fbpx
BerandaHidup SehatPenyakit Demensia Dapat mengancam Nyawa, Apa Benar?

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Penyakit Demensia Dapat mengancam Nyawa, Apa Benar?

Penuaan usia merupakan hal yang tidak bisa dicegah. Semakin tuanya usia seseorang, akan semakin rentan orang tersebut untuk terkena suatu penyakit. Saat kita menua, metabolisme semakin menurun, selain itu fungsi seperti fungsi otot dan otak pun ikut berkurang. Orangtua juga semakin rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan daya ingat. Salah satunya adalah demensia. Berbicara mengenai demensia, sebagian dari kita akan berpikir bahwa demensia merupakan penyakit akibat semakin menuanya usia seseorang.

Lalu apa penyebab demensia? Apa benar demensia dapat mengancam nyawa? Berikut beberapa informasi yang telah tim Lifepack rangkum untuk kamu.

Apa Itu Penyakit Demensia?

Demensia adalah sindrom yang bersifat kronis dan progresif, dimana terdapat penurunan fungsi kognitif (kemampuan berpikir) lebih dari yang mungkin terjadi akibat penuaan normal. Demensia mempengaruhi memori, pemikiran, pemahaman, perhitungan, kapasitas belajar, bahasa, orientasi, dan penilaian. Penyakit ini juga biasanya disertai dengan berkurangnya kemampuan dalam mengontrol emosional, perilaku sosial, dan motivasi.

Penyakit ini merupakan penyebab utama kecacatan pada orang lanjut usia di seluruh dunia. Demensia disebabkan oleh berbagai penyakit yang mempengaruhi otak, seperti penyakit alzheimer atau stroke.

Menurut WHO, sebanyak 50 juta orang di dunia menderita demensia, dan hampir 10 juta kasus terjadi setiap tahunnya. Bahkan WHO juga memperkirakan jumlah penderita demensia akan mencapai 152 juta kasus pada tahun 2050.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gejala Penyakit Demensia

Gejala demensia dapat berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada dampak penyakit dan kepribadian orang tersebut sebelum menderita demensia. Namun, gejala demensia digolongkan menjadi tiga tahap, yaitu:

Tahap Awal

Biasanya tahap awal demensia sering diabaikan, karena serangannya terjadi secara bertahap. Gejala umum yang biasa terjadi pada tahap awal antara lain mudah lupa, lupa waktu, dan tersesat pada tempat-tempat yang familiar bagi diri penderita.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tahap Pertengahan

Pada tahap pertengahan, gejala demensia menjadi semakin jelas dengan lupanya penderita dengan peristiwa yang baru terjadi, nama orang, mengalami kesulitan berkomunikasi, perubahan perilaku, pertanyaan yang ditanyakan berulang-ulang oleh penderita, dan kebutuhan akan bantuan untuk merawat diri.

Tahap Lanjut

Tahap lanjut pada demensia adalah dengan ketergantungan total penderita terhadap orang lain. Hal ini disebabkan oleh gangguan ingatan yang serius seperti tidak mengetahui waktu dan tempat, mengalami kesulitan mengenali kerabat, perubahan perilaku menjadi lebih agresif, dan kebutuhan bantuan perawatan diri sendiri akan meningkat.

Demensia Mengancam Nyawa, Benarkah?

Banyak penyebab mengapa penderita demensia meninggal, walaupun tidak secara langsung disebabkan oleh penyakit ini, seperti yang dilansir dari WHO. Sering kali penderita demensia memiliki penyakit penyerta lainnya yang mungkin berkaitan dengan proses demensia dan mempercepat kematian penderitanya. Oleh karena itu, kematian pada penderita demensia tidak secara langsung dianggap sebagai penyebab kematiannya.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Demensia?

Meski usia merupakan faktor risiko terkuat demensia, penyakit ini tidak hanya terjadi pada kelompok lanjut usia saja. Demensia juga dapat terjadi pada kelompok usia yang lebih muda atau disebut dengan onset mudah. Demensia onset muda adalah timbulnya gejala demensia sebelum usia 65 tahun, yang realitanya menyumbang hingga 9% dari keseluruhan kasus demensia.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Risiko demensia dapat dikurangi dengan berolahraga secara teratur, tidak merokok, mengontrol berat badan, makan makanan sehat, menjaga tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah yang sehat. Faktor risiko lain yang dapat dihindari adalah depresi, isolasi sosial, dan kurangnya aktivitas kognitif. Blackmores Ginkgo Action – 40 tablet (Rp 263.700) adalah suplemen yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta membantu memperlambat demensia,

Itulah beberapa informasi mengenai demensia. Semoga bermanfaat! Periksakanlah kesehatanmu atau orang terdekat jika kamu menemukan gejala-gejala di atas. Untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan, kamu dapat mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Selain kami juga menyediakan kebutuhan obat-obatan penyakit kronis lainnya yang bisa kamu tebus tanpa harus antri.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sumber:

World Health Organization

Ditulis oleh: Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman