fbpx
BerandaObatObat Untuk Batuk Berdahak Alami yang Aman untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Pilihan Obat Batuk Berdahak Alami yang Aman untuk Tubuh

Batuk berdahak seringkali membuat aktivitas menjadi terganggu. Bagaimana tidak, batuk berdahak akan memproduksi lendir atau dahak dalam tubuh yang akan menyumbat saluran pernapasan. Belum lagi dengan kondisi batuknya yang membuat tenggorokan menjadi gatal dan rasa sakit di dada. 

Ada banyak kondisi yang menyebabkan seseorang batuk berdahak. Penyakit flu, pneumonia, bronchitis dan asma merupakan beberapa jenis penyakit pemicu batuk berdahak yang utama. Anda bisa menggunakan obat Vicks Formula 44 Sirup – 54 ml – Obat Batuk / Flu 54ml (Rp34.800). Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengkonsumsi obat batuk alami yang aman bagi tubuh.

Berikut beberapa pilihan beberapa obat batuk alami yang telah Tim Lifepack rangkum untuk Anda.

1. Konsumsi Buah Nanas

Kapan lagi mengkonsumsi obat batuk berdahak sekaligus makanan enak yang tentunya membuat tubuh menjadi segar. Ya, konsumsi buah nanas ternyata bermanfaat untuk meredakan batuk berdahak. Hal ini disebabkan kandungan senyawa anti inflamasi berupa bromelain di dalam nanas yang bersifat mukolitik. Sifat mukolitik adalah kemampuan untuk memecah lendir kemudian dikeluarkan dari tubuh. Alhasil, buah nanas dapat merangsang dahak keluar dari tubuh.

2. Berkumur dengan Air Garam

Air garam bermanfaat sebagai antiseptic yang baik untuk membersihkan bakteri pada organ mulut. Selain itu, berkumur air garam ternyata juga bermanfaat untuk membilas dahak yang berkumpul pada area tenggorokan. Alhasil, berkumur air garam dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengeluarkan dahak yang terkumpul.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cara untuk membuat air garam sebagai obat batuk berdahak sendiri cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. Kemudian aduk campuran sampai merata dan campuran dapat digunakan untuk berkumur. 

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki manfaat untuk membunuh bakteri yang menyebabkan batuk berdahak. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat anti peradangan dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi infeksi pada tenggorokan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sayangnya, untuk mendapatkan manfaat optimal dari bawang putih sebagai obat batuk berdahak adalah dengan mengemutnya langsung. Banyak orang yang tidak tahan dengan bau bawang putih menyengat apabila langsung diemut ini. Namun tidak ada salahnya dicoba agar batuk dapat segera sembuh.

4. Konsumsi Madu

Madu memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu mengobati batuk berdahak dan juga pilek. Oleh sebab itu madu sering dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak karena sifatnya yang dapat mencegah infeksi bakteri penyebab batuk berdahak.

Dosis tunggal madu sebelum tidur ditunjukkan dalam penelitian terbaru untuk mengurangi batuk dan ketidaknyamanan yang dialami oleh anak-anak dan orang tua mereka.

Selain itu, berdasarkan jurnal dalam National Center for Biotechnology Information, madu dapat mengurangi sekresi lendir dan mengurangi batuk pada anak-anak. Madu menunjukkan efek demulen yang baik dan sifat antioksidan, dan meningkatkan pelepasan sitokin, yang mungkin meningkatkan efek antimikroba.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda dapat memanfaatkan madu sebagai pengobatan dengan mencampurkannya dengan air putih hangat. Selain dicampur dapat pula langsung diminum. Madu akan membantu meningkatkan cairan yang dikonsumsi agar lendir dapat semakin encer sehingga mudah dikeluarkan dari tenggorokan.

5. Konsumsi Air Jahe

Daripada mengkonsumsi obat kimiawi yang belum tentu aman bagi tubuh, sebaiknya ganti obat batuk berdahak dengan air rebusan jahe. Rempah ini tidak hanya bermanfaat untuk membantu melegakan tenggorokan namun juga menghangatkan tubuh. American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology juga menyebutkan bahwa jahe memiliki manfaat yang baik terutama untuk meredakan batuk dan infeksi saluran napas lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jahe sendiri adalah analgesic alami yang dapat melegakan gatal dan perih di tenggorokan akibat batuk. Rasa panas dari jahe juga dapat membantu mengencerkan lendir pada saluran pernapasan sehingga lendir dapat dikeluarkan dengan mudah.

6. Konsumsi Air Putih Hangat

Air putih merupakan obat alami yang sangat murah namun mengandung begitu banyak khasiat untuk kesehatan. Minum air putih dapat membantu mencegah produksi lendir pada saluran pernapasan menjadi tebal. Sehingga, air putih akan mengencerkan lendir yang diproduksi agar lebih mudah dikeluarkan dari pernapasan. 

Sebaiknya konsumsi air putih dalam kondisi hangat. Air putih yang hangat lebih efektif membantu mengencerkan lendir.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Jaminan Lifepack untuk Anda

Referensi:

American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

National Center for Biotechnology Information

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman