fbpx

Obat Incidal: Fungsi, Dosis, dan Efek Samping

Mei 8, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Gejala alergi sangat bermacam-macam. Beberapa orang dapat mengalami gejala alergi dalam bentuk pilek dan mata berair, gatal-gatal dan timbul bercak kemerahan pada kulit hingga penyumbatan pada hidung. Sementara penyebab alergi sendiri bermacam-macam. Umumnya orang mengalami alergi pada benda-benda atau partikel tertentu seperti debu, bulu atau rambut hewan tertentu hingga alergi serbuk bunga.

Untuk mengatasi gejala alergi ini terdapat berbagai jenis obat, salah satunya adalah incidal. Obat ini masuk ke dalam golongan obat antihistamin yang bekerja untuk meredam reaksi alergi dengan menghentikan atau mengurangi produksi zat pemicu reaksi alergi. Lantas, seperti apakah obat ini dan apa saja yang perlu diketahui sebelum mengkonsumsinya? Berikut ulasannya

Fungsi Obat Incidal

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa obat ini berfungsi untuk mengatasi gejala reaksi alergi pada tubuh. Fungsi obat ini untuk mengatasi reaksi alergi berkat keberadaan zat aktif cetirizine di dalam obat. Obat ini dapat menghentikan atau mengurangi reaksi alergi dengan meredam produksi zat histamine yang dihasilkan tubuh ketika reaksi alergi muncul.

Ada beragam gejala alergi yang bisa disembuhkan dengan obat ini seperti kulit kemerahan dan gatal-gatal, hidung tersumbat, pilek dan mata berair. Obat ini sendiri dapat dikonsumsi baik orang dewasa hingga anak-anak. Untuk dosis yang tepat obat ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk penggunaan dosis yang tepat.

Jenis dan Takaran Obat Incidal

Obat incidal tersedia dalam dua jenis sediaan yaitu larutan dan tablet. Untuk sediaan tablet atau kapsul obat ini tersedia dalam bentuk oral dengan kandungan cetirizine dihidroklorida sebanyak 10 mg. sementara untuk sediaan larutan obat ini tersedia dalam bentuk 5 mg/ 5 ml cetirizine dihidroklorida serta 2,5 mg/5 mg.

Obat ini juga kini tersedia dalam bentuk baru yaitu incidal OD atau One Day. Beda OD dengan obat yang lama hanyalah incidal OD dikonsumsi satu kali saja sehari. Sementara obat yang lama dapat diminum dua kali sehari. 

Dosis Penggunaan Obat

Jumlah dosis di bawah hanyalah dosis umum yang disarankan untuk dikonsumsi. Meski begitu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk dosis yang lebih tepat sesuai kebutuhan. Berikut adalah dosis untuk orang dewasa:

  • Gejala alergi pada orang dewasa: konsumsi obat incidal sebanyak 10 mg sebanyak satu kali sehari. Bisa juga minum 2 kali sehari 5 mg
  • Gejala alergi pada lansia: konsumsi obat incidal sebanyak 5 mg sebanyak satu kali sehari. 

Sementara dosis untuk meredakan gejala alergi anak usia 6 tahun ke atas adalah 10 mg sekali sehari. Untuk usia di bawahnya sangat perlu resep dokter.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Obat Dumolid: Manfaat, Cara Konsumsi dan Efek Samping
Mengenal Obat Dexamethasone, Dosis dan Manfaat
Obat Ciprofloxacin: Kegunaan dan Cara Penggunaan
Mecobalamin, Suplemen untuk Mengobati Neuropati Perifer
Imboost, Obat untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Produk Sangobion: Dosis, dan Cara Benar Menggunakannya

Efek Samping Interaksi Obat

Obat farmasi secara umum tentu akan memiliki efek samping yang mungkin timbul. Meski begitu, tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Selain itu, efek samping yang mungkin akan timbul pada satu orang dan orang lainnya juga berbeda. Berikut adalah efek samping incidal obat yang mungkin timbul:

  • Pusing
  • Mengantuk
  • Tidak bertenaga dan lemas untuk beraktivitas
  • Sulit untuk buang air kecil
  • Mulut kering seperti dehidrasi
  • Sakit kepala dan sakit tenggorokan
  • Mual

Untuk mengurangi risiko efek samping yang mungkin dapat timbul, sebaiknya Anda konsultasikan dengan teliti bersama dokter sebelum mengkonsumsi obat incidal. Sebaiknya beritahu dokter secara seksama mengenai alergi yang Anda miliki pada jenis obat-obatan tertentu. Riwayat penyakit juga sebaiknya diberi tahukah kepada dokter secara menyeluruh agar dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda secara seksama.

Dapatkan obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis