fbpx
BerandaHidup SehatApa Saja Alat Tes COVID untuk Anak? Berikut Ulasannya

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Virus Corona yang sedang mewabah pada saat sekarang ini, berisiko menyerang siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Saat anak-anak diduga terpapar dan terinfeksi oleh virus Corona, satu-satunya cara untuk mendeteksinya hanyalah dengan menggunakan alat tes COVID, layaknya orang dewasa. Lalu, apa saja alat tes COVID untuk anak yang bisa digunakan? Berikut ulasannya. 

alat-tes-covid-untuk-anak

1. Rapid Test Corona atau Tes Cepat 

Selayaknya orang dewasa, anak-anak pun bisa menjalani rapid test untuk bisa mendeteksi adanya infeksi virus Corona dalam tubuhnya atau tidak secara cepat. Rapid test sendiri merupakan bentuk screening awal infeksi virus Corona, pada orang yang termasuk berisiko tinggi mengalaminya. 

Rapid test pun terbilang sederhana pelaksanaannya. Sampel berupa darah akan diambil dari ujung jari tangan anak ataupun dari pembuluh venanya yang berada di lengan. Sampel tersebut kemudian akan digunakan di dalam  tes, dengan proses menuju hasil yang hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja. 

Tingkat keakuratan rapid test untuk COVID-19 ini sendiri bervariasi, berkisar dari angka 33 hingga 93 persen. Jika sekiranya hasil rapid test anak positif, maka akan direkomendasikan untuk menjalani swab test PCR atau tes usap PCR, yang mana tingkat keakuratannya lebih tinggi dibandingkan rapid test.

“Hasil non reaktif tidak menyingkirkan kemungkinan adanya infeksi c19” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.

2. Swab Test Antigen sebagai Alat Tes COVID untuk Anak

Jenis tes COVID untuk anak selanjutnya adalah swab test antigen atau tes usap. Swab test antigen ini dilakukan dengan cara mengambil sampel berupa lendir dari hidung atau tenggorokan, dengan menggunakan alat swab. Sampel berupa lendir tersebut kemudian diteliti, untuk melihat apakah ada antigen atau protein virus di dalamnya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sama halnya dengan rapid test sebelumnya, hasil swab test antigen ini pun bisa diperoleh dalam waktu yang terbilang singkat, yakni sekitar 30 menit saja. Tingkat keakuratannya sendiri berkisar antara 34 hingga 80 persen. Seseorang yang memperoleh hasil reaktif pada swab test antigen, juga dianjurkan untuk mengikuti swab test PCR.  

dr. Irma Lidia menambahkan, “Apabila ada gejala menyerupai C19 namun antigen negatif, sebaiknya dikonfirmasi dengan  tes swab pcr.”

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Swab Test PCR sebagai Alat Tes COVID untuk Anak

Alat tes Covid untuk anak maupun orang dewasa dengan tingkat keakuratan tinggi adalah swab test PCR. Sama halnya dengan tes usap antigen, tes usap PCR ini juga mengambil lendir dari tenggorokan atau hidung sebagai sampel. Nantinya sampel berupa lendir tenggorokan atau hidung itu akan diperiksa, apakah mengandung virus Corona atau tidak. 

Tes usap PCR akan mendeteksi materi genetik yang dimiliki oleh virus Corona. Dengan tingkat keakuratan mencapai 91 hingga 98 persen, hasil positif yang ditunjukkan pada tes usap PCR ini menandakan bahwa seseorang benar sedang terinfeksi virus Corona. Jenis tindakan yang dilakukan atas pasien yang positif, disesuaikan dengan gejala yang ditunjukkannya. 

4. Tes Antibodi COVID-19

Tes antibodi merupakan tes yang mengambil darah sebagai sampel, untuk melihat apakah di dalam darah terkandung antibodi COVID-19 atau tidak. Antibodi tersebut merupakan protein yang digunakan oleh sistem imun tubuh untuk melawan infeksi virus Corona. Antibodi ini kemungkinan masih tetap diproduksi setelah sembuh dari COVID-19, untuk mencegah infeksi di kemudian hari.    

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Anak Menjalani Tes COVID-19?  

Bagi sebagian orang dewasa, tes COVID-19 masih menjadi hal yang menakutkan, sekaligus menyakitkan, apalagi bagi anak-anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Anda harus mampu memberikan penjelasan kepada anak mengenai tes yang akan ia jalani, dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti oleh anak. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain memperhatikan alat tes COVID untuk anak, jangan lupa untuk menyiapkan fisik anak sebelum menjalani tes COVID-19 tersebut. Pastikan nutrisi anak terpenuhi dengan memberinya asupan makanan bergizi, minum air yang cukup, serta istirahat yang cukup di malam hari sebelum besoknya menjalani tes COVID-19. Sembari menunggu giliran untuk tes COVID-19, sediakan bekal yang cukup untuk bisa dikonsumsinya. 

Para orang tua juga dianjurkan untuk menyiapkan media yang bisa mengalihkan perhatian anak saat sedang menjalani tes COVID-19 ini. Pasalnya, pengambilan sampel, baik darah maupun lendir di hidung atau tenggorokannya, bisa menimbulkan rasa sakit atau tak nyaman. Anda sebagai orang tua bisa menyediakan mainan, buku cerita, atau jenis media lainnya. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bagaimana Jika Hasil Tes COVID-19 Anak Positif? 

Ada ketakutan yang lebih besar dibanding dengan mengajak anak mengikuti tes COVID-19, hal tersebut adalah melihat hasil tes COVID-19 itu sendiri. Jika hasil tesnya negatif, tentu Anda bisa bernapas lega, namun bagaimana jika hasil tesnya positif? Anda bisa lakukan deretan hal berikut ini, saat anak terkonfirmasi positif COVID-19. 

  1. Lakukan isolasi segera dengan memisahkan anak dari siapapun orang di rumah, khususnya orang yang berisiko mengalami kondisi kesehatan yang parah akibat COVID-19.  
  2. Informasikan pada sekolah, lingkungan sekitar, atau pun orang yang sebelumnya melakukan kontak erat dengan anak, sehingga mereka bisa menjalani tes yang sama.  
  3. Lakukan isolasi selama sekitar 10 hari setelah hasil tes positif diketahui. 
  4. Pakailah masker saat di rumah, termasuk bagi anak yang positif COVID-19 jika memungkinkan. 
  5. Tetap terapkan protokol kesehatan 
  6. Pantau gejala COVID-19 yang muncul dan segera hubungi layanan kesehatan terdekat jika diperlukan. 

Saat anak menunjukkan gejala COVID-19 ataupun baru saja melakukan kontak erat dengan orang yang positif COVID-19, menjalani tes COVID-19 merupakan jalan terbaik untuk mengetahui kondisinya. Ada beberapa alat tes COVID-19 untuk anak, yang bisa digunakan untuk memastikan apakah anak terinfeksi virus Corona atau tidak. 

“Jangan melupakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan c19, ingat 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi keramaian, mengurangi mobilitas), serta lakukan vaksinasi sesuai jadwal. Untuk anak 12 tahun keatas sudah dapat di vaksin c19” tutup dr. Irma Lidia.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Ditulis oleh: Hairun Nisa

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman