Mengenali Jenis Obat Ibuprofen dan Manfaatnya

Mei 8, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Obat ibuprofen adalah salah satu jenis obat antiinflamasi nonsteroid. Kegunaan obat ini mampu meredakan rasa sakit yang ringan hingga menengah. Ibuprofen juga berguna mengurangi peradangan. Contoh gejala yang bisa diatasi oleh obat ibuprofen yaitu  nyeri otot dan sendi, sakit gigi, nyeri menstruasi, migrain, hingga rasa nyeri karena operasi, dan terkilir. Disamping itu, obat ini juga efektif untuk mengurangi demam dan pegal-pegal akibat terserang flu. Bagaimanakah cara kerja ibuprofen?

Kinerja ibuprofen dengan cara menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin. Tahukah Anda, prostaglandin ini merupakan senyawa yang dilepaskan tubuh karena menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Dengan demikian, rasa sakit yang dialami menjadi berkurang karena prostaglandin yang dihasilkan juga sedikit. Namun, perlu diingat bahwa kinerja ibuprofen hanyalah mengurangi gejala, sehingga tidak benar-benar menyembuhkan penyakit yang diderita.

Merek dagang ibuprofen yang dijual dan diproduksi di pasaran beragam. diantaranya Bufect, Arfen, Farsifen, Farsifen Forte, dan masih banyak lagi. Golongan ibuprofen termasuk obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) dan kategori bebas serta resep. Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, manfaat ibuprofen yaitu meredakan radang dan nyeri pada tubuh yang diakibatkan oleh penyakit tertentu, misalnya sakit kepala, sakit gigi, radang sendi, nyeri haid, nyeri punggung, dan masih banyak lagi.

Obat ini baik dikonsumsi bagi dewasa dan anak-anak diatas usia 6 tahun. Bagi ibu hamil dan menyusui, ibuprofen masuk dalam kategori C yang artinya studi yang dilakukan hanya dilakukan pada binatang dan hasilnya menunjukkan efek samping pada janin. Belum dilakukan studi lebih lanjut terhadap wanita hamil. Obat ini hanya diperbolehkan dikonsumsi ketika manfaat yang diberikan lebih besar daripada risikonya. Kemudian, obat ini masuk kategori D ketika diujikan pada wanita hamil usia trimester 3 menjelang persalinan. Terbukti bahwa terdapat risiko pada janin manusia. Meski demikian, tetap saja berdasarkan pertimbangan dimana risiko lebih kecil daripada manfaatnya. Misalnya, demi mengatasi kondisi yang mengancam jiwa.

Peringatan Konsumsi Obat Ibuprofen

Ada beberapa peringatan dini bagi penderita tertentu yang harus diwaspadai ketika mengonsumsi obat ibuprofen. Pertama, bagi anak-anak dibawah usia 12 tahun, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dosisnya kepada dokter. Kedua, hati-hatilah pada penderita di atas usia 65 tahun. Ketiga, untuk menghindari efek samping dari ibuprofen, sebaiknya konsumsilah obat ini dengan menggunakan makanan atau segelas susu.

Keempat, ketika terjadi reaksi alergi ataupun overdosis, segera hubungi dokter. Beberapa larangan konsumsi  ibuprofen pada pasien yang menderita hipersensitivitas, asma, alergi, urtikaria akibat aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid. Obat ini juga dilarang pada pasien yang sedang menjalani pengobatan usai operasi pencangkokan arteri koroner, memiliki riwayat perdarahan saluran cerna, bayi baru lahir dengan kelainan jantung bawaan, gangguan fungsi ginjal, atau enterokolitis yang mengalami pembusukan. Terakhir, obat ini dilarang pada ibu hamil pada usia trimester ketiga serta ibu menyusui.

Dosis yang dianjurkan akan disesuaikan pada kondisi penyakit yang dideritanya dan usia penderita. Pastikan, penderita mematuhi dosis yang diberikan oleh dokter.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Imboost Force, Suplemen untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Pilihan Obat Batuk Berdahak Alami yang Aman untuk Tubuh
Obat Incidal: Fungsi, Dosis, dan Efek Samping
Obat Dumolid: Manfaat, Cara Konsumsi dan Efek Samping
Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat
Obat Ciprofloxacin: Kegunaan dan Cara Penggunaan
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Konsumsi Ibuprofen yang Benar

Obat ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan atau dengan meminum segelas susu demi mengurangi efek sampingnya. Bagi perokok atau peminum minuman keras, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut demi meminimalisir risiko dari efek sampingnya. Ketika lupa mengkonsumsi ibuprofen pada jadwal yang telah ditentukan, segera untuk meminumnya saat jadwal berikutnya belum terlalu dekat. Namun, ketika sudah terlalu dekat, lebih baik abaikan saja.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Referensi:

Kementerian Kesehatan RI

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis