fbpx

Cetirizine, Rekomendasi Obat Penyembuh Alergi

Mei 8, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Kebanyakan orang yang memiliki riwayat alergi selalu menyediakan berbagai obat-obatan dari dokter sebagai tindak pencegahan jika suatu saat gejala penyakit alergi kambuh, salah satunya adalah obat cetirizine.

Namun apakah Anda mengetahui jenis obat apa yang selama ini digunakan? Salah satu jenis obatnya adalah cetirizine. Mungkin Anda bertanya-tanya cetirizine hydrochloride obat apa? Untuk mencari tahu lebih dalam terkait obat yang selama ini digunakan sebagai salah satu pereda gejala alergi, berikut akan disajikan beberapa info penting yang harus Anda simak.

Obat cetirizine termasuk kedalam golongan obat antihistamin yang memiliki berfungsi untuk meredakan berbagai macam jenis penyakit yang disebabkan oleh alergi. Contoh penyakit yang disebabkan oleh alergi antara lain batuk, pilek, hidung berair, gatal-gatal di seluruh tubuh, dan mata merah.

Biasanya obat ini digunakan untuk meringankan gejala demam yang disebabkan alergi terhadap debu, atau zat lain yang ada di udara, tungau, bulu binatang, serangga, dan jamur. Gejala-gejala alergi ini biasanya termasuk bersin, pilek, mata gatal, merah, berair serta hidung atau tenggorokan yang gatal. 

Namun walaupun berguna dalam meredakan berbagai gejala alergi, obat cetirizine hanya bekerja untuk meredakan gejala-gejala ringan seperti yang telah disebutkan diatas. Jika gejala alergi dirasa sudah akut maka dokter biasanya memberikan resep epinephrine. Oleh karena itu, jangan sampai Anda menggunakan cetirizine untuk meredakan gejala alergi serius.

Cara Penggunaan Obat

Terdapat tiga jenis bentuk dari obat ini. Ada yang Cetirizine tablet/pil, serbuk, atau sirup. Dokter biasanya memberikan resep obat ini kepada apoteker. Oleh karena itu, bila Anda merasa kurang paham terkait cara untuk mengkonsumsinya segeralah bertanya dengan apoteker.

Dosis yang diberikan oleh dokter akan selalu berbeda pada setiap orang tergantung dengan umur, jenis kelamin,dan juga tingkat gejalanya. Setelah mengetahui berapa dosis yang harus Anda minum tiap harinya, lakukanlah petunjuk tersebut secara rutin agar gejala alergi dapat mereda dengan cepat.

Dosis yang Harus Dikonsumsi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dosis cetirizine akan berbeda pada tiap orangnya. Namun secara garis besarnya perbedaan dosis ini akan sangat terlihat bagi orang dewasa dan juga anak-anak. Berikut akan dijelaskan jumlah dosis cetirizine yang harus diminum.

Anak-anak

Pada anak-anak jumlah dosis obat yang harus diminum disesuaikan dengan tingkatan umurnya. Untuk anak usia 6-23 bulan, dosis yang diberikan yaitu 2,5 mg sehari. Pada usia 2-5 tahun dosis yang diberikan yaitu 5 mg sehari, sedangkan pada usia 6 tahun keatas dosis yang harus diberikan yaitu 10 mg sehari.

Dewasa

Bagi orang dewasa dosis cetirizine yang harus diberikan memiliki takaran yang sama dengan dosis anak-anak pada usia 6 tahun keatas yaitu 10 mg sehari atau 5 mg untuk dua kali sehari. Namun untuk orang tua berusia lanjut, dosis yang harus diberikan hanya setengahnya yaitu 5 mg sehari.

Namun untuk menghindari kesalahan dosis, ada baiknya untuk mengkonsultasikan penggunaan obat ini kepada dokter.

Efek Samping yang Ditimbulkan

Meskipun obat ini sangat bermanfaat digunakan meredakan berbagai gejala alergi ringan, namun beberapa efek samping yang ditimbulkan juga harus menjadi perhatian. Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari obat ini antara lain:

  1. Pusing
  2. Mulut kering
  3. Mual
  4. Sembelit
  5. Mengantuk

Untuk menyimpan cetirizine hampir sama seperti pada obat pada umumnya. Anda harus meletakkannya jauh dari jangkauan sinar matahari dan juga letakkan pada tempat yang kering. Namun untuk lebih detailnya, Anda dapat mengikuti instruksi yang terdapat pada label kemasan obat.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenali Jenis Obat Ibuprofen dan Manfaatnya
Imboost Force, Suplemen untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Pilihan Obat Batuk Berdahak Alami yang Aman untuk Tubuh
Obat Incidal: Fungsi, Dosis, dan Efek Samping
Obat Dumolid: Manfaat, Cara Konsumsi dan Efek Samping
Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat
Obat Ciprofloxacin: Kegunaan dan Cara Penggunaan

Gejala alergi memang dapat terjadi kapan saja. Apalagi jika Anda mengalami kontak langsung dengan benda atau makan yang menjadi pemicunya. Penanganan yang tepat menggunakan obat cetirizine ini tentunya akan mencegah munculnya penyakit alergi dengan gejala yang lebih berat lagi.

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

U.S National Library of Medicine

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis