fbpx
BerandaHidup SehatCatat, Ini Waktu Ideal Tes Antigen untuk Hasil Akurat

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

waktu-ideal-tes-antigen

Tes COVID-19 kini semakin marak dilakukan. Pilihan jenis tes pun lebih beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah tes antigen untuk mendeteksi infeksi virus ini. Namun, perlu diketahui bahwa tes ini tidak bisa dilakukan sembarang waktu. Ada waktu ideal tes antigen yang akan membantu Anda mendapatkan hasil yang akurat. 

Setiap jenis tes memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda. Namun penting untuk diketahui bahwa waktu pelaksanaan tes juga akan berpengaruh pada hasilnya. Tes COVID-19 itu sendiri juga membutuhkan biaya sehingga akan jauh lebih baik memilih waktu yang tepat agar tak sia-sia. Kali ini akan dibahas kapan waktu terbaik untuk melakukan tes antigen COVID-19.

Pengertian Tes Antigen

Sebelum bicara kapan waktu yang tepat untuk tes, mari pahami dulu pengertian dari tes antigen ini. Tes antigen adalah pengujian diagnostik untuk mendeteksi adanya protein spesifik virus SARS-CoV-2. Deteksi ini dilakukan dengan mengenali adanya antigen yang ada dalam tubuh.

Lalu, apa itu antigen? Antigen merupakan zat yang akan muncul dalam tubuh apabila ada indikasi infeksi virus. Zat ini nantinya akan merangsang imunitas. Tes antigen ini prinsip kerjanya adalah mendeteksi adanya antigen. Jika ada antigen dalam tubuh maka bisa disimpulkan bahwa tubuh sedang terinfeksi virus sehingga menghasilkan antigen tersebut.

Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel dari tubuh individu. Sampel yang digunakan adalah cairan atau lendir di saluran pernapasan, bisa dari hidung maupun tenggorokan. Sampel ini kemudian akan ditempatkan di larutan khusus yang akan mendeteksi adanya antigen dalam tubuh atau tidak. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Waktu Ideal Tes Antigen yang Dianjurkan

Sebenarnya tes ini dapat dilakukan kapan saja sesuai kemauan. Selama Anda tak masalah menjalani tes dan punya biaya yang mencukupi maka tes bisa dilakukan. Tapi demi mendapatkan hasil yang akurat, maka pelaksanaan tes sebaiknya dipilih di waktu yang tepat. Berikut adalah waktu ideal tes antigen yang dianjurkan:

1. Setelah Kontak Erat dengan Orang Terinfeksi

Tes antigen lebih dianjurkan untuk dilakukan saat Anda baru saja berkontak erat dengan orang yang terinfeksi. Itulah mengapa penting sekali untuk berhati-hati di tengah pandemi seperti sekarang. Dengan siapa Anda berhubungan bisa menjadi penentu apakah Anda akan terinfeksi atau tidak.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apabila sudah diketahui Anda baru saja berkontak dengan orang terinfeksi COVID-19 maka lakukan tes antigen antara 5-14 hari setelahnya. Tak perlu melihat apakah Anda bergejala atau tidak. Jika hasilnya positif maka segera lakukan isolasi mandiri. Namun jika ingin hasil yang lebih akurat maka bisa lakukan tes lainnya untuk memastikan.

2. Mengalami Gejala Ringan atau Berat

COVID-19 memang bisa menginfeksi tubuh dengan atau tanpa gejala. Namun, saat Anda merasakan gejala infeksi COVID-19 baik itu ringan maupun berat sebaiknya segera lakukan tes antigen. Gejala yang harus diwaspadai adalah demam, batuk kering, sesak napas, sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung tersumbat, juga produksi dahak berlebih. 

3. Waktu Ideal Tes Antigen sesuai Kebutuhan

Pilihan waktu tes antigen terbaik adalah saat hasil tes ini dibutuhkan. Bagi Anda yang mungkin harus berpergian atau memiliki kepentingan tertentu dengan syarat hasil tes COVID-19 maka bisa langsung jalani tes antigen. Jika memang tidak ada alasan untuk melakukan tes dan tubuh dalam kondisi sehat maka tes antigen tidak perlu dilakukan.

Tingkat Akurasi Tes

Tes antigen ini memang dinilai memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Namun hasilnya tidak lebih akurat dari tes PCR. Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi akurasi dari tes ini. Berikut adalah beberapa hal yang berpengaruh pada hasil tes antigen:

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Pemilihan Waktu Ideal Tes Antigen

Hasil tes akan akurat jika tes dilakukan di waktu yang tepat. Tes ini bisa memberikan hasil palsu apabila infeksi virus dalam tubuh belum begitu tinggi. Bisa saja tubuh sebenarnya terinfeksi namun hasilnya negatif karena tubuh belum memproduksi antigen. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan di waktu yang tepat sesuai rekomendasi yang sudah dibahas sebelumnya. 

“Tanggapan pada hari ke 5-7 setelah virus masuk biasanya merupakan puncak, dan biasanya awal muncul gejala, saat ini juga merupakan saat yang baik untuk tes antigen karena virus sedang tinggi dan lebih mudah dideteksi,” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Ketelitian Operator yang Bekerja

Keakuratan hasil tes juga akan sangat dipengaruhi oleh ketelitian operator dalam bekerja. Anda sangat disarankan untuk memilih tempat tes yang berkualitas dan terpercaya. Pastikan tes dilakukan secara tepat dan akurat sehingga bisa memberikan hasil yang benar.

3. Kualitas Alat yang Digunakan

Alat tes yang dipakai juga bisa berpengaruh pada hasil yang diberikan. Tak ada salahnya untuk mencari rekomendasi tempat tes yang memang menggunakan alat berkualitas dan tenaga kesehatannya juga profesional. Hal ini dilakukan demi menerima hasil yang akurat sesuai kondisi tubuh.

4. Teknik Penanganan Sampel

Pengambilan serta penanganan sampel yang tidak tepat juga bisa memberikan hasil tes yang salah. Jika memang hasil akhirnya nanti diragukan maka Anda bisa mencoba melakukan tes ulang. Jika masih merasa ragu maka ambil jenis tes lain yang lebih akurat.

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, penting sekali untuk sadar terhadap kondisi diri sendiri. Jangan lupa untuk terus menjaga kondisi kesehatan tubuh serta berkonsultasi rutin dengan dokter.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar waktu ideal tes antigen. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cara mencegah penyakit kronis

Cara Mencegah Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

Hidup Sehat   23/01/2023
olahraga pengidap diabetes

Olahraga Pengidap Diabetes: Apa Manfaatnya dan Apa Jenis Olahraga yang Bagus?

Diabetes   14/12/2022
komunitas penyakit kronis

Daftar Komunitas Penyakit Kronis: Hipertensi, Diabetes, TBC, dan Banyak Lagi

Hidup Sehat   06/12/2022
komunitas hipertensi indonesia

Daftar Komunitas Hipertensi Indonesia, Beserta Manfaatnya!

Hidup Sehat   05/12/2022
komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman