJS? Jawabannya adalah, sama sekali tak ada perbedaan cara mendapatkan vaksin Corona gratis, bagi pemilik BPJS maupun non-BPJS. Jadi, masyarakat yang belum memiliki BPJS pun tetap bisa memperoleh vaksin Corona secara gratis. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tips Sebelum Menjalani Vaksin Gratis COVID-19

Setelah mengetahui kapan dan di mana akan menjalani vaksinasi, saatnya Anda persiapkan diri sebelum divaksin. Memang tak ada kewajiban untuk melakukan hal tertentu sebelum divaksin, namun dengan melakukan hal-hal tertentu tersebut, akan bisa menjaga tubuh tetap fit hingga saat divaksin nantinya. Simak deretan tips sebelum vaksinasi COVID-19 berikut ini.

1. Hindari Begadang pada Malam Sebelum Vaksin Gratis

Bagi Anda yang suka begadang, baiknya tinggalkan dulu kebiasaan ini saat Anda akan divaksin keesokan harinya. Begadang akan menyebabkan daya tahan tubuh jadi menurun dan tubuh jadi mudah lelah. Jika sekiranya daya tahan tubuh menurun dan Anda demam di hari vaksinasi, maka Anda tak akan memenuhi persyaratan untuk divaksin. 

2. Hindari Makanan yang Berisiko Membuat Tubuh Jadi Tidak Fit

Beberapa hari sebelum menerima vaksin Corona, baiknya Anda hindari makanan atau minuman yang bisa membuat tubuh jadi tidak fit. Makanan dan minuman itu misalnya seperti minuman dingin yang bisa menyebabkan batuk atau makanan pedas yang bisa menyebabkan diare. Jika kondisi tubuh Anda tak kunjung prima hingga hari vaksinasi, maka vaksin tak akan bisa diberikan. 

3. Hindari Mengonsumsi Obat-obatan Stimulan

Sebelum dokter atau tenaga kesehatan memvaksin seseorang, pasti akan ditanya apakah sebelumnya orang tersebut mengonsumsi obat-obatan tertentu atau tidak. Pasalnya, kandungan obat-obatan yang sebelumnya dikonsumsi, bisa saja memunculkan interaksi dengan cairan vaksin Corona yang diinjeksikan ke dalam tubuh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Pastikan Tubuh Rileks Sebelum Divaksin

Sebelum divaksin, pastikan tubuh Anda sudah dalam kondisi rileks. Pasalnya, tensi darah akan dicek terlebih dahulu, untuk memastikan boleh atau tidaknya untuk divaksin. Saat tubuh berada dalam kondisi rileks, tensi yang muncul pun juga akan normal. Jadi, jangan sampai Anda dalam kondisi tergesa-gesa, habis berlari, panik, atau cemas sebelum menjalani vaksinasi tersebut. 

Dalam rangka mensukseskan program vaksinasi COVID-19 bagi seluruh masyarakat, pemerintah pun memberikan akses bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan vaksin gratis. Caranya begitu mudah, di antaranya dengan mendatangi langsung fasilitas kesehatan di lingkungan Anda, yang menyelenggarakan vaksinasi. Selain tak memungut biaya, regulasinya pun juga begitu mudah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien.

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman