fbpx

Asam Mefenamat & Paracetamol, Mana Obat Untuk Sakit Gigi?

Mei 8, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Sakit gigi memang tidak mengenakkan. Susah tidur, susah makan, hingga susah berbicara semuanya seperti paket lengkap yang dialami oleh orang yang menderita sakit gigi. Kebanyakan para dokter memberikan resep paracetamol, obat untuk sakit gigi.

Namun ternyata selain paracetamol, ada juga jenis obat lain yang tak kalah ampuhnya dalam meredakan sakit gigi yaitu asam mefenamat. Bagi Anda yang belum mengetahui detail lengkap terkait obat sakit gigi yang satu ini, berikut ulasannya

Apa Itu Asam Mefenamat?

Asam mefenamat merupakan obat yang termasuk kedalam jenis anti peradangan non steroid. Fungsinya sendiri yaitu untuk meredakan berbagai jenis rasa nyeri yang disebabkan oleh adanya peradangan. Salah satunya adalah sakit gigi.

Cara kerja dari asam mefenamat yaitu dengan menghambat kerja zat siklooksigenase yang menyebabkan terhambatnya produksi prostaglandin. Berkurangnya produksi prostaglandin di dalam tubuh akan otomatis menyebabkan rasa nyeri pada gigi juga akan ikut berkurang.

Kelebihannya Dibandingkan dengan Paracetamol

Dibandingkan dengan paracetamol yang bisa digunakan sebagai pereda nyeri pada sakit gigi, asam mefenamat memiliki keunggulan lain yaitu dapat meringankan peradangan yang tidak bisa dilakukan oleh paracetamol. Kerja paracetamol akan lebih baik jika digunakan bersamaan dengan obat anti peradangan non steroid.

Aturan Pakai Asam Mefenamat

Mengkonsumsi obat ini tidak bisa sembarangan. Anda harus mengikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter. Namun secara umum, asam mefenamat dikonsumsi sebanyak 4 kali sehari yang diminum dengan segelas air. 

Efek Asam Mefenamat Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Secara garis besarnya tidak ada larangan penggunaan obat asam mefenamat untuk ibu hamil dan menyusui. Namun melihat kondisinya yang berbeda dengan orang lainnya, maka para ibu hamil dan menyusui perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat ini. Tindakan konsultasi juga perlu dilakukan jika ditemukan keluhan atas penggunaan obat ini.

Fungsi Lain Asam Mefenamat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi dari asam mefenamat adalah sebagai obat pereda rasa nyeri. Oleh karena itu obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan berbagai penyakit yang disebabkan oleh rasa nyeri antara lain:

  • Sakit kepala
  • Nyeri akibat trauma
  • Nyeri menstruasi
  • Nyeri pasca pembedahan operasi

Dosis Pemakaian Asam Mefenamat

Pada dosis pemakaian asam mefenamat biasanya disesuaikan dengan anjuran dan juga resep dokter. Namun untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan dosis pemakaian obat yang dianjurkan untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Bagi orang dewasa, dosis yang dianjurkan yaitu 500 mg di awal dan dilanjutkan dengan dosis 250 mg tiap 6 jam sekali. Penggunaan dosis obat ini tidak boleh dilakukan lebih dari 7 hari.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Imboost Force, Suplemen untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Pilihan Obat Batuk Berdahak Alami yang Aman untuk Tubuh
Obat Incidal: Fungsi, Dosis, dan Efek Samping
Obat Dumolid: Manfaat, Cara Konsumsi dan Efek Samping
Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat
Obat Ciprofloxacin: Kegunaan dan Cara Penggunaan
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Efek Samping

Beberapa obat medis biasanya akan memberikan efek samping pada setiap penggunaannya. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi obat ini, ada baiknya untuk memperhatikan efek samping yang ditimbulkannya terlebih dahulu. Beberapa efek samping dari penggunaan asam mefenamat antara lain

  • Pandangan tidak jelas
  • Telinga berdengung
  • Gatal pada kulit
  • Keringat dingin

Obat asam mefenamat memang sangat ampuh digunakan sebagai obat sakit gigi dibandingkan dengan paracetamol. Namun tetap saja selalu konsultasikan dengan dokter terkait aturan pemakaiannya. Dengan berkonsultasi dengan dokter, maka konsumsi obat dapat menjadi lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah informasi mengenai obat untuk sakit gigi. Semoga bermanfaat. Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis