fbpx
BerandaObatApa itu Cefixime? Manfaat, Dosis, Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Apa itu Cefixime? Obat Golongan Antibiotik untuk Infeksi Bakteri

Apakah Anda pernah mendengar cefixime? Obat ini termasuk kedalam salah satu jenis obat yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Oleh karena itu cefixime juga termasuk kedalam jenis obat antibiotik. Untuk dapat berkenalan lebih dalam, berikut akan dijelaskan informasi penting terkait obat cefixime yang telah Tim Lifepack rangkum untuk Anda.

Apa Itu Obat Cefixime?

Cefixime merupakan obat termasuk kedalam golongan antibiotik dan tidak bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Cefixime merupakan antibiotik golongan cephalosporin generasi 3 yang bekerja dengan cara menghambat sintesis dinding sel bakteri sehingga bersifat bakterisidal. Namun walaupun dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, Anda juga harus memperhatikan cara pengkonsumsiannya terlebih dahulu.

Aturan Penggunaan Obat Cefixime

Sama seperti obat pada umumnya, mengkonsumsi cefixime juga harus memperhatikan berbagai aturan agar penyakit dapat sembuh dengan cepat dan tidak ada efek berbahaya yang terjadi setelah meminumnya.

Ketika mengkonsumsi obat ini, dokter biasanya telah memberikan resep yang sesuai dengan kondisi pasien. Agar tingkat kesembuhan dapat terjadi lebih cepat, maka Anda harus mengkonsumsi obat hingga habis sesuai dosis walaupun gejala penyakit telah hilang sebelum dosis obat habis.Jika konsumsi obat tidak sesuai dosis, maka kemungkinan bakteri penyebab penyakit dapat tumbuh kembali.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Waktu untuk mengkonsumsi cefixime dapat dilakukan sebelum atau sesudah makan sesuai dengan anjuran dokter. PENGGUNAAN OBAT INI HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

Cara Penyimpanan

Agar kondisi kandungan obat dapat terjaga dan tidak rusak, maka Anda harus menyimpan obat ini di suhu ruang dan di tempat yang gelap. Selain itu, jauhkan juga dari jangkauan anak-anak. Namun untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat petunjuk yang biasanya tertera pada label produk.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dosis Cefixime yang Dianjurkan

Untuk dosis cefixime berbeda-beda sesuai dengan usia dan juga jenis penyakit penderita. Umumnya dosis yang dianjurkan yaitu 400 mg dalam sehari atau 200 mg untuk dua kali sehari. Dosis ini sama pada beberapa jenis penyakit diantaranya infeksi saluran kencing, tonsilitis (radang amandel), bronkitis akut, dan juga infeksi serviks.

Penggunaan dosis diatas merupakan dosis yang dianjurkan bagi penderita usia dewasa. Lalu bagaimana dengan anak-anak? Untuk anak-anak sendiri, dosis yang dianjurkan berbeda-beda sesuai dengan usianya. Namun hampir sama pada jenis penyakit yang berbeda.

Untuk anak yang menderita penyakit bronkitis akut, dosis yang dianjurkan bagi usia 6-12 tahun dengan berat badan kurang dari 45 kg adalah 8 mg sehari atau 4 mg untuk dua kali sehari. Sedangkan anak diatas usia 12 tahun, dosis yang dianjurkan yaitu 400 mg sehari atau 200 mg untuk dua kali sehari.

Menurut dr. Amanda Ismoetia, Cefixime adalah antibiotik spectrum luas, artinya cefixime dapat membunuh jenis bakteri gram negatif dan gram positif. Penggunaan antibiotic cefixime harus dengan resep dan pemantauan dokter karena sifatnya yang dapat membunuh 2 jenis bakteri akan berakibat fatal dan terjadi resistensi/kebalnya berbagai jenis bakteri pada antibiotic cefixime.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Efek Samping Cefixime

Cefixime juga termasuk kedalam kategori obat yang memiliki efek samping. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi obat ini Anda perlu memperhatikan beberapa efek samping yang ditimbulkan. Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat ini antara lain:

  • Demam
  • Mati rasa
  • Detak jantung cepat
  • Sesak nafas
  • Diare
  • Muntah
  • Susah tidur

Interaksi Cefixime dengan Obat Lain

Beberapa jenis obat dapat diminum secara bersamaan. Namun penggunaannya tentu membutuhkan resep dari dokter. Begitu pula dengan cefixime. Untuk mengkonsumsi obat ini bersama dengan obat lain, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter agar dokter dapat memberikan dosis yang tepat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Obat cefixime dapat menimbulkan kontraindikasi pada pasien dengan alergi cefixime atau sefalosporin. Sehingga penggunaannya perlu diperhatikan dengan baik.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Obat Paracetamol: Dosis, Cara Konsumsi, dan Efek Samping
Cetirizine, Rekomendasi Obat Penyembuh Alergi
Mengenali Jenis Obat Ibuprofen dan Manfaatnya
Imboost Force, Suplemen untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Pilihan Obat Batuk Berdahak Alami yang Aman untuk Tubuh
Obat Incidal: Fungsi, Dosis, dan Efek Samping

Untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik. Salah satunya dengan menggunakan cefixime. Walaupun dapat mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Anda juga perlu melakukan konsultasi dengan dokter terkait penggunaan cefixime.

Demikian informasi seputar Cefixime. Karena tergolong ke dalam obat keras, Cefixime hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman